Kamu Harus Tahu, Ini Manfaat Ngemil Untuk Tubuh

Siapa bilang jika kamu tidak diperbolehkan makan cemilan ketika diet? Faktanya, memakan camilan atau biasa dikenal dengan ngemil ini justru harus dilakukan setiap hari, baik saat diet atau tidak. Namun, ada sebagian hal yang harus diperhatikan supaya dapat memperoleh manfaat ngemil

Sebelum kamu mengetahui manfaat ngemil untuk tubuh, kamu harus mengetahui ngemil seperti apa yang sehat dan baik untuk kesehatan tubuh. Langsung saja kita lihat ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga: Rekomendasi Snack Kacang yang Enak Jadi Camilan Sehari-hari

Begini Ngemil yang Sehat 

Tidak sedikit orang yang menganggap jika ngemil menjadi salah satu kebiasaan buruk. Mereka merasa jika cemilan yang dikonsumsi dapat membuat naiknya berat badan secara tiba-tiba. 

Nyatanya, hal ini dapat saja terjadi jika kamu tidak memperhatikan cemilan yang akan dikonsumsi. Oleh karena itu, ada sejumlah faktor yang harus diperhatikan guna memperoleh manfaat dari kebiasaan ngemil sehat, seperti: 

  • Selalu baca dan perhatikan nilai gizi dalam label makanan 
  • Jangan mengkonsumsi makanan ringan yang bahan pokoknya adalah gula 
  • Untuk porsi cemilan harus disesuaikan dengan kebutuhan atau jangan berlebihan 
  • Pilih jenis cemilan sehat yang kalorinya dapat mencukupi tubuh 
  • Makan camilan yang kaya akan air dan serat serta rendah lemak 
  • Mengkonsumsi sayuran, buah dan makanan ringan yang terbuat dari gandum menjadi cemilannya 
  • Membatasi minuman dan makanan dengan kandungan gula tambahan di dalamnya 
  • Gabungan protein dengan karbohidrat supaya merasa kenyang yang cukup lama 

Beberapa hal tersebut setidaknya dapat membantu kamu membuat kebiasaan ngemil yang sehat sehingga tidak mengganggu saat diet dan tetap bagus untuk kesehatan tubuh mu. Dengan demikian, kamu bisa merasa kenyang cukup lama dengan cemilan sehat dan bergizi dan manfaat dari kebiasaan ngemil ini juga dapat diperoleh. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Camilan-camilan sehat dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

Berbagai Manfaat Ngemil bagi Tubuh 

Jika kamu dapat mengikuti aturan ngemil sehat, pastinya peluang guna memperoleh manfaat dari kebiasaan yang satu ini sangat besar. Di bawah ini sejumlah manfaat ngemil yang tidak bisa kamu lewatkan. 

1. Menekan rasa lapar 

Dengan mengkonsumsi cemilan sehat nyatanya dapat membantu tubuhmu untuk mengurangi rasa lapar. Sebab, ngemil menjadikan perut terisi sehingga nafsu makan yang harusnya terjadi karena perut kosong pun menjadi berkurang. 

Tidak hanya itu, mungkin kamu masih merasa kenyang sebab sudah memakan cemilan yang dikonsumsi sebelum makan. Hasilnya, kamu dapat mengatur porsi makanan sebab mengambil dalam porsi yang lebih sedikit. 

Baca Juga: Popcorn Sebagai Camilan Sehat dalam Program Diet

2. Menjaga gula darah 

Bukan hanya menekan rasa lapar, ternyata ngemil sehat memberikan manfaat yang sangat besar yaitu bisa menjaga gula darah dalam tubuh supaya tetap stabil. Cemilan bisa menghindari turunnya kadar gula darah yang melonjak saat waktu makan. 

Walaupun begitu, kamu harus mencari cemilan yang mempunyai kandungan protein dan serat yang cukup tinggi, seperti kombinasi timun dengan saus kacang. Jenis cemilan yang satu ini lambat untuk dicerna dan dapat menghindari ketidakseimbangan tingkat gula darah. 

3. Membantu mencukupi asupan nutrisi 

Tentu saja ngemil yang sehat membuat tubuh memperoleh zat gizi yang dibutuhkan. Misalnya, mengkonsumsi buah untuk cemilan bisa memberikan berbagai jenis mineral dan vitamin. Pastinya kebiasaan ini bermanfaat untuk kamu yang sedang melakukan program diet. 

Oleh sebab itu, usaha untuk mengkonsumsi buah dan cemilan sehat yang lainnya guna memperoleh zat gizi lebih banyak lagi. Bukan hanya bisa menurunkan berat badan, tetapi kamu juga mendapatkan manfaat tubuh yang lebih sehat dan bugar. 

4. Menekan perut keroncongan 

Perut keroncongan yang diakibatkan dari rasa lapar saat sedang sibuk pastinya akan mengganggu kamu. Pada dasarnya perut harus diisi setiap 4-5 jam sekali. Sistem pencernaan akan selalu bekerja walaupun tidak terdapat makanan yang masuk ke dalam tubuh sama sekali. 

Untungnya, manfaat ngemil sehat ini dapat mengakali perut keroncongan. Dengan ngemil bisa menjadikan perut mu selalu terisi sehingga tidak terdapat bunyi perut yang terlalu keras karena kelaparan. 

Oleh sebab itu, kamu dapat mengkonsumsi cemilan sehat di waktu-waktu tertentu, misalnya 1-2 jam sebelum makan siang dan makan malam. Hal ini membuat kamu juga akan mengurangi porsi saat makan karena perutmu masih kenyang. 

5. Memulihkan tubuh sesudah berolahraga 

Manfaat dari ngemil yang dapat diperoleh, khususnya untuk para atlet adalah memulihkan tubuh sesudah berolahraga. Mengkonsumsi cemilan sehat dapat membantu mengisi energi kembali yang ada dan bisa cepat memulihkan otot. 

Ngemil sesudah berolahraga yang disarankan adalah cemilan yang mengandung karbohidrat dan protein seperti keju dan apel. Kamu dapat memperoleh manfaat ini dengan sejumlah tips berikut: 

  • Ngemil 15-30 menit sesudah berolahraga 
  • Pilih jenis cemilan sehat dan bergizi, seperti selai kacang, pisang dan yogurt 
  • Sebelumnya siapkan makanan ringan supaya dapat mengurangi rasa lapar 

Itulah manfaat ngemil yang bisa kamu peroleh untuk kesehatan tubuh. Tetap pilih jenis cemilan yang sehat agar kamu dapat memperoleh manfaat dari ngemil sehat ini. Tidak perlu bingung untuk memilih cemilan sehat, karena kamu bisa mendapatkannya di Astro! 

Baca Juga: Ragam Jenis Pisang untuk Camilan atau Sajian Lezat, Cek Daftarnya di Sini!

Astro memiliki beberapa jenis cemilan sehat yang bisa kamu konsumsi tanpa perlu khawatir akan menaikan berat badanmu. Cemilan sehat tersebut diantaranya adalah Astro Goods Natural Sea Salt Ube Chips, Astro Goods Crunchy Balado Wonton Chips, Astro Goods Crunchy Jagung Bakar Wonton Chips dan Astro Goods Padang Style Keripik Singkong Balado

Yuk! Coba sekarang juga berbagai varian cemilan sehat dari Astro Snack yang dapat kamu beli melalui aplikasi Astro. Untuk kamu pengguna baru bisa dapatkan berbagai promo dari Astro. Langsung saja unduh aplikasi Astro di App Store atau Play Store sekarang juga!

Klik banner di bawah ini untuk belanja Astro Goods Snack!

Referensi:

5 Manfaat Ngemil untuk Kesehatan Tubuh Kita

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu