Manfaat Senam Zumba yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Senam zumba merupakan olahraga yang mengkombinasikan gerakan aerobik dan tarian salsa dengan diiringi musik. Zumba sendiri sebenarnya tidak memiliki gerakan khusus pada latihan ini. Karena tujuan utama dari aktivitas ini adalah menggerakkan tubuh sesuai irama musik yang diputar.

Untuk olahraga zumba ini memang dianggap efektif oleh mereka yang melakukannya karena dapat membakar lemak. Hal tersebut dikarenakan gerakan dari senam zumba cenderung lebih intens dan tidak berjeda.

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Manfaat Zumba Bagi Kesehatan Tubuh

Olahraga zumba memang diminati oleh banyak orang, termasuk anak muda. Karena latihan zumba yang diiringi dengan musik, sehingga lebih menyenangkan. Kamu ingin tahu apa saja manfaat senam zumba? Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Membakar lemak dan kalori

Pernah dilakukan satu studi dimana ketika seseorang melakukan zumba antara 30-40 menit, dapat membakar lemak dan kalori sebanyak 9,5 kcal/ menit. Jadi, bila kamu bakar dalam waktu setengah jam itu, kurang lebih 369 kalori.

Karena memang sangat direkomendasikan bagi siapa saja, khususnya orang dewasa yang ingin mempunyai berat ideal untuk dapat membakar setidaknya 300 kcal/ harinya atau setiap kali melakukan latihan fisik.

2. Menjaga imunitas tubuh

Kamu tentunya tahu bahwa musik yang kerap digunakan pada senam zumba, mempunyai ritme yang cepat. Hal tersebutlah yang dapat membantu kamu dalam meningkatkan imunitas tubuh agar tetap terjaga dengan baik.

Karena pada dasarnya ketika seseorang mengikuti kelas zumba sebanyak 12x, hal ini bisa membuat kinerja jantung lebih optimal dan tekanan darah menjadi lebih baik. Sehingga disimpulkan bahwa melakukan senam zumba sangat berdampak baik pada daya tahan tubuh manusia.

3. Meningkatkan kardiovaskular

Sebagaimana yang diketahui bersama, bila kardiovaskular mencakup komponen darah, jantung dan pembuluh darah. Lalu, apabila kamu rutin melakukan senam zumba, maka dapat memiliki sistem kardiovaskular yang baik dan sehat.

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat dari senam Zumba yang selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah, hal ini diketahui ketika dilakukannya sebuah riset kepada beberapa wanita dengan berat badan obesitas. 

Di mana ketika mereka menjalani program olahraga Zumba selama kurang lebih 12 minggu, terlihat bahwa para wanita tersebut mengalami penurunan berat badan dan juga tekanan darah yang signifikan.

5. Mengurangi nyeri

Manfaat berikutnya bagi kesehatan adalah dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi. Tentunya hal tersebut merupakan efek dari peran adanya hormon endorfin hormon ini merupakan senyawa yang terdapat pada otak dan mempunyai fungsi sebagai penghilang rasa sakit. 

Gerakan senam Zumba yang cukup rumit dapat membuat bagian otak hipotalamus serta kelenjar pituitari melepaskan hormon endorfin. Sehingga ketika kamu melakukan Zumba dapat membuat tubuh lebih baik karena aktivitas ini memang melibatkan gerakan serta tarian yang cepat. 

6. Meningkatkan rasa percaya diri

Manfaat selanjutnya dengan kamu mengikuti senam Zumba adalah melatih mental agar memiliki rasa percaya diri yang tinggi. karena ketika seseorang memiliki kepercayaan terhadap dirinya sendiri tentu akan lebih mudah untuk mengelola stress dan memperoleh mental yang jauh lebih sehat.  

7. Meningkatkan hormon serotonin dan oksitosin

Tahukah kamu apabila secara rutin melakukan senam Zumba dapat meningkatkan hormon yang memiliki manfaat mengurangi beban secara mental? Pada kenyataannya ketika mengikuti senam zumba.

Tubuh kamu akan melepaskan hormon endorfin tetapi meningkatkan serotonin dan oksitosin yang mana kesemuanya tersebut merupakan hormon untuk meningkatkan rasa bahagia.

8. Menghilangkan rasa stress berlebih

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada poin-poin sebelumnya bahwa dengan melakukan kegiatan senam Zumba bisa menghilangkan rasa stres yang menumpuk dalam diri. Sebab ketika menikmati gerakan-gerakan Zumba, secara alami tubuh kamu akan melepaskan hormon-hormon yang memberikan rasa gembira.

9. Menjaga berat badan

Kamu dapat memperoleh manfaat ini dikarenakan setiap gerakan dari senam Zumba memang efektif untuk membakar kalori. Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa per 40 menit saja kamu dapat mengurangi kalori sebanyak 369 kcal.

Jadi, bisa kamu bayangkan jika secara rutin melakukan senam Zumba setidaknya tiga kali dalam seminggu dan untuk satu kali pertemuan dilakukan kurang lebih 40 menit. Pastinya selain mendapatkan tubuh yang sehat kamu juga bisa mempertahankan berat badan ideal.

10. Meningkatkan kualitas dalam bersosialisasi

Manfaat terakhir dari senam Zumba adalah membuat kamu lebih sering berinteraksi serta berkomunikasi dengan banyak orang, karena memang kegiatan ini dilakukan secara berkelompok dan pastinya akan membuat kamu sering berinteraksi. 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Karena itulah tidak mengherankan apabila nantinya kamu akan kerap terlibat dalam sebuah obrolan dengan anggota lain bahkan mungkin saja bisa menemukan teman atau sahabat. Apalagi jika kamu termasuk seseorang yang mempunyai karakter sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain.Nah, itulah tadi beberapa manfaat senam Zumba yang harus kamu tahu di mana aktivitas ini sangatlah baik untuk kesehatan tubuh dan juga mental. Sebab pada kenyataannya masih ada begitu banyak orang yang merasa jika olahraga tidak mempunyai keterkaitan pada mental, padahal ketika kamu mempunyai tubuh yang sehat tentu akan memiliki jiwa yang kuat.

Jangan lupa juga kalau kamu bisa kebutuhan sehari-hari di aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dari Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu