Jenis Buah yang Bagus Untuk Bayi, Penuh Gizi

Jenis Buah yang Bagus Untuk Bayi, Penuh Gizi

Bayi yang masih dalam proses belajar hingga nantinya dapat makan dengan lancar. Tetapi, masalahnya, tidak bisa sembarangan makanan kamu diberikan kepada si kecil. Karena mereka masih belum bisa menelan dan mencerna makanan yang bersifat keras. 

Nah, ada beberapa jenis buah yang bagus untuk bayi dan bisa kamu berikan untuk asupan nutrisi hariannya. Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Baca Juga: Jenis Makanan Selingan Bayi yang Aman dan Bergizi

Pilihan Buah untuk Si Kecil 

Untuk membantu kamu memilih buah yang bagus untuk bayi, berikut ada beberapa buah yang bagus dan dapat menjadi pilihan. 

1. Apel 

Apel sudah terkenal kaya akan gizi seperti mineral, vitamin A, vitamin C, magnesium, kalsium, fosfor dan kalium yang sangat bagus untuk pertumbuhan bayi. Apel tidak hanya mudah dicerna, tetapi juga tidak mengakibatkan alergi pada bayi. Kamu bisa memberikannya kepada si kecil pada bulan ke-6 ketika mulai belajar mpasi. 

Berdasarkan dari data Komposisi Pangan Indonesia dari Kemenkes RI, untuk 100 gr buah apel memiliki 58 kalori, 0,4 gr lemak, 0,3 gr protein dan 14,9 karbohidrat. Selain itu, ada pula 5 mg vitamin C, 130 mg kalium, 0,3 mg besi, 6 mg kalsium dan 2,6 serat. 

2. Pisang 

Sebenarnya kamu dapat memperkenalkan manfaat dari buah ini kepada bayi saat berumur 4 bulan. Namun, idealnya umur yang disarankan untuk memulai mengkonsumsi makanan padat yaitu di usia 6 bulan. 

Pisang adalah buah yang baik untuk bayi dan kerap kali dijadikan mpasi. Karena, buah ini mempunyai tekstur yang halus dan lembut, sehingga tidak menyusahkan bayi untuk mengunyah dan mencernanya. 

Tidak hanya itu, pisang juga mudah kamu dapatkan dengan harga yang mudah. Kamu dapat memilih pisang susu, pisang emas atau pisang ambon. Yang penting adalah pilihlah pisang yang matang bila ingin kamu berikan kepada si buah hati. 

Baca Juga: Ini Menu Mpasi Untuk Bayi Alergi Susu Sapi, Bunda Harus Tahu

3. Alpukat 

Buah selanjutnya yang baik dan disarankan untuk bayi yaitu alpukat. Buah ini merupakan sumber vitamin E dan lemak tak jenuh. Selain itu, alpukat mempunyai tekstur yang empuk sehingga cocok untuk dijadikan menjadi makanan pendamping ASI. 

Untuk 100 gr alpukat mengandung 13 mg vitamin C, 278 mg kalium, 0,9 mg besi, 10 mg kalsium, lemak 6,5 gram, protein 0,9 gr, karbohidrat 7,7 gr dan 85 gr kalori energi. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan buah-buahan segar dan sehat untuk bayi kamu di ASTRO!

4. Kiwi

Buah kiwi mengandung banyak vitamin A dan C. Tetapi, sifat asamnya terkadang dapat mengakibatkan ruam mulut dan ruam popok pada bayi. Oleh sebab itu, kamu tetap waspada untuk melihat adanya gejala alergi saat kamu memberikannya pada si kecil untuk pertama kalinya. 

Gizi yang terkandung dalam buah kiwi seperti vitamin C 64 mg, kalsium 23,5 mg, kalium 215 mg, serat 2,1 gr, karbohidrat 10,1 gr, dan kalori energi sebanyak 42,1 gr. 

5. Pepaya 

Manfaat dari pepaya tidak hanya lezat dan mani saja tetapi kaya akan vitamin A, C, E, serat dan folat. Kandungan enzim papain dan serat yang ada di buah satu ini sangat bagus untuk sistem pencernaan bayi. Itulah sebabnya masyarakat banyak menjadikan pepaya sebagai obat guna menyembuhkan masalah sembelit. 

Setiap kali kamu memberikan pepaya dengan jumlah 100 gr, maka si kecil akan mendapatkan serat 1,6 gr, lemak 0,1 gr, protein 0,5 gr, karbohidrat 12,2 gr, dan kalori 46 gr. Tidak hanya itu, kandungan mineral dan vitamin di buah pepaya pun mencakup 78 mg vitamin c, 221 mg kalium, 1,7 mg besi dan 23 mg kalsium. 

6. Jambu Biji 

Salah satu manfaat dari jambu biji adalah mengandung banyak vitamin C. Itulah sebabnya jambu biji kerap kali diandalkan guna membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Serat makanan pada buah ini pun dapat membantu meningkatkan proses pencernaan bayi. 

Sama dengan berbagai jenis buah lainnya, jambu biji pun kaya akan zat besi. Pada 100 gr buah ini mengandung 87 mg vitamin C, 52,8 mg kalium, 1,1 mg zat besi, 14 mg kalsium, 2,4 gr serat, 0,3 gr lemak, 0,9 gr protein, 12,2 gr karbohidrat, dan 49 kalori energi. 

Manfaat Buah untuk Bayi 

Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan nya sejak dini dan juga memenuhi kebutuhan gizinya, makanan yang diberikan kepada di kecil perlu terdiri akan berbagai zat besi. Tidak hanya asupan protein, karbohidrat dan lemak saja, zat gizi lainnya pun sangat penting untuk bayi seperti asupan vitamin, mineral dan serat untuk bayi. 

Kamu dapat membantu memenuhi kebutuhan serat, mineral dan vitaminnya dengan memberikan buah-buahan yang murni. Selain mudah disajikan, buah juga kaya akan gizi dan mempunyai rasa yang lezat. Uniknya juga, tekstur buah yang empuk dan lembut bisa membantu bayi untuk belajar makan, mengunyah dan menggenggam makanannya sendiri. 

Bahkan, dikutip dari situs Better Health Channel, makan buah-buahan bisa membantu mengurangi resiko terkena berbagai penyakit. Hal tersebut sebab kandungan mineral dan vitamin pada buah membantu menguatkan imun dan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, tingginya kandungan serat pada buah juga bisa melancarkan proses pencernaan sehingga bayi terhindar dari sembelit. 

Nah, itu tadi beberapa jenis buah yang bagus untuk bayi dan bisa kamu coba berikan mulai saat ini untuk makanan pendamping ASI. Berikan si kecil buah-buahan yang lembut agar mudah menelan dan tidak tersedak saat makan.

Pastikan juga kamu menyajikan buah-buahan berkualitas yang segar supaya kandungan nutrisi dari buah tetap terjaga. Kamu bisa andalkan Astro untuk belanja buah-buahan segar dari rumah. Astro siap bantu penuhi kebutuhan nutrisi si kecil selama 24 jam penuh! Yuk pesan sekarang di aplikasi Astro!

Baca Juga: Ini Manfaat Oatmeal Untuk Bayi yang Penuh Nutrisi

Arie Wahyu
Arie Wahyu