Manfaat Senam Aerobik yang Perlu Kamu Tahu

Sebenarnya olahraga apapun mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh, yaitu menjaga kesehatan agar tubuh kamu tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Termasuk salah satunya senam aerobik, biasanya jenis olahraga ini digemari oleh wanita dari kalangan remaja hingga orang tua, bahkan tidak sedikit pula disenangi para pria.

Sebab, memang manfaat senam aerobik sama banyaknya dengan olahraga lainnya. Tetapi, jangan lupa untuk tetap menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi atau yang dikenal 4 sehat 5 sempurna.

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Berbagai Manfaat dari Senam Aerobik

Gerakan-gerakan dalam olahraga aerobik sendiri mempunyai fungsi guna membantu melancarkan aliran darah dan membuat pasokan oksigen dalam tubuh meningkat. Selain itu, dengan rutin menjalankan senam aerobik, jantung menjadi lebih bekerja secara optimal dan kamu bisa menikmati hidup lebih lama.

1. Berat badan bisa tetap ideal

Ketika seseorang melakukan senam aerobik selama kurang lebih 20 menit setiap harinya, maka kamu akan mampu menjaga berat badan ideal. Tetapi, seimbangkan pula dengan pola makan sehat agar berat badan tetap terkontrol.

2. Kesehatan jantung terjaga

Olahraga apapun, tentunya akan membuat kinerja jantung menjadi lebih baik termasuk jika kamu secara rutin melakukan senam aerobik. Karena secara tidak langsung, otot-otot jantung akan menguat sehingga kemampuannya untuk memompa darah menjadi optimal.

Selain itu, melakukan senam aerobik juga dapat membantu dalam hal menurunkan tekanan darah. Jadi, apabila kamu merupakan seseorang yang mengidap hipertensi, maka tidak ada salahnya meluangkan waktu setidaknya 20-25 menit untuk berolahraga aerobik.

3. Stamina tubuh meningkat

Saat kamu baru mulai senam, apalagi jika memang selama ini tidak/ belum pernah berolahraga. Maka akan dipastikan bila tubuh akan terasa lelah. Tetapi jika nanti mulai terbiasa, maka secara otomatis stamina atau energi kamu pasti akan meningkat.

4. Mood (suasana hati) menjadi lebih baik

Olahraga apapun memang mempunyai manfaat dalam memperbaiki mood, termasuk senam aerobik. Sebab, ketika tubuh digunakan berolahraga, maka secara alami akan menghasilkan hormon endorfin yang mana hormon tersebut mempunyai peranan dalam membuat suasana hati menjadi baik dan senang.

Bahkan, hormon endorfin ini bisa menjadi pereda nyeri yang alami. Kemudian, senam aerobik juga dapat membantu kamu dalam mengurangi rasa cemas berlebih, serta membuat tubuh jauh lebih rileks dan tidur menjadi nyenyak.

5. Menurunkan LDL (kolesterol jahat)

Melakukan senam aerobik, bisa meningkatkan HDL dan menekan LDL di dalam tubuh. Ini artinya, dengan rutin melakukan senam aerobik maka kamu terhindar dari resiko terkena penyumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis).

6. Meningkatkan kemampuan kognitif

Selanjutnya adalah membuat kemampuan kognitif menjadi meningkat, ini artinya berolahraga aerobik juga baik untuk kesehatan mental manusia. Jadi, fungsi otak bisa bekerja maksimal, dengan begitu kamu bisa terhindar dari kepikunan.

7. Membersihkan arteri

Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan mengurangi LDL (kolesterol jahat). Apabila LDL tinggi bisa terjadi penumpukan plak pada arteri dan ini akan sangat berbahaya untuk kesehatan organ tubuh, terutama jantung.

8. Menyehatkan otot

Tahukah kamu bahwa ternyata otot tubuh kita ini tetap membutuhkan oksigen supaya bisa menghindar dari tumpukan asam laktat serta kotoran lain. Jadi, ketika kamu melakukan senam aerobik, maka bisa membuat aliran darah menyuplai oksigen ke seluruh otor. Apalagi dengan berolahraga kamu akan terhindar dari nyeri otot.

9. Umur menjadi lebih panjang

Kamu boleh percaya atau tidak, namun menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Harvard University tahun 1988. Memperlihatkan bila terdapat keterkaitan antara berolahraga dan umur manusia. Sebab, seseorang yang secara rutin melakukan olahraga, dalam hal ini aerobik dapat hidup lebih lama.

Baca Juga: 8 Manfaat Olahraga Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Perhatikan Hal Berikut, Sebelum Memulai Senam Aerobik

Sebelum kamu memulai senam aerobik ada baiknya memperhatikan beberapa hal dibawah ini, karena jika kamu abaikan bisa membuatmu mengalami hal tidak baik, yaitu:

Intensitas dan frekuensi

Pada satu penelitian yang pernah dilakukan, memperlihatkan jika senam aerobik memang mempunyai banyak manfaat. Apalagi jika kamu menjalani senam ini hanya di waktu yang singkat, namun sering. Kamu dapat menjadikan olahraga ini sebagai kegiatan harian dan juga gaya hidup.

Walau demikian, senam aerobik tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Sebab tidaklah baik bagi tubuh kamu. Karena bila terlalu sering, bisa membuat tubuh kamu lebih cepat lelah, kualitas tidur tidak baik dan membuat jantung berdebar ketika beristirahat.

Pemanasan dan juga pendinginan

Olahraga aerobik terbagi tiga, yakni:

  • Pemanasan
  • Gerakan inti
  • Pendinginan

Tujuan melakukan peregangan/ pemanasan sebelum memulai senam, yaitu supaya kamu tidak mengalami kram ketika senam. Lalu, pendinginan bertujuan untuk mengurangi resiko terjadinya cedera.Demikianlah tadi informasi untuk kamu mengenai manfaat senam aerobik bagi kesehatan yang harus kamu ketahui. Dengan melakukan senam ini secara teratur akan membuat kamu menjadi lebih sehat dan pastinya harus diimbangi pola makan yang sehat supaya hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Jangan lupa juga kalau kamu bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari di aplikasi Astro! Yuk, download aplikasi Astro sekarang dari Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu