Kenali Ciri Buah Pisang Matang

Pisang merupakan buah yang mempunyai banyak jenisnya. Buah tropis ini mempunyai kandungan berbagai nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh mu. Apabila kamu pecinta pisang, tentunya kamu harus tahu ciri-ciri buah pisang matang. Sebab, setiap warna pisang mempunyai manfaat dan kandungan nutrisi yang berbeda-beda untuk kesehatan. 

Biasanya pisang dikonsumsi dalam kondisi matang. Buah pisang dianggap matang ketika berwarna kuning mulus atau mempunyai sedikit bintik coklat. Sedangkan, pisang yang mempunyai warna dominan coklat, bahkan kehitaman dianggap menjadi pisang busuk. 

Nah, di bawah ini ada beberapa macam warna pisang dan tingkat kematangannya sebagai ciri-ciri dari buah pisang matang yang harus kamu ketahui. 

Baca Juga: Ragam Jenis Pisang untuk Camilan atau Sajian Lezat, Cek Daftarnya di Sini!

Berbagai Ciri Warna Buah Pisang Matang 

Ukuran tingkat kematangan buah yang satu ini tidak sama pada setiap daerah atau negara. Tetapi, terdapat standar yang dirilis Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dan sudah diterima secara internasional. 

Walaupun bukan standar resmi, USDA mengungkapkan terdapat tujuh tingkat kematangan dari buah pisang menurut warnanya. Mulai dari buah pisang mentah sampai pisang matang. Berikut ini merupakan tujuh tingkat kematangan buah pisang yang harus kamu ketahui menurut warnanya: 

  1. Warna hijau 
  2. Hijau terang 
  3. Hijau kekuningan dengan hijau yang lebih dominan 
  4. Kuning kehijauan dengan kuning sebagai dominannya 
  5. Warna kuning dan bagian ujungnya berwarna hijau
  6. Warna kuning 
  7. Warna kuning dan bintik coklat 

Umumnya pisang matang dianggap bagus untuk dipasarkan karena merupakan pisang dalam tingkat kematangan kelima, yaitu badan pisang berwarna kuning dan bagian ujungnya berwarna kehijauan. 

Sesudah tingkat kematangan ketujuh, biasanya pisang akan berubah menjadi warna coklat seluruhnya atau bisa juga berwarna kehitaman. Biasanya pisang berwarna ini dianggap menjadi pisang busuk sehingga tidak bisa dimanfaatkan lagi. 

Pisang yang sudah dipetik biasanya hanya memerlukan waktu singkat untuk berubah tingkat kematangannya. Untuk itu, bila kamu ingin menyimpan pisang dalam waktu yang lama, ada baiknya pilih pisang hijau dengan tingkat kematangan awal agar dapat disimpan lebih lama. 

Dapatkan Pisang Cavendish dengan Harga Terbaik Klik Di Sini untuk Belanja Sekarang!

Khasiat Pisang Menurut Tingkat Kematangannya 

Warna dari buah pisang yang memperlihatkan tingkat kematangan dapat menjadi panduan kandungan nutrisi dan khasiatnya untuk kesehatan.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Pisang Cavendish

1. Pisang berwarna hijau 

Buah pisang hijau matang mempunyai kandungan pati resisten yang sangat tinggi, yaitu jenis pati yang susah dicerna di dalam tubuh. Pisang ini dapat menjadi pilihan diet yang bagus untuk turunkan berat badan atau untuk penderita diabetes. 

Rasa pisang hijau cenderung pahit, yang berarti menunjukkan kandungan gula yang sangat rendah. Tidak hanya itu, pisang hijau pun mempunyai kandungan bakteri probiotik yang bisa menjaga kesehatan pencernaan mu. 

Namun, pisang hijau memiliki peluang mengakibatkan perut bergas dan kembung sehingga intensitas buang angin mu dapat bertambah. 

2. Pisang berwarna kuning 

Pisang berwarna kuning pastinya tampak sangat menggugah selera dan menarik. Dalam tahap ini, pisang telah lebih matang dan sangat mudah dicerna. Pati resisten dalam pisang berwarna kuning sudah menjadi gula sederhana sehingga pisang ini memiliki rasa yang lebih manis. 

Warna pisang yang sudah berubah menjadi kuning tinggi akan antioksidan bila dibandingkan dengan pisang berwarna hijau. Namun, pisang ini mempunyai indeks glikemik yang cukup tinggi daripada yang berwarna hijau. Oleh karena itu, konsumsinya harus dibatasi untuk para penderita diabetes tipe 2. 

Indeks glikemik merupakan acuan yang dipakai guna mengetahui secepat apa makanan bisa menaikkan kadar gula darah dalam tubuh sesaat sesudah dikonsumsi. 

3. Pisang berwarna kuning dan bintik coklat 

Ketika warna pisang kuning sudah memiliki bintik coklat, tidak berarti pisang tersebut busuk. Keadaan ini memperlihatkan banyaknya pati resisten yang sudah diubah ke dalam gula sederhana. Semakin banyak bintik coklat yang ada di permukaan kulit pisang, berarti kandungan gula di dalamnya semakin tinggi. 

Banyaknya bintik ini pada kulit pisang pun memperlihatkan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Pisang yang sudah matang dengan ciri berwarna kuning disertai dengan bintik coklat diyakini mempunyai potensi guna membantu menjaga tubuh dari berbagai resiko penyakit kanker.

4. Pisang berwarna coklat 

Pisang berwarna coklat umumnya sudah tidak diminati dan lebih sering dibuang sebab dianggap pisang busuk. Pisang ini pun tampak tidak menarik, apalagi teksturnya juga sudah lembek. Sehingga banyak orang yang tidak menyukai pisang berwarna coklat ini. 

Padahal, pisang dengan warna coklat ini memperlihatkan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Dalam tingkat kematangan ini, seluruh pati dalam pisang sudah menjadi gula. Oleh sebab itu, jenis pisang ini perlu dihindari oleh para pengidap diabetes sebab kandungan gulanya sangat tinggi. 

Nah, itu dia ulasan mengenai ciri buah pisang matang dan berbagai khasiatnya untuk kesehatan. Dengan adanya ulasan ini semoga bisa membantu kamu untuk memilih pisang yang sangat bagus sesuai dengan kebutuhanmu. 

Baca Juga: Kenali Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Untuk kamu yang masih bingung dimana bisa mendapatkan pisang berkualitas. Tentu Astro bisa menjadi solusi untuk kamu. Astro menyediakan pisang cavendish yang berkualitas dan bisa kamu dapatkan dengan harga terbaik. Kamu hanya perlu memesannya melalui aplikasi Astro yang tersedia di App Store atau Play Store, maka belanjaanmu akan diantar dalam waktu hitungan menit saja.

Arie Wahyu
Arie Wahyu