Mengenal Jenis-jenis Kurma

Kurma adalah jenis makanan yang sangat dicari saat bulan Ramadhan. Tidak hanya disarankan dalam agama, buka puasa dengan mengkonsumsi kurma sudah terbukti bagus guna mengembalikan energi dalam tubuh yang telah hilang. Kamu juga dapat memilih berbagai macam kurma yang ada di pasaran sesuai dengan seleramu. 

Namun sebelum itu, ada baiknya kamu mengenal jenis-jenis kurma yang ada di dunia sehingga saat membelinya nanti kamu tidak akan kebingungan lagi. Tidak perlu berlama-lama, langsung saja simak jenis-jenis kurma di bawah ini. 

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Berbagai Jenis Kurma di Dunia 

Setiap kurma yang ada di pasaran mempunyai ciri khasnya sendiri. Jenis dan rasa kurma tentunya bisa mempengaruhi rasanya. Kurma dengan harga mahal biasanya mempunyai rasa yang lebih manis dan bersih ketika dikonsumsi. Supaya kamu tidak bingung ketika memilihnya, kenali berbagai jenis kurma berikut ini: 

1. Kurma Ajwa 

Kurma Ajwa terkenal memiliki julukan kurma nabi. Karena, ini merupakan jenis kurma pertama yang ditanam Nabi Muhammad SAW. Kurma Ajwa memiliki ciri berwarna coklat tua sampai hitam. Tekstur dan rasa dari kurma Ajwa ini biasanya manis dan lembut. 

Di dalamnya ada kandungan berbagai nutrisi, termasuk mineral dan vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh. Kurma Ajwa pun mempunyai indeks glikemik yang cukup rendah. 

2. Kurma Medjool 

Kurma medjool adalah salah satu jenis kurma dengan ukuran besar dan biasanya harganya cukup mahal. Kurma ini berwarna coklat agak kehitaman dan teksturnya lunak bila disentuh. 

Ketika dikeringkan, jumlah gulanya akan meningkat dan bisa berpengaruh pada tingkat kemanisannya. Bagian luar dari kurma ini tampak seperti berdebu, namun sebenarnya itu merupakan gula alami yang keluar dari buah tersebut. 

Kurma ini mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi dan berbagai mineral serta vitamin, seperti vitamin B6, magnesium, kalium, zat besi dan tembaga. 

3. Kurma Hayani 

Dari berbagai kurma yang biasanya beredar, Hayani adalah jenis kurma yang sangat berbeda. Hal ini dapat dilihat dari tekstur, warna dan bentuknya. Apabila biasanya kurma tampak layaknya buah yang dikeringkan, kurma yang satu ini tampak seperti buah yang masih segar dan dapat dipanen selama setahun. Kulit kurma ini pun sangat mengkilap dan memiliki tekstur yang berserat. 

4. Kurma Barhi 

Kurma Barhi berukuran bulat dan kecil. Kurma ini mempunyai kulit yang sangat tipis dengan warna kecoklatan. Rasanya juga sangat manis dengan tekstur yang kenyal dan empuk. 

Hal tersebut menjadikan kurma Barhi digemari banyak orang. Di dalamnya pun terkandung berbagai nutrisi yang sangat menyehatkan, seperti antioksidan, zat besi, kalium, serat, dan vitamin B. 

5. Kurma Safawi 

Mirip seperti kurma Medjool, kurma yang satu ini pun berwarna coklat cenderung hitam. Yang menjadi pembeda yaitu teksturnya karena kurma Safawi lebih kenyal ketika dikunyah. Jenis kurma ini mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi sehingga dianggap bagus guna kesehatan pencernaan mu. 

Baca Juga: Ini Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

6. Kurma Deglet Noor 

Kurma Deglet Noor adalah jenis kurma yang sangat banyak ditemukan di pasaran. Biasanya kurma ini berwarna cukup terang daripada kurma biasanya dan tampak sedikit kemerahan. Ciri lain yang dimiliki kurma yang satu ini yaitu kulit nya sedikit keras dan dagingnya cukup kering mirip seperti kismis. 

7. Kurma Amber 

Kurma Amber adalah kurma dengan kualitas tinggi. Kurma ini mempunyai ukuran yang sangat besar dan bentuknya tampak lonjong. Jika dilihat sekilas tampak seperti kurma Ajwa, namun warna sedikit lebih terang. Tekstur dari kurma Amber pun lembut dan manis. Kurma ini asalnya dari Madinah, Arab Saudi. 

8. Kurma Halawi 

Kurma Halawi merupakan kurma lembut yang memiliki cita rasa seperti karamel atau madu. Kurma ini mempunyai ukuran yang kecil sampai sedang. Memiliki kulit yang berwarna coklat keemasan dan dagingnya juga sangat empuk. Kulit dari kurma ini terlihat lebih keriput daripada berbagai jenis kurma lainnya. Tetapi, ketika digigit, kurma ini langsung meleleh di mulut. 

9. Kurma Saghai 

Kurma Saghai kerap kali menjadi camilan untuk masyarakat Arab Saudi sebab teksturnya yang ringan dan kering. Kurma Saghai berwarna coklat, namun kuning pada bagian ujungnya. Kurma yang dibudidayakan di Riyadh ini mempunyai kulit yang cukup berkerut. 

10. Kurma Sukari 

Kurma Sukari adalah jenis kurma yang sangat digemari. Tak heran, sebab tekstur dari kurma ini lembut sekali sehingga saat masuk mulut bisa langsung leleh. Rasanya juga sangat manis daripada kurma jenis lainnya. 

Kurma Sukari mempunyai warna coklat sedikit keemasan. Di dalamnya terdapat kandungan nutrisi, vitamin dan serat yang bagus untuk tubuh. Harganya juga sangat terjangkau daripada berbagai jenis kurma lainnya. 

Baca Juga: Ini Manfaat Buah Strawberry yang Harus Kamu Ketahui

Nah, itu dia berbagai jenis-jenis kurma yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya agar tidak kebingungan lagi. Namun, jika ingin lebih praktis dan mudah, kamu bisa membeli kurma di aplikasi Astro yang bisa langsung diantar ke rumah mu dalam hitungan menit saja! Yuk, pesan sekarang!

Referensi:

Macam-Macam Kurma yang Enak dan Kaya Manfaat

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu