Jenis-Jenis Coklat yang Ada di Dunia

Tidak bisa dipungkiri bahwa sudah mendekati hari valentine semakin banyak pasangan yang menyiapkan hadiah-hadiah romantis untuk pasangan masing-masing. Termasuk memberikan coklat, ada begitu banyak coklat yang ada di dunia yang bisa jadi pilihan dalam memberikan hadiah valentine.

Terlepas dari hal tersebut, ternyata ada beberapa jenis-jenis coklat yang ada di dunia yang juga menyimpan manfaat. Maka, berikut ini beberapa jenis coklat yang ada di dunia yang harus kamu ketahui, simak yuk!

Baca Juga: Jawaban dari Apakah Es Krim Bisa Mengembalikan Mood 

Jenis-jenis Coklat yang ada di dunia, yang harus kamu tahu

1. Coklat hitam

Jenis coklat yang ada di dunia paling populer salah satunya adalah coklat hitam yang  ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi coklat hitam maka bisa bantu kamu dalam  mencegah penyakit -penyakit, bisa bantu kurangi rasa stres, dan juga bantu turunkan tekanan darah yang bisa menyebabkan stroke.

Jika masih ragu mengkonsumsinya maka bisa campurkan coklat hitam yang masih murni pada kacang, susu, dan tambahan yang lainnya.

Tidak jarang juga yang beranggapan bahwa coklat hitam bisa bagus untuk metabolisme pada tubuh. Sebab, bisa bantu memberikan energi dan juga cocok dikonsumsi saat sedang diet, tanpa adanya efek samping gula yang terlalu berlebihan dibanding dengan jenis coklat lainnya.

2. Coklat putih

Ternyata ada coklat putih yang masuk dalam jenis coklat, namun sebagaimana yang sudah kamu ketahui bahwa coklat adalah buah dari kakao. Sedangkan coklat putih sendiri tidak sepenuhnya memiliki kandungan kakao yang masih utuh. 

Pada umumnya, coklat putih terdapat kandungan yang disebut gula, dan rasa dari coklat yang satu ini jadi lebih manis. Berbeda dengan coklat hitam yang cenderung pahit yang memang memiliki rasa pada buah kakao itu sendiri.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Coklat dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

3. Coklat susu

Selanjutnya adalah coklat susu yang merupakan jenis dari coklat yang berasal dari bahan baku pasta coklat dan juga lemak pada coklat yang diberi tambahan susu. Pada umumnya, jenis dari coklat yang satu ini mempunyai kandungan kakao yakni sekitar 30% hingga 40% banyaknya.

Selain itu, tidak hanya susu saja sebagai tambahan namun ada juga tambahan berupa minyak nabati, dan juga ada vanila. Maka dari itu tidak heran jika saja rasa yang ada pada jenis coklat susu lebih pada rasa yang manis dan lebih lezat dibandingkan dengan jenis yang lain.

4. Gianduja coklat

Mungkin masih banyak yang tidak tahu jenis coklat yang satu ini. Namun, jenis coklat ini memiliki rasa yang lezat dan cocok dikonsumsi karena campuran dengan kacang hazel. 

Bahkan sudah banyak juga orang yang menambah coklat ini dengan susu agar semakin nikmat rasanya. Tidak itu saja, adapun yang bisa ditambahkan dengan kacang almond yang tidak kalah enaknya dan jika sudah dipadukan akan ada tekstur coklat yang jadi krim.

5. Coklat compound

Jenis coklat yang satu ini akan jadi familiar bagi kamu yang memang suka memasak dan membuat kue dengan rasa coklat. Karena banyak yang memasak dan membuat kue menggunakan coklat jenis compound.

Pada umumnya, coklat yang satu ini memiliki bentuk batangan dan juga nantinya akan ada proses dilelehkan sebelum membuat kue dengan rasa dan tambahan coklat.

6. Kakao bubuk

Kakao bubuk sendiri adalah salah satu jenis coklat yang dibuat dari ampas biji coklat yang sudah dipisah dengan lemak pada coklat. Setelah itu, maka dilanjutkan pada proses pengeringan dan lanjutkan pada penggilingan sampai halus seperti bentuk bubuk.

Serbuk kakao tersebut dapat menjadi bahan yang akan jadi bahan masakan. Banyak juga yang membuat minuman dengan bubuk coklat seperti hot chocolate dan diberikan gula sedikit sesuai dengan selera masing-masing. 

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Es Krim dan Gelato: Tekstur, Rasa, dan Asal Muasalnya

7. Coklat pasta

Selanjutnya adalah coklat jenis pasta yang merupakan hasil dari campuran pada coklat yang masih murni tanpa adanya campuran dengan mentega. Jika sudah dimasak maka akan memberikan hasil yang kental dan rasanya juga lebih pahit sebab tidak ada kandungan gula di dalamnya.

Pada umumnya, coklat pasta akan diberikan tambahan berupa vanila, kayu manis, dan juga ada gula supaya bisa menambah rasa nikmat.Demikian jenis-jenis coklat yang ada di dunia yang harus kamu tahu. Ada begitu banyak jenis coklat yang bisa kamu jadi pilihan yang bagus untuk dikonsumsi dan juga untuk kado di hari valentine. Namun, bisa kamu jadikan pilihan terbaik untuk diberikan pada pasangan atau konsumsi sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Selain dinikmati secara langsung, coklat juga dapat diolah menjadi berbagai menu makanan dan minuman lezat. Tertarik mencoba minuman coklat dengan berbagai varian rasa lezat? Yuk, cobain produk minuman coklat terbaru dari Astro Goods! Astro Goods menghadirkan varian minuman coklat terbaru, dengan pilihan varian rasa seperti:

Yuk, coba pesan minuman coklat dari Astro Goods di aplikasi Astro sekarang!

Klik banner di bawah ini untuk langsung belanja produk minuman coklat dari Astro Goods di aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu