Kenali Bahaya SLS Pada Bayi, Bunda Jangan Remehkan

Kenali Bahaya SLS Pada Bayi, Bunda Jangan Remehkan

Sebagai orang tua, ada baiknya kamu mengetahui bahaya SLS pada bayi, SLS biasanya banyak ditemukan pada produk sabun, sampo, deterjen dan pasta gigi. Kandungan tersebut bisa mengakibatkan iritasi pada kulit bayi. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui bahaya kandungan SLS ini sebelum menggunakannya. 

Tetapi, apa pengertian dari SLS? Lalu, apakah sangat berbahaya untuk bayi? Untuk lebih jelasnya mengenai kandungan SLS ini, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Baca Juga: Ini Resep Mpasi Untuk Bayi yang Sedang Diare yang Lezat dan Mudah Dibuat

Apa Itu SLS? 

SLS merupakan Sodium Lauryl Sulfate atau sebuah kandungan yang biasanya ada dalam produk untuk perawatan tubuh. Khususnya seperti beberapa produk yang sudah disebutkan sebelumnya yaitu pasta gigi, deterjen, sampo dan sabun. SLS adalah zat yang bisa menimbulkan busa di cairan pembersih. 

Lalu, senyawa SLS sendiri terbuat dari tanaman dan minyak bumi, seperti minyak kelapa sawit. Walaupun terbuat dari berbagai bahan alami, tetapi ada kecemasan yang muncul dari kandungan yang satu ini. Itulah yang mengakibatkan beberapa orang tua menghindari kandungan SLS ini dalam produk bayi. 

Nah, sebenarnya apa bahaya dari kandungan SLS pada produk perawatan tubuh bayi? 

Bahaya Kandungan SLS untuk Kesehatan 

Food and Drug Administration yang berada di Amerika Serikat, menganggap jika kandungan SLS ini aman menjadi tambahan pada produk perawatan tubuh dan produk kosmetik. Pada sebuah studi penilaian untuk keamanan SLS pada International Journal of Toxicology, mendapati jika SLS tidak berbahaya bila dipakai sebentar saja dan setelah itu membilas nya, seperti penggunaan sabun dan sampo. 

Laporan itu mengatakan jika produk yang bertahan lama di kulit, tingkat kandungan SLS nya tidak boleh melebihi 1%. Tetapi, pada penilaian yang sama pula menunjukkan jika ada sejumlah kemungkinan, jika walaupun penggunaan dan kandungannya minimal, resiko SLS dalam tubuh masih ada. 

Contohnya, sejumlah tes menemukan jika paparan SLS secara terus menerus di kulit, bisa mengakibatkan iritasi ringan sampai sedang pada binatang. Walaupun demikian, SLS masih tergolong aman untuk formulasi yang dipakai pada produk perawatan tubuh. Sebab tidak sedikit dari produk tersebut dibuat untuk dibilas sesudah digunakan sebentar, dan untuk resikonya juga minim. 

Berdasarkan beberapa penelitian, SLS merupakan iritan namun bukan karsinogen. Sehingga tidak ada hubungannya dengan pemakaian SLS dan pemicu resiko kanker. Tetapi, untuk beberapa orang yang mempunyai alergi, mungkin saja bisa merasakan efek sebagai iritan ini. 

SLS Bisa Mengakibatkan Iritasi untuk Sebagian Orang 

The Cosmetic Ingredient Review mengungkapkan jika kandungan SLS, ALS, dan SLES sifatnya iritan untuk konsentrasi 2% ataupun lebih dari itu. Apabila bayi mu mempunyai alergi tertentu, ada baiknya hindari produk dengan kandungan SLS yang lebih dari 1%.  SLS yang tidak diencerkan bisa mengakibatkan beberapa resiko, seperti: 

  • Mual dan muntah bila tertelan 
  • Diare 
  • Menyebabkan reaksi alergi yaitu eksim 
  • Bahaya untuk kesehatan paru-paru 
  • Berpeluang mengiritasi kulit 
  • Bisa mengiritasi mata 

Apabila bayi mu mempunyai kulit sensitif dan mudah terkena ruam, ada baiknya jangan menggunakan produk perawatan tubuh yang memiliki kandungan SLS. Beberapa bayi yang mempunyai keadaan kulit seperti psoriasis dan rosacea juga wajib menjauhi paparan SLS. 

Hal yang harus diketahui dan dampak negatifnya sangat bergantung dengan formulasi yang digunakan dalam produk tersebut. Produk yang memiliki kandungan SLS bisa saja terasa nyaman di kulit, namun belum pasti produk yang lainnya juga seperti itu. 

Harus diketahui pula, reputasi SLS yang buruk selama ini dikarena dari tahapan interaksi dan produksi dengan zat kimia yang lainnya, sehingga SLS sendiri dianggap menjadi karsinogen. Namun, tidak ada salahnya jika bayi mu mencoba perawatan tubuh tanpa kandungan SLS dalam seminggu, guna mengetahui perbedaan reaksi di kulitnya. 

Pada dasarnya, sulfat yang terkandung dalam produk perawatan tubuh ini tidak begitu dibutuhkan. Apabila bayi mu nyaman jika dimandikan tanpa busa, maka kamu bisa menggunakan produk tanpa SLS. 

Baca Juga: Resep Mpasi Untuk Bayi yang Susah Makan, Bunda Harus Tahu

Tips Merawat Kulit Bayi yang Baru Lahir 

Hal dasar yang harus kamu pahami untuk merawat kulit bayi, khususnya bayi yang baru saja lahir yaitu semakin sedikit, semakin bagus. Bayi sendiri tidak membutuhkan perawatan kulit yang terlalu rumit. Hal yang harus kamu ingat adalah jika kulit bayi yang baru dilahirkan sangat mungkin terlihat kering. 

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara merawat kulit bayi, seperti: 

  • Gunakan produk yang dibuat khusus untuk bayi 
  • Pastikan lihat kandungan bahan yang ada di label sabun mandi atau semua produk perawatan kulit yang lainnya 
  • Jangan menggunakan sabun yang mengandung anionic surfactant dan SLS
  • Ada baiknya bayi mandi menggunakan sabun yang mengandung extra moisturizer, cukup sebanyak satu kali dalam sehari saja memandikannya guna menjaga kulitnya tetap lembab 

Kulit bayi yang baru saja lahir memang mudah iritasi. Sejumlah bahan yang ada pada produk perawatan kulit bayi sangat mudah diserap kulit bayi yang sangat sensitif tersebut. Hal ini bisa menyebabkan iritasi jika kulit bayi kamu tidak cocok dengan beberapa kandungan bahan. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu memperhatikan dengan teliti label kandungan dalam produk perawatan kulitnya dan jangan menggunakan bahan yang bisa mengakibatkan bayi iritasi. 

Baca Juga: Ini Daftar Menu 4 Bintang MPASI 6 Bulan

Nah, itulah ulasan mengenai bahaya SLS pada bayi yang perlu kamu ketahui demi mencegah buah hati mu terkena ruam dan membuatnya tidak nyaman. Namun, bila si Kecil sudah mengalami iritasi sesudah memakai produk tersebut, ada baiknya langsung membawanya ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat. 

Jaga keluarga kamu dengan menggunakan produk perawatan rumah yang aman dan baik untuk keluarga dan keberlangsungan lingkungan seperti Astro Goods Home Care. Produk Astro Goods Home Care tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti SLS, paraben, dan formaldehyde sehingga aman untuk seluruh anggota keluarga. Belanja produk Astro Goods Home Care di aplikasi Astro sekarang!

Mau belanja produk Astro Goods Home Care? Klik foto produk di bawah untuk belanja produk Astro Goods Home Care di aplikasi Astro.

Arie Wahyu
Arie Wahyu