Manfaat Buah Pir Untuk Diet yang Harus Diketahui

Manfaat Buah Pir Untuk Diet yang Harus Diketahui

Sudah tahu manfaat buah pir untuk diet? Jika belum wajar sih, karena masih ada sebagian orang yang belum mengetahui manfaat dari buah ini sehingga jarang mengkonsumsinya. Buah pir memiliki rasa manis dan renyah saat digigit. Dengan berbagai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, buah ini cocok dijadikan camilan sehat.

Seperti buah-buahan pada umumnya, zat gizi yang paling banyak dalam buah pir adalah serat, mineral, dan vitamin. Tentu ini belum semua, karena masih ada kandungan berikut:

  • 27 gram karbohidrat
  • 2 gram lemak
  • 1,8 miligram natrium
  • 0,3 miligram zat besi
  • 0,29 miligram Vitamin B3 Niasin
  • 5,5 gram serat
  • 0,6 gram protein
  • 0,05 miligram vitamin B2 Riboflavin
  • dan lain sebagainya

Buah pir juga mengandung senyawa tumbuhan dan antioksidan tinggi, zat yang dipercaya dapat mengurangi kekakuan pada jaringan jantung, meningkatkan kolesterol baik, dan menurunkan kolesterol jahat LDL. Buah yang rendah lemak dan kalori, menjadi teman diet ampuh bagi kamu yang ingin mendapatkan berat badan ideal.  

Mengkonsumsi Buah Pir Dapat Menurunkan Berat Badan

Berikut beberapa manfaat buah pir untuk diet yang perlu diketahui:

  1. Memberikan efek kenyang lebih lama karena memiliki kandungan air dan serat tinggi, khususnya pada buah pir hijau atau kuning. Menurut penelitian yang dilakukan oleh US Food and Nutrition Board of The Institute of Medicine, kebutuhan serat wanita di bawah usia 50 tahun dapat terpenuhi 24% dengan satu buah pir ukuran sedang.
  2.  Kalori pir yang rendah membantu mempertahankan rasa kenyang, sehingga kamu dapat menjaga kadar kalori tubuh. Selain itu, buah ini juga kaya nutrisi makro, mikro, dan antioksidan.
  3. Membantu membakar 30% lemak dalam tubuh sehingga berat badan dapat turun. Ini karena vitamin C yang banyak dalam buah pir.
  4. Mengatasi sembelit dan membuat pencernaan sehat. Dengan demikian proses penurunan berat badan akan lebih maksimal hasilnya.
  5. Kaya kandungan air, mungkin sekitar 84% dari buah pir. Wajar jika buah ini tepat sebagai menu diet.

Manfaat Buah Pir untuk Diet Kesehatan

Berikut adalah berbagai manfaat yang diberikan buah pir untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Jadi, bukan hanya cocok sebagai makanan diet sehat saja.

1.      Menurunkan Risiko Diabetes

Buah pir kaya antioksidan, tinggi air, vitamin K, dan mengandung serat yang dapat menyehatkan sistem pencernaan, sehingga baik untuk penderita diabetes. Jika ingin mengkonsumsi buah ini, penderita diabetes dapat memilih buah-buahan segar. Hindari buah pir kalengan atau buah-buahan kering yang mengandung pemanis buatan.

2.      Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Satu buah pir ukuran sedang dapat memenuhi 22% kebutuhan serat dalam sehari. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, dinilai ampuh untuk mengatasi sembelit dan mencegahnya terjadi. Buah pir juga mengandung serat pektin yang bisa membantu mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus.

3.      Mencegah Pengeroposan Tulang

Dalam buah pir juga terdapat berbagai mineral dan vitamin yang penting bagi tulang. Seperti vitamin K, fosfor, magnesium, kalsium dan boron yang bekerjasama menjaga kepadatan mineral dalam tulang. Berbagai fungsi ini dapat mencegah tulang keropos, dengan membuatnya lebih padat dan kuat.

4.      Menjaga Kesehatan Jantung

Zat antioksidan prosianidin dalam buah pir dipercaya bisa meningkatkan kolesterol HDL, menurunkan kolesterol LDL, dan mengurangi kekakuan jaringan jantung. Bukan pada bagian buahnya saja, karena kulit buah pir juga memiliki antioksidan quercetin yang bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, sehingga membantu memelihara kesehatan jantung.

5.      Memiliki Zat Antikanker

Manfaat buah pir untuk diet sehat berpotensi melawan kanker, melalui zat asam sinamat dan antosianinnya. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan kandungan flavonoid buah pir bisa menurunkan resiko kanker ovarium dan payudara.

6.      Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Peradangan di dalam tubuh menjadi awal mula munculnya berbagai penyakit kronis. Misalnya diabetes tipe 2, kanker dan penyakit jantung. Jika kamu ingin menghalau efek peradangan tersebut, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi makanan kaya antioksidan. Bisa dari buah pir atau jenis buah-buahan lainnya. Kandungan tersebut akan melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Zat antioksidan mampu meringankan peradangan sehingga menurunkan risiko penyakit kronis.

Berkat kandungan gizinya yang banyak, wajar jika pir disebut sebagai salah satu buah terbaik untuk kesehatan. Kamu bisa mulai mengkonsumsinya secara rutin untuk melawan kanker atau saat menurunkan berat badan berlebih. Sekian informasi manfaat buah pir untuk diet. Mulai dari sekarang kamu bisa bertekad mengkonsumsi buah ini setiap hari, baik itu dijadikan jus, salad buah, atau dimakan langsung. 

Kalau kamu ingin mendapatkan buah pir berkualitas segar, coba beli secara online di Astro. Dan dapatkan 1000+ produk lokal dan import terbaik yang bisa dibeli sesuai kebutuhan. Silahkan unduh aplikasi Astro di Google Playstore atau App Store.

Referensi:

Manfaat Pir untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

7 Manfaat Buah Pir, dari Cegah Sembelit Hingga Bantu Diet

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu