7 Makanan yang Mengandung Vitamin C Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Makanan yang Mengandung Vitamin C Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Vitamin C atau asam askorbat adalah sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, maka dari itu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C sangatlah penting. Manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C cukup banyak, salah satunya adalah bantu menjaga kesehatan badan serta menjaga imun tubuh.

Selain itu, vitamin C juga bisa membantu dalam menjaga adanya tekanan darah, bisa juga membantu jaga kulit dan jantung supaya tetap dalam keadaan sehat, juga dapat membentuk tulang rawan, otot serta kolagen yang ada di dalam tulang. 

Antioksidan yang terdapat dalam vitamin C bertugas untuk melindungi seluler dalam tubuh dari ancaman radikal bebas, melindungi dari molekul yang berasal dari pemecahan makanan dalam tubuh, melindungi dari ancaman asap tembakau serta dapat melindungi kamu terhadap adanya radiasi dari paparan sinar matahari.

Jika sampai tubuh kamu terkena radikal bebas maka akan mengancam keselamatan kesehatan jantung, serta dapat memicu kanker dan beberapa penyakit lain.

Diketahui vitamin C dikenal dengan manfaatnya dalam melakukan penyerapan dan penyimpan zat besi. 

Selain itu, vitamin C tidak bisa melakukan produksi vitamin C sendiri. Sedangkan tubuh sangat memerlukan asupan vitamin C dalam tubuh. Maka dari itu, kamu harus memberikan asupan nutrisi yang mengandung vitamin C di dalam tubuh melalui makanan.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C atau bisa ditambahkan dengan suplemen tambahan, misalnya dalam bentuk kapsul dan tablet yang mudah dikunyah.  

Perlu kamu ketahui juga bahwa kandungan vitamin C bisa membantu kamu dalam proses penyembuhan tubuh, apabila tubuh sedang terluka atau sakit. Tubuh yang kekurangan vitamin C hanya akan mudah terkena penyakit. Kekurangan vitamin C dalam kategori yang parah bisa menimbulkan adanya penyakit anemia, kudis, gusi yang berdarah, 

Setidaknya, untuk pria dewasa setidaknya harus memenuhi kebutuhan vitamin C dalam jumlah harian kurang lebih 90 miligram. Sedangkan untuk wanita dewasa setidaknya penuhi kebutuhan vitamin C dalam jumlah harian kurang lebih 75 miligram. 

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin C

Supaya kamu bisa lebih jelas, berikut ini adalah ulasan mengenai apa saja makanan yang memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, ada apa saja simak yuk!

1. Buah Jeruk

Bisa dikatakan kandungan vitamin C yang terdapat pada satu buah jeruk sedang kurang lebih terdapat 70 miligram. Bahkan hanya dengan mengkonsumsi satu buah jeruk dengan ukuran sedang tersebut, kamu sudah berhasil memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Untuk kandungan vitamin C yang dalam takaran satu cangkir jus jeruk diketahui terdapat kurang lebih 120 miligram.

2. Beri : Stroberi 

Pada buah beri yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi salah satunya adalah buah stroberi. Kandungan vitamin C yang ada pada 150 gram buah stroberi memiliki kurang lebih 90 miligram. 

Buah stroberi dikenal juga dengan buah yang memiliki antioksidan. Tentu saja, kandungan tersebut dapat membantu dalam pencegahan penyakit kanker, mencegah penyakit demensia, dan juga mampu mencegah adanya penyakit diabetes.

3. Brokoli 

Sayur brokoli hijau juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, serta menjadikan sayur yang memiliki vitamin C yang baik. Untuk kandungan vitamin C yang terdapat pada sayur brokoli dalam satu mangkuk saja sudah memiliki kurang lebih 80 miligram di dalamnya. 

Mengolah sayur brokoli atau memasaknya dapat mengurangi kandungan vitamin C di dalamnya. Jika sudah dimasak maka nutrisi vitamin C dalam sayur brokoli jadi 50 miligram saja. Kendati demikian, tidak mengurangi manfaat dan kandungan vitamin C di dalam sayur brokoli. 

4. Bayam

Sayur bayam merupakan sayur yang memiliki kandungan vitamin C sebesar 24 miligram dalam takaran 85 gram sayur bayam. Memang kandungan vitamin C dalam sayur bayam tidaklah tinggi. Kendati demikian, kamu tidak bisa menyepelekan sayur yang satu ini.

Alasannya adalah kamu bisa mendapatkan beberapa nutrisi penting jika mengkonsumsi sayur bayam. Diantaranya adalah adanya vitamin A, vitamin K, dan ada juga kandungan float, kalium serta kandungan zat besi pada bayam. 

5. Kentang

Kentang dikenal dengan kandungan karbohidrat, serat dan proteinnya yang tinggi. Namun, selain itu, kentang pun juga memiliki kandungan vitamin C dan kaya akan antioksidan di dalamnya. 

Manfaatnya bisa membantu menyerap zat besi, dan bantu dalam menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Faktanya, kandungan vitamin C dalam kentang berada di bagian kulitnya.

6. Kubis

Kandungan vitamin C yang ada di dalam sayur kubis atau kembang kol cukuplah tinggi. Kurang lebih terdapat 50 miligram vitamin C dalam satu mangkuk sayur kubis. 

7. Paprika

Kandungan gizi dalam satu porsi paprika yakni dalam takaran kurang lebih 150 gram, diketahui ada 30 sampai dengan 40 kalori serta nutrisi yang banyak dalam paprika. Kandungan nutrisi yang ada di dalam paprika adalah protein, karbohidrat, lemak, serat, dan ada juga kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin E, serta ada kandungan kalium, magnesium dan kalsium.

Kandungan vitamin C pada paprika kurang lebih sebanyak 120-120 miligram. Tidak hanya itu saja, buah paprika juga terdapat kandungan vitamin K, zat besi, dan juga folat serta zinc, mangan, luten.

Demikian beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang makanan yang mengandung vitamin C serta beberapa informasi penting mengenai vitamin C. Demi menjaga kesehatan tubuh dan menjalani pola hidup yang sehat, tidak hanya melakukan olahraga saja tetapi makanan juga merupakan penunjang dan peran penting dalam usaha menjaga kesehatan.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi, kaya akan nutrisi dan manfaat baik dalam tubuh tentu saja tidak bisa sembarangan, apalagi menyangkut kesehatan kamu. 

Bagi kamu yang sedang membutuhkan bahan makanan sehat dan masih fresh seperti sayur mayur kol, brokoli, serta buah-buahan seperti jeruk, dan stroberi, bisa langsung belanja di Astro. Astro siap membantu memenuhi kebutuhan kamu selama 24 jam penuh. Yuk, langsung pesan lewat aplikasi Astro sekarang!

Referensi:

Vitamin C

Arie Wahyu
Arie Wahyu