Kenali Serba-Serbi Beetroot: Nutrisi, Kegunaan, dan Cara Mengolahnya

Halo kamu, apakah kamu pernah mendengar tentang beetroot atau yang dikenal dengan sebutan bit merah? Jika belum, kamu perlu tahu bahwa bit merah adalah sayuran akar yang sangat populer di Eropa dan Amerika Utara. Buah bit merah ini memiliki rasa manis dan memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Di artikel ini, kita akan membahas serba-serbi beetroot yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Manfaat dan Khasiat Sayuran Bayam Merah

Apa itu Sayuran Beetroot?

Beetroot adalah sayuran akar yang berasal dari keluarga Chard dan Spinach. Warna merah cerah pada beetroot berasal dari pigmen betasin, yang juga dapat ditemukan dalam daun bit. Buah bit merah ini sangat kaya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, asam folat, zat besi, magnesium, dan banyak lagi.

Manfaat Kesehatan Beetroot

Beetroot, yang lebih dikenal dengan sebutan bit, adalah jenis sayuran yang berwarna-warni dan serbaguna. Bit terkenal dengan rasa dan aroma tanahnya.

Selain memberikan variasi warna pada piringmu, bit sangatlah bernutrisi dan penuh dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman penting, banyak di antaranya memiliki khasiat medis.

Yang lebih penting, bit sangat enak dan mudah ditambahkan ke dalam makananmu seperti balsamic roasted beets, hummus, kentang goreng, dan salad, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa manfaat baik dari bit yang dirilis oleh situs healthline.com, ditambah beberapa cara lezat untuk meningkatkan asupanmu.

1. Memiliki Banyak nutrisi dan sedikit kalori

Bit memiliki profil nutrisi yang mengesankan. Meskipun rendah kalori, namun tinggi vitamin dan mineral penting. Fakta bahwa bit mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuhmu.

Berikut adalah gambaran nutrisi yang ditemukan dalam 100 gram bit yang direbus:

  • Kalori: 44
  • Protein: 1,7 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Karbohidrat: 10 gram
  • Serat: 2 gram
  • Folat: 20% dari nilai harian (DV)
  • Mangan: 14% dari DV
  • Tembaga: 8% dari DV
  • Kalium: 7% dari DV
  • Magnesium: 6% dari DV
  • Vitamin C: 4% dari DV
  • Vitamin B6: 4% dari DV
  • Zat besi: 4% dari DV

Bit kaya akan folat, yaitu vitamin yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan jantung. Selain itu, bit juga mengandung mangan yang penting untuk pembentukan tulang, metabolisme nutrisi, fungsi otak, dan masih banyak lagi. Ditambah lagi, bit tinggi tembaga, mineral penting yang dibutuhkan untuk produksi energi dan sintesis neurotransmitter tertentu.

2. Sebagai anti peradangan

Bit mengandung pigmen yang disebut betalain, yang memiliki sejumlah sifat anti-inflamasi. Hal ini dapat bermanfaat bagi kesehatanmu, karena peradangan kronis telah dikaitkan dengan kondisi seperti obesitas, penyakit jantung, penyakit hati, dan kanker.

Sebuah penelitian pada 24 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi 250 ml jus bit selama 2 minggu signifikan mengurangi beberapa penanda peradangan, termasuk protein C-reaktif (CRP) dan faktor nekrosis tumor-alfa (TNF-a).

Selain itu, penelitian lama pada tahun 2014 pada orang dengan osteoartritis, kondisi yang menyebabkan peradangan pada sendi, menunjukkan bahwa kapsul betalain yang dibuat dengan ekstrak bit meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Beetroot juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan pencernaanmu. Setiap cangkir beetroot mengandung 3,4 gram serat, menjadikan beetroot sebagai sumber serat yang baik.

Serat akan melewati pencernaan dan mencapai usus besar, di mana ia akan memberi makan bakteri usus yang baik dan menambah massa pada tinja.

Hal ini dapat meningkatkan kesehatan pencernaanmu, menjaga pola buang air besar yang teratur, serta mencegah kondisi pencernaan seperti sembelit, penyakit radang usus (IBD), dan divertikulitis.

Selain itu, serat telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, termasuk kanker usus, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Jadi, cobalah untuk menambahkan beetroot ke dalam dietmu untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan umummu secara keseluruhan.

Beetroot Sebagai Pewarna Alami

Tahukah kamu?, ternyata Beetroot juga dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan. Pewarna alami ini lebih sehat daripada pewarna makanan buatan yang sering digunakan di banyak produk makanan.

Baca Juga: Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Beetroot Dapat Diolah Menjadi Berbagai Macam Hidangan

Beetroot dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan seperti salad, smoothie, jus, sup, atau dibuat menjadi cemilan dengan dip. Jika kamu ingin memasak beetroot, kamu bisa merebusnya, memanggang, atau mengukusnya terlebih dahulu.

Saat memasak beetroot, pastikan kamu membersihkan dan memotong ujungnya terlebih dahulu. Selain itu, hindari mengupas beetroot terlalu dalam karena kulit beetroot mengandung nutrisi yang sangat penting.

Smoothie Beetroot

Salah satu cara populer untuk mengkonsumsi beetroot adalah dengan membuat smoothie. Berikut adalah resep smoothie beetroot yang lezat dan sehat untuk kamu coba:

Bahan:

Cara membuat:

  1. Potong beetroot, apel, dan pisang menjadi potongan kecil.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan aduk hingga halus.
  3. Tambahkan es batu secukupnya dan blender lagi hingga tercampur sempurna.
  4. Sajikan dan nikmati!

Membuat Salad Beetroot

Selain smoothie, salad beetroot juga bisa menjadi alternatif yang sehat dan lezat. Berikut adalah resep salad beetroot yang mudah untuk kamu buat di rumah:

Bahan:

Cara membuat:

  1. Potong beetroot menjadi potongan kecil dan rebus hingga empuk.
  2. Campurkan keju feta, kacang almond, dan daun ketumbar dalam mangkuk besar.
  3. Campurkan minyak zaitun, cuka apel, madu, garam, dan merica dalam mangkuk kecil, aduk hingga tercampur sempurna.
  4. Setelah beetroot sudah empuk, tiriskan dan masukkan ke dalam mangkuk besar yang berisi keju feta, kacang almond, dan daun ketumbar.
  5. Tuangkan bahan cair ke dalam mangkuk besar dan aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  6. Sajikan dan nikmati!

Baca Juga: Manfaat Kesehatan Buah Mangga yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Nah, itulah tadi serba-serbi beetroot yang perlu kamu ketahui. Ternyata Beetroot sangat kaya akan nutrisi dan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan yang sangat baik untuk tubuh kita. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu dari sekarang mulai rutin menambahkan beetroot kedalam pola diet kamu setiap hari nya.

Untuk memastikan asupan makanan sehatmu terpenuhi setiap harinya, kamu bisa gunakan aplikasi astro untuk belanja berbagai jenis kebutuhan harian kamu, termasuk membeli beetroot dan berbagai kebutuhan sehat harian lainnya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Astro. Dengan Astro, kamu bisa berbelanja segala kebutuhan sehatmu dengan mudah dan cepat, tanpa perlu keluar rumah. Selain itu, di Astro kamu juga bisa menemukan berbagai promo menarik yang tentunya akan menguntungkan bagi kesehatan dan keuanganmu.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu menjaga kesehatan tubuhmu dengan memasukkan beetroot dalam pola makanmu. Yuk, download aplikasi Astro sekarang dan nikmati kemudahan belanja sehat di sana!

Referensi:

Everything to know about the Health Benefits of Beets

Health Benefits of Beetroot

Organic Red Food Color Recipe

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu