Makanan yang Harus Dihindari saat Diet OCD Agar Berhasil

Makanan yang Harus Dihindari saat Diet OCD Agar Berhasil

Diet OCD pernah populer di masanya yang pada saat itu dianggap cukup berhasil, khususnya menurunkan berat badan. Diet OCD dikenalkan oleh Deddy Corbuzier yang terinspirasi sedikit konsep intermittent fasting.

Jika kamu masih belum tahu, intermittent fasting merupakan pola makan yang diatur dengan waktu. Waktu yang dimaskud adalah kapan waktu untuk makan dan kapan waktu untuk tidak makan. Dikenal juga dengan durasi waktu tidak makan hingga selama 16 jam sama sekali.

Cara tersebut bisa dikatakan jadi lebih bekerja dengan efektif jika dibandingkan dengan makan 3 sampai 4 kali sehari walaupun dengan porsi diet tertentu.

Cara Diet OCD yang Efektif

Berikut ini adalah cara efektif yang bisa kamu ikuti saat sedang menjalankan diet OCD. Simak yuk!

1. Menentukan Jendela Makan

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui bahwa, diet OCD dikenal dengan puasa atau jendela makan yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan. 

Terdapat beberapa tipe jendela makan yang bisa kamu coba. Pertama, jendela makan 8 jam, kedua, ada jendela makan 6 jam dan jendela makan 4 jam jika kamu mampu saja. Disarankan jika kamu pemula untuk mencobanya dalam dua minggu teratur dengan jendela makan 8 jam, dan jika sudah bisa maka lanjutkan dua minggu lagi.

2. Tidak Makan Berlebih

Mengkonsumsi makanan secara cukup akan bantu menurunkan berat badan asalkan tidak memakan makanan yang berlebihan. Sebaiknya, kamu harus menentukan takaran yang pas. Dengan begitu perut tidak akan merasa penuh dan begah, jadi makan secukupnya saja.

3. Diimbangi dengan Olahraga dan Minum Air Mineral

Saat sedang diet, jangan lupa bahwa tubuh kamu juga membutuhkan pembakaran kalori dengan cara olahraga dan juga meminum air mineral secukupnya.

Dengan begitu, tubuh akan jadi lebih terjaga kesehatannya dan tubuh kamu tidak akan mengalami dehidrasi. 

4. Menghindari Sarapan

Bagi kamu yang masih menjalankan diet OCD sebaiknya tidak sarapan. Alasannya adalah sarapan bisa membuat insulin dalam tubuh meningkat, hal itu bisa menyebabkan kamu merasa lebih ngantuk saat siang hari.

Pantang Makan Makanan Ini Saat Diet OCD

Saat sedang diet tentu saja kerap dengan syarat yang harus kamu lakukan agar dietnya jadi berhasil. Termasuk saat sedang diet OCD agar berhasil, kamu harus fokus juga pada makanan yang harus dihindari saat diet OCD.

Selain diet OCD, metode diet yang lain tentu saja memiliki cara dan syarat tertentu atau memberikan saran untuk menghindari beberapa makanan yang harus dihindari, supaya  bisa bantu diet berhasil.

Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa diet OCD tidak memiliki makanan khusus yang harus kamu hindari. Kendati demikian, sebagaimana yang harus kamu lakukan ketika kamu sedang diet OCD adalah selalu rajin dalam mengatur jendela makan yang teratur. 

Dalam hal itu, kamu harus makan beberapa makanan sehat yang wajib dikonsumsi saat sedang diet seperti pada umumnya. Seperti lemak baik, sayur mayur, buah, daging tidak ada lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian. 

Berikut ini adalah jenis makanan yang harus dihindari saat diet OCD. Perhatikan dan simak yuk!

Makanan yang Harus Kamu Hindari Saat Menjalani Diet OCD

  1. Makanan yang berlemak banyak atau lemak jenuh
  2. Es krim
  3. Pizza
  4. Burger
  5. Susu tinggi lemak
  6. Kue
  7. Minuman kaleng
  8. Buah kaleng
  9. Kentang goreng
  10. Keripik kentang
  11. Sosis
  12. Nugget
  13. Makanan yang terlalu banyak gula atau pemanis tambahan
  14. Makanan yang terlalu mengandung banyak garam atau makanan yang asin
  15. Roti putih atau roti tawar
  16. Gorengan

Dengan coba menghindari makanan tersebut saat diet OCD maka bisa bantu kamu menurunkan berat badan. Selain itu, harus tetap minum air mineral yang cukup setiap jamnya. Diimbangi juga dengan berolahraga minimal 3 kali seminggu dan dalam 20 menit setiap sesi.

Efek Samping dari Diet OCD 

Setiap hal pasti ada hal baik dan hal buruknya. Sama juga halnya dengan penerapan diet OCD, juga memiliki efek sampingnya. Berikut ini efek samping menjalankan diet OCD yang wajib kamu ketahui.

  1. Menghambat proses pertumbuhan
  2. Memiliki potensi terhadap keseimbangan hormon
  3. Gangguan pada profil lemak
  4. Gangguan konsentrasi

Demikian beberapa makanan yang harus dihindari saat diet OCD agar berhasil yang bisa kamu ikuti juga dengan mudah. Tentu saja agar dietnya berhasil, mengkonsumsi makanan yang disarankan baik untuk diet serta diimbangi dengan aktivitas olahraga agar badan terasa lebih bugar dan sehat.

Buat kamu yang sedang menjalankan diet OCD, kamu bisa pesan makanan sehat yang cocok untuk mendukung dietmu di aplikasi Astro. Kamu bisa pesan kapan saja ketika kamu membutuhkannya, karena Astro siap membantu selama 24 jam penuh. Yuk, checkout sekarang di aplikasi Astro! Kalau belum punya, kamu dapat mendownload aplikasinya di Google Play Store atau App Store.

Referensi:

Ketahui Cara Diet OCD yang Tepat agar Hasilnya Lebih Efektif

Jangan Asal, Diet OCD Harus Dilakukan dengan Benar

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu