Jangan Sampai Salah, Ini Cara Melakukan Diet Atkins yang benar 

Jangan Sampai Salah, Ini Cara Melakukan Diet Atkins yang benar 

Cara melakukan diet atkins harus dilakukan dengan benar, diet atkins pertama kali diperkenalkan oleh salah satu dokter spesialis jantung yaitu Robert Atkins di tahun 1972. Diet yang satu ini berusaha untuk mengendalikan asupan karbohidrat dan juga lebih banyak mengkonsumsi protein bebas lemak, sayuran kaya akan serat dan lemak sehat menjadi gantinya. 

Namun, efektivitas diet atkins guna menurunkan dan mempertahankan bobot tubuh masih belum ada dukungan dari penelitian yang kuat. Untuk itu, jika kamu ingin melakukan diet atkins, kamu harus melakukannya dengan sangat benar. Cara diet atkins yang bisa kamu terapkan seperti berikut. 

Baca Juga: Mengenal Cara Diet Debm yang Baik dan Benar

Berikut Cara Diet Atkins 

Ada beberapa fase yang harus kamu lalui jika ingin menerapkan diet atkins. Mari lihat semua fase yang akan kamu lewati berikut ini. 

Fase 1 

Kamu harus mengkonsumsi karbohidrat kurang dari 20 gram setiap harinya selama 2 minggu. Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak, protein dan sayuran rendah karbohidrat seperti sayuran hijau. Ini merupakan fase dimulainya proses menurunkan berat badan. 

Fase 2 

Perlahan-lahan lebih banyak mengkonsumsi kacang, sedikit buah dan sayuran rendah karbohidrat. Kamu bisa sesuaikan dengan buah, sayur dan kacang yang disukai. 

Fase 3 

Ketika kamu telah mendekat dengan berat badan ideal, kamu bisa menambahkan karbohidrat yang banyak pada makanan yang dikonsumsi hingga proses penurunan berat badan berjalan lambat. 

Fase 4 

Pada fase terakhir ini kamu mulai bisa mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang sehat sebanyak yang bisa ditoleransi oleh tubuhmu yang penting tidak membuat berat badanmu bertambah. 

Manfaat dari Diet Atkins 

Untuk mendapatkan energi, tubuh membakar karbohidrat dan lemak. Diet atkins menganggap bila mengurangi karbohidrat bisa menjadikan proses pembakaran sangat efektif. Karena tubuh lebih mengutamakan pembakaran lemak menjadi sumber energi. Hal inilah yang bisa membantu penurunan berat badan. 

Tidak hanya menurunkan berat badan saja, diet yang satu ini pun diduga bisa memperbaiki kadar gula darah dan kolesterol. Salah studi menunjukkan jika diet atkins dapat memperbaiki tingkat trigliserida pada darah walaupun tidak diketahui sampai kapan efek ini bisa bertahan. 

Diet pun dianggap bisa membantu menurunkan penyakit diabetes, penyakit jantung, sindrom metabolik dan tekanan darah tinggi. Tetapi, berbagai manfaat diet ini masih memerlukan bukti dan penelitian yang lebih dalam. 

Efek Samping dari Diet Atkins 

Di samping manfaat yang dapat kamu peroleh, ada sejumlah efek samping yang harus kamu perhatikan, seperti: 

1. Menurunkan kebutuhan karbohidrat 

Menurunkan asupan karbohidrat di dalam tubuh ini bisa mengakibatkan sulit buang air besar, diare, mual, lemas, lelah, sakit kepala dan pusing. Tentu saja efek samping ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari mu. 

2. Ketosis 

Ada juga risiko yang termasuk berbahaya ketika di awal fase diet ini karena berkurangnya asupan karbohidrat dan gula untuk energi, yakni ketosis. Ketosis merupakan cara tubuh untuk mencerna lemak yang tersimpan dan menghasilkan keton menjadi zat sisa. 

Sejumlah gejala yang dikeluhkan sebab zat keton di dalam tubuh yang menumpuk yaitu mual, bau mulut, sakit kepala dan perubahan psikologis. 

3. Ketoasidosis 

Ketosis yang terjadi pada jangka waktu yang lama bisa menyebabkan keadaan yang sangat serius yakni ketoasidosis. Kondisi tersebut terjadi saat keton menumpuk pada darah dan menjadi sebuah racun. 

Ketoasidosis bisa mengakibatkan koma sampai kematian. Resiko timbulnya ketoasidosis ini dapat semakin meningkat pada individu yang mempunyai penyakit diabetes atau sedang menjalani diet ketat. 

Walaupun ada anggapan jika diet atkins ini bermanfaat, tetapi tidak berarti pola makan ini bisa diterapkan ke semua individu. Kamu yang memakai obat diabetes atau insulin dan obat diuretik, dianjurkan untuk berhati-hati saat ingin melakukan diet atkins ini. 

Sedangkan, untuk ibu menyusui, ibu hamil dan pengidap penyakit ginjal tidak disarankan melakukan diet ini. Ada baiknya kamu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum menjalani diet atkins maupun diet yang lainnya. 

Baca Juga: Daftar Menu Diet Debm Untuk Pemula

Tips Diet yang Sehat dan Cepat 

Ada diet sehat dan cepat yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan dan tidak ada resiko berbahaya yang menghantui mu. Kamu bisa lakukan diet seperti berikut: 

1. Menghitung indeks massa tubuh 

Sebelum kamu melakukan diet, kamu harus menghitung indeks massa tubuh terlebih dahulu. Hal ini berguna supaya tahu berapa banyak berat badan yang perlu kamu turunkan guna mencapai berat badan yang diinginkan atau ideal. 

2. Makan secara teratur

Pastikan kamu mengkonsumsi makanan yang bergizi secara teratur sebanyak tiga kali sehari. Karena, makan di waktu yang teratur bisa membantu membakar kalori dengan lebih cepat. Hal ini pun bisa mengurangi berbagai godaan untuk mengkonsumsi makanan tinggi gula dan lemak. 

3. Mengkonsumsi makanan berserat 

Serat bisa membantu mempercepat turunnya berat badan. Hal ini karena makanan berserat bisa menjadikan kamu merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, pastikan kamu mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah-buahan. 

Selain itu, kamu juga harus makan secara perlahan-lahan. Kebiasaan ini bisa menjadikan kamu merasa kenyang lebih cepat dan meningkatkan produksi hormon untuk menurunkan berat badan. Jangan makan terlalu cepat sebab bisa mengakibatkan meningkatnya berat badan. 

4. Rajin berolahraga 

Kamu juga harus rajin berolahraga jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan olahraga setiap hari selama 30 menit atau 1 jam. Tidak perlu berolahraga berat, kamu bisa jogging di komplek untuk membakar kalori. 

Baca Juga: Panduan Makanan 2000 Kalori untuk Mendukung Program Dietmu

Nah, itu dia cara melakukan diet atkins dengan benar yang harus kamu ketahui. Lebih baik lakukan diet perlahan-lahan agar kesehatanmu tidak terganggu. Semoga ulasan di atas bisa menjadi pertimbangan mu untuk melakukan diet, ya! 

Pastikan juga asupan makanan kamu tetap terjaga ya dengan selalu konsumsi makanan sehat. Untuk mendapatkannya, kamu bisa gunakan layanan Astro. Astro merupakan layanan belanja online untuk penuhi kebutuhan harian kamu dengan cepat & tanpa repot. Cukup pesan lewat aplikasi Astro, pesanan kamu akan sampai dalam waktu hitungan menit! Yuk, download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu