Jenis Olahraga Untuk Kesehatan dan Sendi

Jenis Olahraga Untuk Kesehatan dan Sendi

Menjaga kesehatan tulang dan sendi sangat penting, supaya kamu dapat bergerak secara lincah dan aktif, tanpa ragu karena ada masalah nyeri pada persendian. Tidak hanya memenuhi nutrisi yang diperlukan sendi dan tulang, olahraga untuk kesehatan dan sendi ini juga memiliki banyak manfaat. 

Bukan hanya menjadi penyokong tubuh, tulang pun mempunyai peran yang sangat penting untuk menggerakan tubuhmu. Sementara sendi membantu supaya tulang bisa digerakan dengan lentur. Tetapi, saat kamu menginjak umur 30 tahun, massa tulang dapat berkurang perlahan-lahan dan mudah mengalami masalah sendi. 

Nah, aktif bergerak dan rutin melakukan olahraga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan sendi mu. Lalu, apa saja olahraga yang dapat menyehatkan tubuh dan sendi? 

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Ini Olahraga yang Cocok untuk Kesehatan dan Sendi

Di bawah ini ada beberapa macam olahraga dan manfaatnya untuk kesehatan dan sendi yang bisa kamu lakukan dengan mudah. 

1. Bulu tangkis 

Olahraga ini hampir semuanya mengandalkan lengan dan tangan untuk menggerakan bolanya. Ayunan raket pada olahraga bulu tangkis sudah terbukti bisa memperkuat genggaman tangan dan otot lengan. 

Bukan hanya itu, hasil penelitian yang dirilis dalam jurnal Medicine (2019) mendapati jika manfaat olahraga bulu tangkis ini bisa meningkatkan keseimbangkan ketika bergerak, berdiri dan diam dengan mata yang tertutup. 

Badminton pun bisa meningkatkan kelincahan tubuh sebab bisa mengubah gerakan secara cepat. Sebab harus fokus dengan arah bola kok nya, badminton juga bisa meningkatkan koordinasi tangan dan mata. 

Untuk hal ini, kamu harus memperhatikan arah bola bergerak dengan benar supaya dapat ditangkis oleh raket. Tangan dan mata juga bekerja secara maksimal pada satu waktu yang bersamaan. 

2. Sepak bola 

Jenis olahraga sepak bola ini berfokus ke gerakan otot tubuh di bagian bawah, khususnya betis dan kaki. Dikutip dari studi yang dirilis oleh Journal of Sport and Health Science (2018), sepak bola bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam menjaga keseimbangan. Manfaat dapat diperoleh sesudah 8 minggu rajin bermain bola setiap hari.

Fungsi kekuatan otot, sendi dan tulang pada betis bagian bawah bisa mengingkat sesudah rajin bermain sepak bola. Ketika bermain bola semalam satu babak, detak jantung dapat mencapai 85% detak jantung maksimal mu.

Jumlah tersebut telah sesuai seperti target  dekat jantung olahraga yaitu 64% sampai 94% yang dapat membuat jantung lebih sehat. Tidak hanya itu, sepak bola juga sudah terbukti dapat mengurangi lemak tubuh dan membangun massa otot tanpa lemak. 

Dengan bermain sepak bola selama satu babak dapat membakar 447 kalori. Hal ini pastinya juga bermanfaat untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan. 

3. Basket 

Basket bisa meningkatkan koordinasi gerak, kelenturan tubuh, kekuatan dan kecepatan. Selain itu, basket pun bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tetap selalu bugar walaupun sedang melakukan kegiatan harian yang sangat padat. 

Keseluruhan manfaat yang satu ini bisa memperbaiki kualitas gerakan tubuh, misalnya melempar, melompat, berlari dan berjalan. Bukan hanya bisa melatih otot tubuh bagian bawah, olahraga basket pun bisa membangun kepadatan mineral tulang, khususnya untuk remaja dan anak-anak. 

Ini sebab basket mengharuskanmu untuk berhenti secara cepat, bergerak lincah, berlari dan melompat. Variasi gerakan ini dapat membantu memperkuat tulang dan sendi. 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

4. Voli 

Bola voli adalah sebuah jenis olahraga pliometrik atau olahraga yang mengharuskan tubuh untuk melompat tinggi, bergerak cepat dan mengeluarkan tenaga guna menghalau dan memukul bola. 

Latihan pliometrik pada olahraga voli membutuhkan gerakan koordinasi yang bagus antara kedua kaki. Bila rajin berlatih, voli bermanfaat untuk membantu kemampuan gerak dan kekuatan otot kaki, khususnya betis. 

Rajin berolahraga voli pun terbukti bagus untuk kesehatan jantung dan sendi. Jenis olahraga ini dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat. Volis bisa meningkatkan volume oksigen yang menyebar pada sel-sel dalam tubuh. 

Untuk jangka yang panjang, hal tersebut bermanfaat untuk kesehatan jantung secara menyeluruh. Tentunya kamu bisa melakukan olahraga ini jika ingin jantung dan sendi mu tetap sehat. 

5. Bersepeda 

Seperti yang kita tahu jika bersepeda ini berfokus pada gerakan betis guna mengayuh. Tidak heran bila bersepeda cocok menjadi pilihan olahraga guna memperkuat otot dan sendi.  

Jenis olahraga ini tidak memberikan tekanan yang kuat pada sendi. Sehingga kamu tidak mudah cedera saat bersepeda. Ketika bersepeda, kamu juga bisa melatih keseimbangan. Untuk hal tersebut, otot perut otomatis akan mengencang guna memastikan keadaan tubuh tetap stabil ketika mengayuh. 

Kamu mungkin tidak menyadarinya, manfaat dari bersepeda ini dapat kamu rasakan saat berjalan. Kamu menjadi tidak mudah terjatuh, tersandung dan goyah. Sebab bersepeda mengandalkan otot kaki dan perut, perlahan-lahan kekuatan otot pada bagian tubuh ini juga bisa bertambah. 

6. Tenis

Olahraga tenis mirip seperti bulu tangkis sebab memakai raket dan bola serta dilakukan di dalam lapangan. Yang berbeda hanya lah bentuk raket dan bola nya saja. Berolahraga tenis mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh dan sendi mu. 

Bermain tenis bisa menurunkan jumlah lemak yang ada di dalam tubuh. Kamu dapat membakar lemak sampai 919 kalori jika bermain tenis selama 90 menit. Lalu, gerakan tenis dapat membangun kepadatan tulang lengan, leher dan punggung bawah. 
Itulah berbagai jenis olahraga untuk kesehatan tulang dan sendi yang bisa kamu coba mulai sekarang. Dengan rajin berolahraga, bukan hanya bisa menyehatkan tulang dan sendi saja, tetapi tubuhmu akan mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat sehingga tidak mudah terserang oleh penyakit.

Baca Juga: 8 Manfaat Olahraga Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store untuk dapatkan berbagai produk kebutuhan harian berkualitas! Mulai hidup sehat bersama Astro!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu