Kamu Harus Tahu, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Protein Hewani

Kamu Harus Tahu, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Protein Hewani

Kamu yang sangat mementingkan kesehatan tentu saja sudah tidak asing dengan makanan yang mengandung protein nabati dan hewani. Makanan yang bersumber dari protein hewani juga banyak jenisnya yang dapat membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein nabati dan hewani yang seimbang juga bisa memberikan gizi seimbang. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein hewani juga bisa membantu suatu pembangunan dan juga perbaikan pada jaringan tubuh.

Mungkin bagi beberapa orang atau bahkan kamu yang pernah menjalankan diet sehat dengan cara pola vegetarian saja atau sama sekali tidak mengkonsumsi daging secara langsung. Belum tentu tidak dapat mengkonsumsi beberapa makanan yang memiliki kandungan protein hewani. 

Perlu diketahui juga bahwa makanan yang mengandung protein hewani bukan hanya jenis  daging saja. Tentu saja ada jenis makanan protein hewani yang lain, dan bisa menjadi alternatif pilihan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani.

Bisa dibilang ada beberapa jenis makanan yang ada kandungan protein hewani yakni makanan yang terbuat dari susu, telur dan sejenisnya yang dapat dikonsumsi. 

Baca Juga: Resep Protein Shake Sederhana yang Lezat dan Sehat

Keunggulan Protein Hewani

Seperti yang telah kamu ketahui, makanan yang mengandung protein hewani merupakan protein yang terkandung atau bersumber dari hewan. Terdapat jenis daging ruminansia, seperti contohnya adalah daging sapi, ada daging rusa dan juga ada daging kambing.

Selanjutnya juga terdapat jenis daging unggas yakni contohnya daging ayam atau daging bebek, ada juga jenis makanan laut atau hewan dari laut, dan ada juga yang bersumber dari hewan berupa telur dan juga susu-susu.

Protein hewani memiliki keunggulan berupa asam amino esensial yang kompleks jika kamu bandingkan dengan makanan yang mengandung protein nabati. Kandungan protein hewani juga terdapat adanya vitamin B12, lalu ada juga vitamin D dan ada zat besi serta asam lemak omega 3. 

Kendati demikian, akan lebih baik jika kamu tidak mengkonsumsi makanan dengan protein hewani dengan takaran yang terlalu lebih. Khususnya saat mengkonsumsi daging merah sebaiknya kamu tidak terlalu banyak mengkonsumsinya.

Alasannya, akan mendapati risiko kanker, diabetes, penyakit jantung, tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan kamu di masa depan.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Makanan Berprotein Tinggi kamu di ASTRO!

Pilihan Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak Untuk Diet

Sumber Protein Hewani

Berikut dibawah ini terdapat beberapa ulasan mengenai makanan yang bersumber dari protein hewani yang baik untuk membantu kesehatan kamu. Simak yuk!

1. Daging Tidak Ada Lemak

Tentu saja lemak memiliki dampak yang kurang baik pada kesehatan kamu di masa depan. Maka dari itu, kamu harus memastikan saat mengkonsumsi daging dengan tidak disertai lemaknya. 

Sumber protein hewani yang satu ini memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit. Bahkan sangat kaya akan kandungan vitamin B12, mineral, niasin, dan ada juga kandungan selenium. Selain itu, massa otot dan metabolisme akan meningkat dan juga tulang kamu akan menjadi lebih kuat dan padat.

Akan lebih baik apabila kamu mengkonsumsi daging yang masih fresh. Tidak sampai situ saja, proses pengolahan daging tanpa lemak juga harus dengan cara baik dan benar agar nutrisi di dalamnya masih tetap terjaga.

2. Jenis Ikan

Kedua, ada ikan-ikan dan juga telur ikan yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein hewani. Ikan sudah dikenal memiliki nutrisi dan gizi yang baik maka, sangat aman untuk dikonsumsi rutin. Bisa kamu sesuaikan dengan selera, bisa juga mengkonsumsi ikan laut atau bisa juga ikan jenis air tawar.

Terdapat vitamin-vitamin dalam ikan yakni asam lemak yang tidak jenuh, ada juga asam lemak omega 3, mineral dan juga beberapa vitamin lainnya seperti contohnya kandungan vitamin A, vitamin D, lalu ada juga vitamin B6, dan juga B12 yang sangat kaya. Bahkan, pada umumnya ketika seseorang mengkonsumsi ikan sangat dipercaya bisa menguatkan tulang.

Juga bisa membantu dalam pengurangan adanya risiko penyakit pernapasan asma, dan sangat baik dalam menunjang masa pertumbuhan anak supaya mengurangi risiko diabetes anak. Bisa juga mengurangi berapa risiko penyakit lain seperti penyakit jantung dan pembuluh darah (penyakit kardiovaskular).

3. Jenis Susu : Keju, Yogurt, Susu

Makanan yang bersumber atau terbuat dari bahan susu juga baik untuk memenuhi kebutuhan protein hewani. Susu juga sudah dikenal dalam lingkungan masyarakat dengan kaya akan vitamin dan kalsiumnya.

Perlu diketahui bahwa susu, yogurt dan keju memiliki kandungan kalsium yang tinggi, ada juga kandungan vitamin D, lalu ada juga sumber protein yang baik untuk tulang. Namun, kamu harus lebih cermat, sebab jika hendak mengkonsumsi susu, akan lebih baik jika kamu memastikan susu itu sudah diberi tanda atau label berupa “Low Fat” yang artinya rendah lemak, juga ketahui dalam bagian “komposisi” dan “Informasi gizi” dalam kemasan susu demi keamanan nutrisi.

Selain menjaga kesehatan tulang, susu juga bisa membantu dalam menjaga kesehatan gigi yang kokoh dan juga mampu mencegah adanya osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

Baca Juga: Daftar Sayuran Tinggi Protein, Cocok Untuk Jadi Alternatif Daging!

4. Telur

Mungkin telur sering menjadi makanan darurat kamu, tetapi telur juga memiliki kandungan yang bersumber dari protein hewani. Bahkan telur adalah makanan dengan protein hewani terbaik. Khususnya kandungan yang terdapat pada putih telur sangatlah baik jika dibandingkan telur yang bagian kuningnya. Putih telur juga dipercaya baik untuk menjaga kesehatan tulang, bahkan dipercaya bisa membantu menyatukan tulang yang sedang retak.

Demikian beberapa ulasan mengenai makanan-makanan yang memiliki kandungan protein hewani yang perlu kamu ketahui beserta dengan keunggulannya. Untuk menunjang kesehatan, selain pola hidup sehat tentu saja harus rutin mengkonsumsi makanan yang sehat dan segar. Maka dari itu kamu bisa juga membeli produk bahan makanan di toko-toko yang terpercaya.

Demi memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang seimbang, maka kamu tidak boleh melewatkan makanan yang mengandung protein hewani. Minimal konsumsilah kurang lebih 2 sampai 3 porsi untuk setiap harinya. Juga kamu harus selalu menjaga kesemimbangan yang pokok, juga imbangi dengan mengkonsumsi sayur dan buah.

Kamu yang sedang membutuhkan susu, daging ayam, daging sapi dan bahan makanan lainnya seperti telur ayam, telur bebek, bahkan jika kamu sedang membutuhkan bahan makanan lainnya, kamu bisa juga belanja di Astro. Astro siap melayani kamu selama 24 jam tanpa henti. Yuk, download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store! Astro akan membantu segala kebutuhan sayur yang masih segar dan terjamin kualitasnya, harga terjangkau. Siap antar pesanan dalam waktu singkat!

Arie Wahyu
Arie Wahyu