Mau Mengganti Skincare? Lakukan 6 Langkah Ini Menetralkan Kulit Wajah Kamu

Mau Mengganti Skincare Lakukan 6 Langkah Ini Menetralkan Kulit Wajah Kamu

Perkembangan produk skincare sangat pesat, dalam waktu singkat banyak produk-produk skincare yang dirilis dari berbagai brand. Pastinya, beberapa dari kamu menjadi penasaran untuk mencoba produk skincare baru. Tapi, sebelum mencoba mengganti skincare baru, kamu perlu melakukan tahapan menetralkan wajah terlebih dahulu.

Proses menetralkan kulit wajah sangat penting untuk kamu yang mau mengganti skincare baru, agar terhindar dari masalah-masalah kulit. Nah, buat kamu yang mau ganti skincare, kamu bisa lakukan langkah menetralkan wajah berikut ini!

Cara Menetralkan Wajah Sebelum Mengganti Skincare Baru

1. Kurangi Frekuensi Penggunaan Skincare Secara Bertahap

Langkah pertama yang harus kamu lakukan saat ingin mengganti skincare adalah perlahan mengurangi penggunaan skincare lama. Jika kamu terbiasa menggunakan skincare setiap hari, kamu bisa kurangi frekuensi penggunaan menjadi 3 hari dalam seminggu. Kemudian, terus dikurangi menjadi 2 hari sampai akhirnya berhenti menggunakan skincare lama. Hal ini harus dilakukan secara bertahap agar kulit wajah menjadi terbiasa dan menghindari reaksi buruk pada kulit wajah.

2. Rutin Membersihkan Wajah

Proses membersihkan wajah atau cleansing adalah proses dasar dari penggunaan skincare. Proses membersihkan wajah tetap harus dilakukan secara rutin untuk mengangkat kotoran, minyak, debu, serta polusi yang menumpuk pada wajah. Bersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari, saat kamu ingin mengganti produk skincare baru.

3. Menggunakan Pelembap

Kelembapan kulit sangat penting dalam proses merawat kulit kamu. Sebelum mengganti produk skincare baru, kamu tetap perlu menggunakan produk moisturizer agar menjaga kulit tetap terhidrasi dan membantu sel kulit bekerja secara maksimal.

4. Konsumsi Air Putih

Nggak cuma perawatan dari luar, kamu juga harus menjaga konsumsi air putih untuk menghidrasi sel kulit wajah dari dalam tubuh. Dengan konsumsi air putih secara cukup, kulit wajah akan menjadi lebih segar dan sehat, sehingga proses penggantian skincare baru lebih optimal.

5. Cek Kandungan Skincare Baru

Kandungan dalam skincare baru kamu juga sangat penting. Sebelum kamu memutuskan untuk mengganti ke produk tersebut, pastikan dalam komposisinya tidak terdapat kandungan yang berbahaya atau berpotensi menimbulkan alergi pada kulit wajah. Tipsnya, kamu bisa cari produk skincare baru yang punya kandungan serupa dengan skincare lama agar terhindar dari masalah-masalah kulit wajah.

6. Pakai Skincare Baru Secara Bertahap & Perhatikan Reaksinya

Jika kamu sudah benar-benar terlepas dari skincare lama, kamu bisa menggunakan skincare baru kamu secara bertahap. Pada awal penggunaannya, kamu juga bisa melakukan tes reaksi terlebih dahulu agar terhindar dari reaksi negatif seperti timbulnya jerawat, rasa gatal dan iritasi. Jika skincare baru menimbulkan reaksi negatif, sebaiknya kamu kembali menggunakan skincare lama. Jika skincare baru tidak menimbulkan reaksi kamu bisa lanjut menggunakannya secara bertahap.

Nah, itu dia hal yang harus kamu lakukan sebelum mengganti skincare ke produk skincare baru. Pastikan kamu lakukan langkah di atas supaya terhindar dari berbagai masalah kulit ya. Oiya, buat kamu yang berencana coba skincare baru, Astro punya racun produk skincare buat kamu nih! Kamu bisa cek aneka produk skincare yang tersedia di Astro dari berbagai brand ternama yang bisa kamu coba. Pesan skincare lewat Astro 15 menit sampai di rumah kamu! Yuk, langsung cek aplikasi Astro. Kalau kamu belum punya, kamu bisa download aplikasi Astro di App Store atau Google Play Store!

Referensi:

Cara Menetralkan Wajah Sebelum Ganti Skincare Baru

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu