Jenis Olahraga yang Menghilangkan Bungkuk

Jenis Olahraga yang Menghilangkan Bungkuk

Bungkuk merupakan kondisi dimana seseorang mulai mengalami masalah pada bagian tulang punggung, sehingga bentuk tubuhnya tidak bisa tegak lantaran masalah tersebut, tentu saja bungkuk merupakan masalah kesehatan yang sangat tidak baik bagi setiap orang.

Kamu jangan khawatir lagi dengan ancaman kebungkukkan tubuh, karena ternyata ada beberapa jenis olahraga yang dapat menghilangkan bungkuk, apakah kamu sudah tahu? Jadi, bagi kamu atau keluargamu yang mengalami kebungkukkan, maka sebaiknya lakukan beberapa gerakan olahraga berikut ini.

Gerakan Olahraga yang Menghilangkan Bungkuk

Banyak orang yang putus asa dengan kebungkukkan, mengembalikan postur tubuh seperti semula mungkin terdengar sulit bagi mereka yang mengalami gejala-gejala kebungkukkan, namun ternyata apabila kamu tahu cara mengatasinya, kamu tidak usah khawatir.

Ada beberapa gerakan dalam jenis olahraga tertentu yang akan membantu menghilangkan bungkuk di tubuhmu. Kamu harus melakukan gerakan-gerakan itu secara rutin, sehingga postur tubuhmu akan mengalami perbaikan dan bungkuk yang kamu alami akan hilang sedikit demi sedikit.

Siapa yang tidak ingin memiliki postur tubuh yang normal dan sehat? Apabila kamu termasuk orang yang menginginkannya, maka berikut ini beberapa gerakan olahraga yang menghilangkan bungkuk.

1. Gerakan olahraga lipat tubuh ke depan

Gerakan ini biasanya dilakukan orang-orang untuk pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga yang berat, mungkin kamu juga sering melakukan gerakan ini tanpa kamu sadari. Gerakan ini membuat tulang punggungmu tertarik dan memanjang, serta membantumu untuk melakukan peregangan tulang-tulang penting.

Posisi yang harus kamu ambil adalah berdiri tegak, kemudian ujung jempol kaki dibuat bersentuhan antara keduanya, akan tetapi tumit sedikit dipisahkan satu sama lain, setelah itu gerakkan tubuh ke bawah, tepatnya ke arah lantai sambil menjulurkan tangan.

Upayakan tanganmu mampu menyentuh lantai, namun apabila tidak bisa, maka jangan dipaksakan. Cukup julurkan tangan ke arah bawah semampu kamu menggapai, namun upayakan jangkauan yang maksimal. Pastikan kamu menahan posisi gerakan tersebut selama beberapa detik dan berulang kali.

2. Melipat dada ke belakang

Pada gerakan nomor satu tadi kamu melipat tubuh ke depan, tepatnya ke arah lantai, maka pada gerakan yang satu ini justru sebaliknya. Gerakan ini akan membuat dadamu menjadi lebih baik, selain itu juga berpengaruh terhadap kesehatan tulang bagian belakang atau tulang punggungmu.

Gerakan ini juga cocok dan tepat kamu pilih apabila kegiatanmu selalu duduk setiap harinya, posisi duduk akan membuat tulang-tulang di bagian dada kamu masuk ke dalam atau ke belakang, sedangkan gerakan ini akan membuatnya berlawanan, sehingga dapat memperbaiki kondisi tulangmu.

Begitupun tulang punggung kamu akan membaik dan tidak mengalami kebungkukkan. Bagaimana caranya? Kamu harus berdiri tegak, namun kedua kaki agak direnggangkan, jangan berlebihan dalam merenggangkannya. Kemudian, silahkan tarik tangan ke bagian belakang, atur posisi tangan saling mencengkram.

Setelah itu tarik tubuhmu ke arah belakang, usahakan kamu menariknya secara maksimal, sehingga tubuhmu seolah rukuk ke arah berlawanan. Akan tetapi jangan kamu paksakan, jangkau posisi sampai jangkauan yang kamu mampu, namun upayakan semaksimal mungkin. Tahan posisi seperti itu sekitar 10 sampai 20 detik, kemudian lakukan secara berulang.

3. Gerakan olahraga di lantai

Gerakan yang ketiga ini dapat kamu lakukan dengan sederhana, kamu tinggal berbaring dengan posisi tengkurap di lantai. Gerakan ini membantu mengurangi kebungkukkan yang kamu alami, karena mampu menarik tulang punggung atau tulang belakang ke arah depan.

Untuk melakukan gerakan ini, kamu harus berbaring di atas lantai dengan posisi tengkurap, kemudian tangan diulurkan ke arah depan. Pastikan dagumu menempel dengan lantai, kemudian arahkan pandanganmu fokus ke lantai. Sedikit tekan punggungmu apabila sudah mengalami kebungkukkan.

Akan tetapi jangan dilakukan secara berlebihan, apabila tubuhmu mulai sakit ketika punggungnya ditarik, hentikan beberapa saat, lalu lakukan kembali dengan sangat perlahan. Pastikan kamu melakukannya dengan aman, rutin dan berulang kali setiap harinya.

4. Gerakan tarik lutut

Gerakan selanjutnya yang dapat kamu pilih untuk mengatasi bungkuk adalah tarik lutut, gerakan ini mampu membuat tulang punggung bagian belakang kamu lebih terjaga dan akan membaik sedikit demi sedikit bila kamu sudah mengalami kebungkukkan, gerakan ini juga mudah kamu lakukan di mana saja.

Untuk melakukannya, kamu tinggal lakukan gerakan seperti hendak push up, kemudian tahan tangan untuk menjadi tumpuan, tarik lutut perlahan ke arah depan, lakukan berulang kali, namun jangan berlebihan apabila tubuhmu memang sudah bungkuk. 

Demikian penjelasan tentang gerakan olahraga yang menghilangkan bungkuk, kamu bisa melakukannya setiap hari dan berulang kali, sehingga bungkuk yang kamu alami akan sembuh dengan baik seiring berjalannya waktu. Apabila diperlukan maka kamu bisa membeli suplemen atau vitamin untuk kesehatan tulang.

Selain itu kamu juga bisa menjaga kesehatan dengan konsumsi aneka sayur dan buah yang baik untuk kesehatan tulang. Untuk kamu yang memerlukannya, kamu bisa belanja praktis secara online dengan aplikasi Astro. Belanja di aplikasi Astro nggak perlu tunggu lama, pesanan kamu akan diantar dalam hitungan menit saja sampai depan rumah kamu. Langsung aja cek aplikasi Astro kamu untuk dapatkan produk-produk terbaiknya. Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

6 Olahraga Untuk Memperbaiki Postur Badan Bungkuk

5 Macam Gerakan Latihan Olahraga untuk Memperbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *