Makanan yang Mengandung Vitamin B, Bisa Berikan Manfaat Ini

Makanan yang Mengandung Vitamin B, Bisa Berikan Manfaat Ini

Vitamin B merupakan 8 dari vitamin yang ada dalam air, vitamin B ini bisa juga dikenal dengan vitamin B kompleks. Artinya, memiliki peran yang sangat penting demi menjaga sel-sel yang ada pada tubuh. terdapat cukup banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan vitamin B di dalamnya.

Pada setiap jenis vitamin B yang ada tentu saja memiliki fungsinya masing-masing. Kendati demikian, setiap jenis vitamin B tetaplah memiliki tujuan yang sama, yakni selalu sama saja menjaga kesehatan tubuh dari dalam.

Jenis-jenis Vitamin B Serta Contoh Makanannya

Berikut ini adalah ulasan mengenai apa saja jenis-jenis vitamin B, manfaat dan jumlah asupan nutrisi setiap harinya yang harus terpenuhi, serta wajib kamu ketahui. Ada apa saja, simak yuk!

1. Vitamin B1 

Dikenal juga dengan thiamine. Manfaat dalam kandungan vitamin B1 yakni dapat membantu kamu dalam memelihara kesehatan sistem saraf. Juga mampu dalam menciptakan energi dan nutrisi yang dihasilkan untuk performa metabolisme. 

Manfaat lainnya adalah bantu tumbuh kembang fungsi-fungsi sel serta jaringan-jaringan yang ada pada tubuh. 

Untuk saran nutrisi vitamin B1 yang harus terpenuhi oleh orang dewasa adalah kurang lebih 1,1 sampai dengan 1,2 miligram untuk setiap harinya. Makanan yang memiliki kandungan vitamin B1 sangat mudah kamu jumpai setiap harinya yaitu ada pada nasi merah, roti gandum, ada juga pisang, jeruk, kacang-kacangan serta ada juga bersumber dari sereal.

2. Vitamin B2

Vitamin B2 juga disebut dengan riboflavin. Kamu harus memenuhi kebutuhan vitamin B2 tersebut salah satunya dengan cara mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B2 yang bisa kamu lihat di kehidupan sehari-hari. Manfaat luar biasa yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi vitamin B2 adalah baik untuk kesehatan kulit, mata, saraf, juga ikut membantu dalam pencernaan yang lancar yakni karbohidrat, protein dan juga lemak yang ada di dalam makanan.

Tidak ketinggalan juga, kamu juga akan mendapatkan energi dari mengkonsumsi makanan yang ada vitamin B2.

Makanan yang ada kandungan vitamin B2 adalah daging, ikan tuna, ikan salmon, kedelai, susu, telur bagian kuningnya, kedelai, kacang almond dan juga ada pada gandum.

Takaran asupan nutrisi dalam memenuhi kebutuhan vitamin B2 untuk porsi orang dewasa adalah 1,1 hingga 1,2 miligram saja untuk setiap harinya.

3. Vitamin B3

Bisa juga disebut dengan niacin bisa bantu dalam menjaga kinerja dari sistem saraf serta juga sama dengan vitamin B2 yakni menjaga kesehatan pada kulit kamu dan bantu dalam menciptakan energi tubuh. Jenis makanan yang ada kandungan B3 tinggi bisa kamu dapatkan di dalam daging, ikan serta pada telur.

Setiap harinya orang dewasa harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B3 setidaknya 14 sampai dengan 16 miligram.

4. Vitamin B5

Kamu bisa menyebutnya juga dengan pantothenic acid. Manfaatnya adalah mampu memproduksi tumbuhnya hormon-hormon tubuh. Sangat disarankan untuk orang dewasa dalam memenuhi kebutuhan vitamin B5-nya dengan setidaknya memiliki 5 miligram kandungan vitamin B5 tersebut untuk setiap harinya.

Makanan yang bisa kamu konsumsi dengan kandungan vitamin B5 adalah daging, gandum, sayur mayur, dan ada pada okra.

5. Vitamin B6

Bisa juga dikenal dengan pyridoxine, yang memiliki peran penting terhadap proses terbentuknya hemoglobin atau sel darah merah. Fungsi sel darah merah adalah bantu menyebarkan oksigen ke semua aliran tubuh.

Makanan yang ada kandungan B6 identik dengan protein yang diubah menjadi karbohidrat atau dari makanan diubah menjadi sebuah energi tubuh diantaranya adalah daging ayam, kacang-kacangan, kentang, ikan, pisang, susu.

Sebagai orang dewasa setidaknya kamu harus memenuhi asupan B6 setiap harinya dalam jumlah 1,3 miligram.

6. Vitamin B7

Dikenal juga dengan nama latin biotin, itu dapat membantu dalam proses makanan yang dikonsumsi diubah menjadi suatu energi. Bahkan kandungan vitamin B7 bisa bantu kamu memelihara kesehatan kulit, saraf, rambut, mata, dan juga bantu memelihara kesehatan hati. 

Vitamin B7 baik untuk ibu hamil sebab, memiliki kebaikan dalam mendukung tumbuh kembang janin. Makanan yang bisa kamu dapatkan dengan kandungan nutrisi B7 adalah kembang kol, biji-bijian, kemudian ada pisang dan jamur, selain itu ada sereal, telur bagian yang kuningnya, kacang-kacangan juga, dan jeroan.

Orang dewasa harus memenuhi kebutuhan vitamin B7 setidaknya 30 mikrogram untuk setiap harinya.

7. Vitamin B9 (Folic acid)

Bisa juga kamu sebut dengan asam folat yang sangat penting untuk produksi hemoglobin dan baik untuk tumbuh dan kembang janin dalam kandungan. 

Pada jumlah asupan vitamin B9 yang harus terpenuhi setiap harinya adalah 400 mikrogram untuk takaran orang dewasa. Sedangkan khusus pada ibu yang hamil harus terpenuhi jumlah 600 mikrogram vitamin B9 setiap harinya.

Makanan yang ada kandungan asam folat adalah brokoli, kacang polong, sereal, sayur bayam, buncis dan kangkung.

8. Vitamin B12 

Fungsinya adalah mampu dalam produksi hemoglobin atau sel darah merah. Mampu menjaga imun tubuh, dan juga saraf.

Jumlah asupan setiap harinya bagi orang dewasa adalah 5 mikrogram vitamin B12. Tentu saja sumber makanannya adalah ikan, daging, telur, serta susu dan juga keju.

Dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi, kaya akan nutrisi vitamin B kompleks dan disertai dengan olahraga dan takaran konsumsi gizi yang seimbang. Tidak boleh berlebihan apalagi sampai kekurangan. Maka dari itu, kamu tidak bisa sembarangan, apalagi mengenai kesehatan kamu. Makanan yang kamu konsumsi harus selalu dalam keadaan yang segar dan masih memiliki kualitas terbaik.

Bagi kamu yang sedang membutuhkan bahan makanan sehat dan masih segar demi memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin B kompleks kamu, seperti sayur mayur serta buah-buahan, bisa langsung belanja di Astro. Astro siap membantu memenuhi kebutuhan vitamin B kamu dengan sayur dan buah segar yang siap dipesan selama 24 jam penuh dan tentunya cepat sampai tujuan. Yuk, pesan melalui aplikasi Astro sekarang yang bisa kamu download di Google Play Store dan App Store!

Referensi:

Vitamin B-6

Vitamin B-12

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu