9 Makanan Khas yang Bisa Kamu Coba Saat Mengunjungi Kota Depok

Makanan Khas yang Bisa Kamu Coba Saat Mengunjungi Kota Depok

Siapa sangka di tengah padatnya Kota Depok, terdapat kuliner-kuliner lezat khas Kota Depok yang wajib kamu cicipi. Kota yang terletak di Jawa Barat  dan sangat dekat dengan Jakarta ini bisa jadi referensi wisata kuliner kamu selanjutnya, karena banyak menyimpan berbagai makanan khas yang unik dan mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya. 

Buat kamu pecinta kuliner khas Indonesia, yuk cek daftar rekomendasi makanan khas Kota Depok yang wajib kamu coba berikut ini!

Baca Juga: 10 Makanan Khas Kota Bekasi yang Lezat dan Nikmat

Makanan Khas Kota Depok

1. Perkedel Bakar

Biasanya perkedel disajikan dengan cara digoreng, Namun, di Kota Depok ada satu olahan perkedel unik yaitu perkedel bakar. Olahan perkedel ini dimasak dengan cara yang nggak biasa, yaitu dengan cara dibakar atau dipanggang sehingga menghasilkan rasa smoky yang khas. 

2. Peyek Gale

Ketika melihat bentuknya, mungkin kamu akan teringat dengan makanan khas Betawi, kembang goyang. Jika kembang Goyang mempunyai rasa manis, Peyek gale ini punya cita rasa gurih dengan aneka varian rasa atau topping. Mulai dari peyek gale teri, peyek gale wijen, peyek gale rebon dan lainnya. 

3. Bakso Comberan

Mendengar nama kuliner Depok ini mungkin akan terasa agak aneh. Nama “Comberan” ini adalah penggambaran dari olahan bakso khas Depok yang berkuah kecoklatan, sebab penggunaan kluwek dalam pengolahannya. Bukan hanya kuahnya saja, bakso comberan ini juga punya pilihan isian yang unik seperti sayap, ceker dan tulang ayam.

4. Dodol Belimbing

Kota Depok terkenal sebagai penghasil buah belimbing terbesar di Indonesia. Tak heran, banyak olahan kuliner dari belimbing khas Kota Depok, seperti dodol belimbing ini. Kuliner khas Depok ini banyak ditemui di tempat oleh-oleh dan kawasan wisata. Dodol belimbing menggunakan buah belimbing segar yang dicampur kedalam adonan dodol, menghasilkan kuliner bercita rasa yang khas.

5. Nastar Belimbing

Masih dari olahan buah belimbing, di Depok, kue nastar yang umumnya berisi adonan selai nanas diolah dengan selai belimbing, menjadikan sebuah makanan bernama nastar belimbing. Modifikasi unik dari Nastar ini banyak disukai dan sering dijadikan oleh-oleh khas Kota Depok. 

Baca Juga: 15 Makanan Khas Australia: Menjelajahi Kelezatan Benua Kanguru

6. Dodol Jambu Merah

Selain dodol belimbing, di Kota Depok juga terdapat olahan dodol lainnya yaitu dodol jambu merah. Bedanya, dodol ini menggunakan bahan jambu merah atau jambu biji. Kalau kamu mau coba olahan dodol unik untuk oleh-oleh, makanan khas Depok ini bisa kamu coba.

7. Tempe Coklat

Pernah coba olahan tempe dengan cita rasa manis? Kalau belum, kamu harus coba temple coklat yang merupakan kuliner hasil tangan kreatif UMKM Depok. Olahan tempe berbalut coklat ini sangat menarik perhatian para wisatawan untuk mencicipinya. 

8. Rujak Cireng

Cireng memang sudah menjadi makanan khas di berbagai daerah di Jawa Barat termasuk Kota Depok. Olahan aci yang digoreng ini punya berbagai varian rasa yang bisa dipilih, seperti keju, pedas, hingga oncom. Bumbu rujak sebagai cocolan rujak cireng ini menghasilkan cita rasa pedas, manis, dan gurih yang bikin ketagihan.

9. Biskuit Temma

Jika biasanya biskuit menggunakan bahan dasar tepung terigu, biskuit temma menggunakan bahan lain dalam pembuatannya, yaitu tepung tempe. Nama biskuit temma sendiri berdasarkan dari dua bahan utama makanan ini, yaitu tepung dan kurma. Biskuit temma memiliki tekstur mirip dengan biskuit pada umumnya, yang membedakan adalah penggunaan isian selai kurma yang manis dan bergizi. 

Baca Juga: Makanan Khas Daerah tiap Provinsi di Indonesia Serta Daerah Asalnya

Demikianlah beberapa rekomendasi makanan khas Depok yang bisa kamu coba ketika berwisata kuliner ke Kota Depok. Buat kamu yang penasaran mau mencoba kuliner di atas, kamu juga bisa loh membuatnya sendiri di rumah. Nantikan konten berikutnya dari Astro soal Resep Makanan Khas Depok yang bisa kamu jadikan referensi ketika memasak.

Maka dari itu, yuk download dan siapkan aplikasi Astro di smartphone kamu untuk berbelanja berbagai bahan makanan segar dengan promo menarik yang pastinya cepat sampai. Download aplikasi Astro sekarang di Google Play Store atau App Store untuk pengalaman belanja bahan makanan yang hemat waktu!

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu