Kenali Ciri-Ciri Anak Kreatif yang Mudah

Kenali Ciri-Ciri Anak Kreatif yang Mudah

Sebagai orang tua, pastinya sangat bangga dan bahagia jika anak kamu tumbuh dan berkembang serta menjadi anak yang kreatif. Kreatif atau kreativitas adalah keterampilan yang penting untuk orang punya dalam dirinya. Tentu saja dikarenakan, keterampilan atau soft skill yang sangat bermanfaat di masa depan dan sangat dipentingkan dalam urusan pekerjaan.

Tidak hanya itu saja, anak yang memiliki ciri-ciri kreatif maka akan membantunya tumbuh dan berkembang dalam melatih daya pikir, penyelesaian masalah, dan masih banyak lainnya.

Bahkan bisa dikatakan, terdapat beberapa karakteristik kreatif yang anak yang berbeda-beda satu sama lain. Jika ingin melihat apakah anak kreatif atau tidak, kamu dapat Mengamati anak dengan cara memperhatikan setiap aktivitas yang dikerjakan anak kamu. Selain itu, kamu juga bisa memeriksa dan memperhatikan saat anak kamu sedang bermain. 

Baca Juga: Cara Untuk Menstimulasi Anak Usia Dini Agar Kreatif

Begini Ciri-Ciri Anak Kreatif 

Kemampuan seseorang yang mampu membuat sesuatu yang baru dalam segala hal dan bentuknya bisa dikatakan itu adalah ciri-ciri orang yang kreatif, dan itu biasanya yang terjadi pada anak yang sudah tumbuh dewasa. Namun, bagaimana kenali ciri-ciri anak yang kreatif? Supaya kamu bisa lebih jelas mengenali apa saja ciri-ciri anak kreatif maka simak ulasannya dibawah ini!

1. Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Mungkin kamu sering menjumpai anak kamu melontarkan banyak pertanyaan yang merujuk kepada anak kamu selalu memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Kemudian, anak memiliki kecenderungan bahwa ia sangat terbuka dengan adanya informasi yang ada di lingkungan sekitarnya.

Bahkan anak sudah memiliki rasa ingin tahu dengan apapun yang baru ia temukan dan lihat. Hal itu mendorong anak ingin eksplorasi hal tersebut sampai berkali-kali. Jika tertarik maka anak akan berusaha mengeksplorasinya seperti meraba, melihat, mencium, mengamati, memperhatikan dengan jelas, bahkan bisa memainkannya.

Anak dengan rasa ingin tahu yang tinggi akan melakukan sesuatu karena terdorong oleh rasa penasaran maka anak akan mewujudkan kemampuan kreatifnya tersebut. Tidak heran jika anak tidak takut basah, kotor, panas, bahkan sakit.

2. Memiliki Inisiatif yang Tinggi

Apabila anak sudah mulai menunjukkan inisiatifnya terhadap benda atau media yang ia lihat maka itu bisa menjadi potensi bahwa anak kamu adalah anak yang kreatif. Sebagai contohnya jika anak melihat media seperti gunting, krayon, pensil, kertas, lilin mainan, lem, dan yang lain-lain, anak akan menunjukkan bahwa ia punya ide kreativitas.

Dengan media tersebut anak akan terdorong dan berusaha untuk mewujudkan daya imajinasinya. Mungkin saja akan menggambar, menggunting, membentuk objek tertentu atau menempel hasil karya pada tembok atau pintu kamar.

3. Memiliki Kemampuan yang Kaya Akan Imajinasi

Anak sudah mulai mewujudkan imajinasinya dalam media yang ia lihat seperti pada kertas, tembok, atau pintu kamar. Pada umumnya anak melakukan hal yang menggemaskan dan tidak terduga-duga. Cara berpikir anak juga akan “out of the box” atau hal yang lain daripada yang lain.

Imajinasi yang besar pada anak juga mendorong anak mudah menyelesaikan suatu masalah. Anak akan mencari solusi atau jalan keluar jika ia menemukan sesuatu yang dianggap sebagai masalah.

4. Memiliki Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Perlu kamu ketahui, anak yang kreatif tentu saja akan berani dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Hal ini bisa dibuktikan dengan anak yang percaya diri maka akan mudah untuk maju dan berkembang secara kemampuan berpikir.

Rasa kepercayaan diri yang tinggi tidak membuat anak jadi mudah minder, selain itu anak juga tidak ingin memberikan batasan tentang melakukan dan mencoba hal-hal baru. Karena, dari hal tersebut, anak kamu akan mudah belajar.

5. Memiliki Ketertarikan Pada Hal Kreatif

Anak kamu suka dengan hal-hal yang kreatif maka bisa dikatakan ia adalah anak yang kreatif. Sebagai contoh, anak suka bermain puzzle. Puzzle adalah permainan yang membutuhkan daya berpikir yang kreatif dalam mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah. Kamu juga bisa memperhatikan bagaimana anak memainkan game puzzle.

Jika kamu menemukan anak dengan dengan diri-ciri tersebut. Maka bisa dibilang anak kamu adalah anak yang kreatif. Tugas kamu sebagai orang tua tentu harus mendukung dan membimbing anak agar bisa dengan mudah menunjukkan serta mengembangkan potensi pada dirinya.

Baca Juga: Jenis Kegiatan Untuk Menstimulasi Motorik Anak

Demikian ulasan mengenai ciri-ciri anak kreatif yang mudah kamu kenali. Kamu juga tetap menstimulasi anak dengan tepat demi pertumbuhan dan perkembangannya menjadi anak yang tetap kreatif dengan tepat. Selain itu, berikan arahan dan pengertian yang tepat serta secara spesifik kepada anak. Dengan begitu kamu sudah berupaya membantu anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan kecerdasannya.

Astro juga punya peralatan yang bisa membuat anak makin kreatif lho. Yaitu dengan Astro DIY Craft Kit. Tersedia berbagai jenis DIY Kit, seperti  My Popsicle Stick Craft, Mixed Media Art Kit dan lainnya. Kamu bisa langsung pesan di Astro sekarang juga untuk mendapatkannya! Yuk belanja sekarang!

Klik banner berikut untuk belanja Astro Art & Craft Kit langsung di Aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu