Minum Susu Bisa Membuat Anak Pintar, Ini Faktanya

Minum Susu Bisa Membuat Anak Pintar, Ini Faktanya

Bagi tumbuh kembang anak, memang sudah sepatutnya memberikan segala kebutuhan yang diperlukan anak, agar anak tetap sehat. Termasuk memberikan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari. Anak-anak identik juga dengan minum susu.

Ada juga beberapa orang yang berpendapat bahwa, minum susu bisa membuat anak pintar. 

Bahkan setelah anak lahir ke dunia, ibu harus memberikan yang terbaik berupa susu ASI (air susu ibu). Mulai dari lahir, anak sudah terbiasa mengkonsumsi susu. Maka saat anak-anak mulai dalam masa tumbuh kembang, tidak heran jika banyak anak-anak yang lebih suka minum susu.

Susu adalah minuman yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Karena di dalam susu terdapat kandungan kalsium, vitamin D yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang, kesehatan tulang tetap terjaga, dan masih banyak manfaat lainnya.

Baca juga: Apa itu Tantrum Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Manfaat Minum Susu Untuk Anak

Berikut ini adalah manfaat apa saja yang akan didapatkan dengan minum susu bagi anak-anak. Simak yuk!

Tulang & Gigi yang Kuat

Minum susu bisa lebih meningkatkan tulang dan gigi jadi kuat untuk anak. Maka dari itu, setiap harinya anak harus minum susu untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsiumnya. Karena susu adalah sumber kalsium dan vitamin D yang dinilai paling baik untuk tubuh anak.

Nutrisi yang ada pada susu, bisa membantu pencegahan gangguan pada tulang yaitu berupa osteoporosis di masa depan. Kandungan magnesium, vitamin C dan vitamin K dalam susu pun dapat membantu gusi pada gigi jadi lebih terlindungi dari adanya resiko gigi berlubang atau gusi yang bengkak.

Jantung yang Sehat

Dengan minum susu anak juga akan terbantu kesehatan jantungnya. Tekanan darah dan kolesterol yang tidak baik pun juga jadi menurun. Sedangkan pada kandungan kolesterol yang baik akan lebih meningkat dalam tubuh karena terdapat kandungan yaitu kalium.

Setidaknya anak harus minum susu sebanyak 3 gelas dalam sehari dan dilengkapi dengan sayur dan buah-buahan. Tujuannya supaya bantu pencegahan risiko gangguan pada jantung di masa yang akan datang.

Bisa Mendukung Kecerdasan Otak Anak

Khusus susu formula untuk anak, pada umumnya memiliki kandungan berupa asam lemak esensial. Kandungan tersebut yang membuat tubuh jadi lebih baik, khususnya pada kecerdasan otak untuk anak. Ada juga kandungan omega 6, omega 3, AA dan DHA bahkan ada juga kandungan sphingomyelin. 

Perlu kamu ketahui lebih jauh, kandungan-kandungan yang bisa membantu menutrisi otak dan membantu kecerdasan anak-anak.

Baik Untuk Sumber Energi

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, anak-anak akan sangat mudah aktif bergerak. Tentu saja anak akan sangat membutuhkan makanan dan minuman yang bisa bantu memenuhi kebutuhan energinya. Maka dari itu, sebelum anak mulai aktivitasnya, usahakan kamu sudah menyediakan susu untuk anak setiap harinya terutama di pagi hari.

Dalam kandungan susu terdapat fosfor, vitamin B, vitamin A, dan protein. Manfaat dari kandungan-kandungan tersebut yakni sangat baik untuk jadi lebih meningkat kekebalan tubuh anak serta untuk asupan vitamin.

Berat Badan & Kognitif Anak

Vitamin D selain ada pada makanan, juga ada dalam susu. Anak memerlukan produksi serotonin. Produksi tersebut adalah hormon yang bisa membuat mood, tidur dan nafsu makan pada anak dan orang dewasa sekalipun.

Perlu kamu ingat dengan seksama, jika sampai anak sedang mengalami depresi, stres, gampang kelelahan, bahkan rentan tidur tidak lelap. Maka bisa saja anak sedang kekurangan vitamin D. Maka dari itu, kamu harus selalu memperhatikan kondisi anak, jangan sampai sang buah hati mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Perbaiki pola makan dan minum anak dengan memberikan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Agar tidak menghambat tumbuh kembang anak.

Sedangkan jika anak sudah rajin dan rutin minum susu, maka berat badan pada anak sudah bisa bertambah dengan baik. Selain itu juga dengan minum susu, fungsi kognitif pada anak akan lebih signifikan.

Susu sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak mulai dari fisik maupun kecerdasan anak yang meningkat. 

Baca Juga: Pilihan Buku Aktivitas untuk Bantu Melatih Kecerdasan Pada Anak

Demikian ulasan mengenai fakta tentang minum susu bisa membuat anak pintar, yang harus kamu ketahui demi kebaikan sang buah hati. Susu sangat penting untuk anak-anak, apalagi bantu untuk meningkatkan kecerdasan otak pada anak. Kecerdasan otak yang sudah meningkat dengan baik tentu membuat daya ingat anak jadi lebih meningkat, sehingga bisa dikatakan anak akan jadi lebih pintar dalam menyerap informasi dan lebih mudah. Itu karena anak sudah rutin minum susu.

Jika kamu sedang membutuhkan susu dan segala macam kebutuhan untuk makanan yang sehat, bisa lakukan pemesanan di Astro. Astro adalah platform online dengan layanan 24 jam dan siap antar dalam waktu yang cepat. kamu bisa unduh Aplikasi Astro di Google Play Store atau App Store.

Arie Wahyu
Arie Wahyu