Menu Jus Sayur dan Buah Untuk Diet, Dijamin Lezat

Menu Jus Sayur dan Buah Untuk Diet, Dijamin Lezat

Mengkonsumsi jus sayur dan buah untuk diet memang efektif untuk menurunkan berat badan. Mengolah sayur dan buah menjadi jus mungkin dapat mengurangi kandungan serat yang ada di bahan-bahan alami tersebut. Serat yang terdapat di sayur dan buah terbukti bisa menghindarkan kamu dari diare atau konstipasi karena membuat sistem pencernaan lancar dan menjaga berat badan tetap ideal. 

Untuk meminimalisir sisi negatif dari mengkonsumsi jus sayur dan buah untuk diet, sekarang sangat banyak mesin untuk membuat jus dengan klaim bisa mengurangi terbuangnya serat pada sayur dan buah. Sebagian ahli gizi mengungkapkan bahwa kamu tidak harus memaksakan diri untuk memiliki mesin jus yang canggih. 

Untuk tetap memperoleh manfaat serat pada sayuran dan buah, kamu hanya perlu meninggalkan sedikit ampas sayur atau buah pada mesin pembuat jus yang biasa kamu gunakan. Nah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi jus sayur dan buah yang ampuh untuk turunkan berat badan, lho. 

Pilihan Sayur dan Buah yang Bisa Dijadikan Jus untuk Diet 

Tidak hanya bisa menurunkan berat badan, manfaat minum jus sayur dan buah juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk tubuh kamu. Kamu bisa pilih sayur dan buah di bawah ini sebagai menu jus untuk diet. 

1. Jus wortel 

Wortel merupakan jenis sayuran yang memiliki serat cukup tinggi dan rendah kalori. Minum jus wortel bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan karena memiliki efek kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan bisa berkurang. Lalu, jus wortel juga bisa membantu membakar lemak berlebih dalam tubuh dan meningkatkan sekresi empedu sehingga membantu program diet kamu. 

2. Jus kubis 

Jus kubis diyakini dapat membantu tubuh untuk membuang limbah dan memperlancar sistem pencernaan. Tidak heran jika jus ini diyakini menjadi jus sayur yang ampuh untuk diet. Banyak riset yang sudah membuktikan jika sayur dengan kandungan serat tinggi, termasuk kubis bisa membantu proses diet. Kamu bisa mencampurkan wortel untuk menambah rasanya agar lebih lezat. 

3. Jus nanas 

Jus buah selanjutnya yang dapat menurunkan berat badan adalah nanas, sebab memiliki kandungan kalium dan vitamin A di dalamnya. Tidak hanya itu, buah yang identik dengan warna kuning ini juga mengandung bromelin dan vitamin C yang bisa melancarkan sistem pencernaan. 

4. Jus pisang 

Mengkonsumsi buah pisang bisa membuat tubuh kamu kenyang lebih lama dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain bisa dikonsumsi langsung, pisang juga dapat kamu olah menjadi jus, lho. Ada beberapa jenis pisang yang bisa membantu proses diet kamu, seperti pisang hijau yang belum begitu matang sebab rasanya yang tidak terlalu manis dan tidak mengandung banyak gula. 

5. Jus bayam dan apel 

Jus sayuran yang ampuh untuk turunkan berat badan lainnya yaitu jus bayam dengan apel. Sebab bayam memiliki kandungan serat, zat besi, folat dan vitamin E yang baik untuk tubuh. Ditambah pula dengan sebuah penelitian yang mengungkapkan jika buah apel mengandung flavonoid yang sudah terbukti dapat membantu menurunkan berat badan. 

6. Jus asparagus 

Biasanya asparagus dikonsumsi dalam bentuk sup. Tetapi, nyatanya kamu bisa mencoba asparagus berbentuk jus, lho. Di dalam sayuran ini memiliki nutrisi yang dianggap ampuh untuk turunkan berat badan. Kamu harus tahu jika 94% kandungan di dalam asparagus adalah air. Selain itu, asparagus juga tinggi akan serat dan dianggap bisa membantu membakar lemak pada tubuh kamu. 

7. Jus semangka 

Seperti yang kita ketahui jika semangka adalah buah yang mengandung banyak air dan tinggi serat, tetapi kalorinya rendah. Sehingga bisa kamu konsumsi saat sedang melakukan diet. Mengkonsumsi jus buah semangka juga bisa memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, sehingga kamu tidak mudah merasa lapar. 

8. Jus peterseli 

Peterseli atau lebih dikenal dengan parsley memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti Vitamin C, A dan K. Selain itu, pada sebuah riset pada binatang uji, dibuktikan jika tikus dengan penyakit diabetes mengalami penurunan gula darah sesudah mengkonsumsi ekstrak peterseli. Ketika kadar gula darah stabil, maka berat badan kamu akan terjaga. 

9. Jus seledri

Minum jus seledri secara rutin diyakini bisa membantu proses diet kamu. Sebab jus seledri bisa mengurangi asupan kalori per hari yang bisa membuat berat badan kamu terjaga. Lalu, jus ini juga mempunyai efek diuretik sehingga bisa memperlancar pembuangan urine. 

10. Jus pare 

Tidak hanya karena rasanya yang kurang lezat, sehingga mengurangi nafsu makan, pare juga bisa diolah menjadi jus untuk diet sebab efektif turunkan berat badan. Faktanya, meminum jus pare secara rutin bisa membantu organ hati membuang asam empedu yang dibutuhkan guna memetabolisme lemak. Selain itu, jus pare untuk diet ini juga rendah kalori sehingga sangat bagus untuk diet. 

Nah, itu tadi beberapa pilihan jus sayur dan buah untuk diet yang bisa kamu coba. Tidak hanya mengkonsumsi jus sayur dan buah saja, saat melakukan diet juga kamu tetap harus berolahraga agar memaksimalkan proses menurunkan berat badan. 

Kamu tidak perlu bingung jika ingin mencari bahan-bahan tersebut, sebab kamu bisa menemukannya di Astro. Layanan belanja online yang menyediakan lebih dari 3000 pilihan produk sehingga memudahkan kamu membeli kebutuhan diet hanya dari rumah. Kamu bisa mengunduh aplikasi Astro di PlayStore dan AppStore sekarang juga!

Referensi:

Mengenal Jenis Jus untuk Diet, Benarkah Efektif Menurunkan Berat Badan?

5 Pilihan Jus Alami untuk Diet Sehat Anda

50 Healthy Vegetable And Fruit Juices For Weight Loss

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu