Makanan Tinggi Protein Untuk Diet, Pasti Berat Badan Turun

Makanan Tinggi Protein Untuk Diet, Pasti Berat Badan Turun

Diet merupakan salah satu cara terbaik yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga pola hidup yang sehat. Diet yang baik tentu saja tetap makan seperti biasanya saja dan tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang cukup.

Sebab, tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang harus tercukupi. Tentu saja kamu harus mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung protein, mineral, dan masih banyak vitamin dan nutrisi yang lainnya.

Salah satu makanan yang cocok untuk diet adalah kamu harus tetap memenuhi kebutuhan protein pada tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi tentu saja bisa membantu diet kamu berhasil.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein yakni selain baik untuk meningkatkan massa otot, protein yang cukup dalam tubuh juga bisa memberikan efek imun yang lebih kuat serta mampu meningkatkan kekuatan terhadap sel-sel dalam tubuh.

Supaya tubuh kamu lebih sehat maka harus mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi yang cukup dan seimbang. Makanan yang bersumber dari protein yang tinggi tentu saja ada protein hewani serta protein nabati.

Daftar Makanan Tinggi Protein Untuk Diet 

Maka, jika kamu sedang dalam diet apabila kekurangan protein, justru yang ada kamu hanya akan merasakan tubuh yang lemah serta mudah terkena suatu penyakit. Oleh karena itu, demi diet yang sukses simak apa saja makanan yang memiliki protein tinggi yang cocok untuk diet!

1. Telur

Jika berdasarkan para ahli gizi, mengkonsumsi telur sangatlah penting demi memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Sebab, kandungan protein dan juga nutrisi yang terdapat dalam telur sangatlah kompleks. Itu yang akan membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh.

Disarankan untuk memilih telur bagian putihnya saja. Karena, pada bagian kuning telurnya diketahui memiliki kandungan yang berpotensi menimbulkan kolesterol yang tidak sedikit. Terutama jika kondisi kamu memang sudah memiliki penyakit jantung dan kolesterol maka hati-hati. Lebih baik pilih telur bagian putihnya saja.

Selain itu, mengkonsumsi telur bisa memberikan efek metabolisme yang meningkat, dan membantu kinerja otak jadi lebih maksimal dan akan membuat kamu merasakan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

2. Ikan

Ikan laut merupakan makanan yang cocok untuk kamu konsumsi selama dalam program diet sehat. Justru, mengkonsumsi ikan laut seperti ikan salmon akan jauh lebih sehat daripada mengkonsumsi daging sapi maupun daging kambing. Alasannya adalah ikan laut memiliki kandungan lemak sehat dan kandungan protein yang lebih tinggi.

Lemak yang sehat dalam kandungan ikan laut adalah asam lemak omega 3. Ini akan sangat cocok bagi kamu yang sedang dalam program diet menurunkan berat badan. Lemak yang ada dalam ikan laut tidak akan menimbulkan penumpukkan lemak.

3. Daging Ayam

Pertama-tama, kamu bisa mengkonsumsi daging ayam namun tidak dengan bagian kulitnya. Sebagaimana yang telah kamu ketahui, kulit ayam memiliki kandungan lemak yang jika Ada konsumsi hanya akan menambah lemak dalam tubuh.

Sangat direkomendasikan untuk program diet harus mengkonsumsi daging ayam bagian dada, bahkan dalam 100 gram daging ayamnya saja memiliki kandungan protein sebesar 18,3 gram. Tentu saja, dalam proses pengolahan dagingnya pun harus dengan cara sehat (panggang dan tumis).

4. Daging Sapi

Sebagaimana yang kamu tahu bahwa daging sapi juga memiliki bagian lemak yang jika ikut diolah dan dikonsumsi akan menimbulkan aroma wangi dan gurih khas lemak daging sapi. Namun, tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging sapi yang disertai dengan lemaknya ketika kamu sedang diet.

Disarankan untuk mengkonsumsi daging sapi bagian tenderloin agar diet kamu berhasil. 

5. Sayur-Sayuran 

Berbagai macam sayuran hijau yang baik untuk menjaga diet kamu tetap sehat dan berhasil. Kamu bisa mulai dengan mengkonsumsi sayur brokoli, sawi, kemudian coba pakcoy, buncis, bayam, selada ada juga wortel yang akan sangat baik dan cocok untuk kamu yang sedang diet. 

Sayur mayur dikenal dengan kandungan protein yang cukup dan serat yang tinggi. Selain itu, sayur juga memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, maka bagus untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan.

Namun, kandungan protein dalam sayur tidak sebesar kandungan protein yang terdapat pada daging-daging. Oleh karena itu, kamu dapat coba untuk mengkonsumsi sayur yang cukup banyak supaya nilai proteinnya cukup banyak sama halnya saat mengkonsumsi daging.

Demikian beberapa ulasan mengenai makanan-makanan yang memiliki kandungan protein tinggi yang memang cocok dan sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang diet, yang perlu kamu ketahui manfaatnya. Untuk membantu menjaga kesehatan, selain pola hidup sehat tentu saja harus rutin mengkonsumsi makanan yang sehat dan masih segar. Maka dari itu, kamu bisa juga membeli produk bahan makanan di toko-toko buah, sayur yang terpercaya.

Demi memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang seimbang baik saat kamu sedang diet maupun saat kamu tidak sedang diet, maka kamu tidak boleh melewatkan makanan yang mengandung protein yang tinggi. Minimal konsumsilah makanan yang mengandung protein tinggi demi memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin untuk tubuh setiap hari. Juga kamu harus selalu menjaga keseimbangan dengan mengkonsumsi makanan pokok, juga imbangi dengan mengkonsumsi sayur dan buah.

Kamu yang sedang membutuhkan bahan makanan seperti daging ayam, daging sapi dan bahan makanan lainnya seperti telur ayam, telur bebek, bahkan jika kamu sedang membutuhkan bahan makanan lainnya, kamu bisa juga belanja Astro. Astro merupakan layanan belanja online yang akan selalu siap melayani kamu selama 24 jam tanpa henti. Selain itu, bisa juga unduh di aplikasi Astro agar lebih mudah dalam mengaksesnya. Astro akan membantu segala kebutuhan sayur yang masih segar dan terjamin kualitasnya, harganya terjangkau. Siap antar pesanan dalam waktu singkat.

Referensi:

Menurut Ahli Gizi, Ini 5 Makanan Ini Terbaik Jadi Menu Diet Kamu

Ini Cara Terbaik untuk Memulai Diet Tinggi Protein

The best high-protein foods for weight loss

15 High-Protein Foods that Could Help Support Your Health and Weight-Loss Goals

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu