Kamu Harus Tahu, Ini Manfaat Whey Protein Untuk Diet

Kamu Harus Tahu, Ini Manfaat Whey Protein Untuk Diet

Tidak hanya bermanfaat untuk membentuk massa otot saja tetapi manfaat whey protein untuk diet juga bisa, lho! Seperti yang kita ketahui jika susu protein merupakan suplemen protein yang umumnya dikonsumsi oleh para atlet untuk mencukupi kebutuhan proteinnya. Protein shakes sendiri berasal dari whey, protein kasein dan kedelai. 

Ketiga bahan ini memiliki asam amino esensial guna mendukung proses metabolisme tubuh. Kandungan yang ada di protein shakes ini pun berperan untuk menstabilkan tekanan darah dan bisa menghasilkan beberapa protein lainnya. Tidak hanya dipakai untuk menambah massa otot, jenis susu ini juga mempunyai manfaat seperti berikut ini. 

Intip Sejuta Manfaat Susu Protein untuk Turunkan Berat Badan 

Saat ini protein shakes sangat populer untuk orang-orang yang ingin melakukan diet. Tidak heran jika banyak produsen protein shakes yang menawarkan produknya dengan klaim dapat membantu turunkan berat badan. Di bawah ini ada berbagai manfaat dari whey protein yang harus kamu ketahui. 

1. Mengurangi nafsu makan dan rasa lapar 

Alasan mengapa banyak orang yang meyakini jika susu protein bagus untuk diet yakni bisa mengurangi nafsu makan dan menahan rasa lapar. Karena, mencukupi kebutuhan protein termasuk cara untuk mendapatkan kedua hal tersebut. 

Berdasarkan sejumlah penelitian dari Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, dengan mengkonsumsi protein bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Oleh sebab itu, orang yang asupan proteinnya terpenuhi dengan sempurna maka mempunyai keinginan makan lebih rendah. 

Sebagian dari mereka pun bisa jadi memilih memperoleh kebutuhan zat gizi makro dari susu protein. 

2. Membantu kinerja metabolisme 

Tahukah kamu jika diet tinggi protein nyatanya bisa membantu kinerja metabolisme tubuh? Hal ini sudah dibuktikan lewat analisis dari jurnal Nutrition and Metabolism. Para ahli mengungkapkan jika diet tinggi protein bisa membantu meningkatkan metabolisme dengan cara seperti berikut: 

  • Menumbuhkan efek termal makanan. 
  • Meminimalisir sekresi hormon ghrelin. 

Sementara itu, untuk beberapa orang yang melakukan diet tinggi protein pun memasukkan protein shakes menjadi pengganti makanan. Hal tersebut bertujuan untuk menekan asupan kalori harian yang pastinya bisa membantu proses diet lebih cepat. 

3. Membakar lemak dalam perut 

Lemak di perut yang menjadikan kamu terlihat buncit sangat tidak enak dilihat, bukan? Tidak perlu khawatir sebab kamu dapat memanfaatkan whey protein untuk membuang lemak di dalam perut saat menjalani diet. 

Para ahli sudah sepakat jika diet tinggi protein bisa membantu tubuh untuk menghilangkan banyak lemak yang menumpuk, khususnya lemak perut. Temuan ini sudah diperlihatkan langsung lewat studi dari The Journal of Nutrition

Lalu, para peneliti tersebut juga mengungkapkan jika peserta yang diberi 56 gram tambahan protein whey setiap harinya mengalami penurunan berat badan sampai 2,3 kg. Meskipun begitu, mereka tidak sadar jika sudah mengubah menu makanannya selama 23 minggu. 

Harus kamu ingat jika membakar lemak perut bukan hanya dari susu protein saja, kamu pun harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga dan pola hidup sehat yang benar. 

4. Menghindari kenaikan berat badan sesudah berat menurun 

Kandungan protein yang sangat tinggi di protein shakes nyatanya dapat membantu menghalangi tubuh untuk menaikkan berat badan. Karena efek protein dimetabolisme, massa otot, nafsu makan, susu protein dapat melakukan hal ini. 

Berdasarkan studi dari Physiology & behavior, peserta yang memperoleh asupan protein tinggi akan mengalami banyak penurunan berat badan. Bahkan, mereka pun sukses menjaga berat badannya daripada peserta yang mendapatkan sedikit protein. Walaupun begitu, mencegah berat badan kembali naik sesudah berhasil diet baru dapat berhasil saat dibarengi dengan rutin berolahraga. 

5. Membangun massa otot 

Protein dikenal menjadi salah satu zat gizi yang mudah tercerna oleh tubuh. Faktanya, tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna protein shakes. Hal ini disebabkan kandungan protein whey di dalamnya memiliki kandungan nilai biologis sebanyak 104. 

Berikutnya, protein whey dikenal menjadi anabolik, yaitu bisa membantu menyokong massa otot. Pasalnya, bentuk yang lain dari protein ini bisa meningkatkan kadar asam amino yang digunakan dalam masa sintesis protein otot. 

Itulah mengapa, protein shakes banyak dikonsumsi selama, sebelum atau sesudah olahraga. Karena proses pencernaannya yang sangat cepat, kebutuhan akan protein harian demi otot dari susu protein juga bisa terpenuhi dengan mudah. 

Jika kamu ingin memilih susu protein untuk menurunkan berat badan, maka kamu bisa memilih protein shake yang tidak mengandung gula tambahan (dekstrin). Usahakan juga untuk tidak mengkonsumsi susu protein yang memiliki kandungan asam amino rantai bercabang. Sebab bentuk asam amino ini bisa membangun pertumbuhan otot sehingga dapat mendorong kenaikan berat badan. 

Kamu bisa mendapatkan susu protein ini hanya di Astro! Aplikasi Astro menawarkan lebih dari 3000 produk untuk berbagai kebutuhan. Kamu dapat mengunduhnya di App Store dan Play Store! Yuk, tunggu apalagi, buruan unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:

Manfaat Susu Protein untuk Diet Anda

Ini Manfaat Whey Protein sebagai Suplemen Olahraga

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu