Daftar Menu Diet Debm Untuk Pemula

Diet DEBM adalah salah satu metode diet yang diyakini mampu menurunkan berat badan dengan waktu yang singkat tanpa perlu menahan lapar. Sebelum kamu mempraktekannya, kamu harus tahu terlebih dahulu menu diet DEBM untuk pemula yang harus dikonsumsi dan dihindari. 

Selain itu, kamu harus tahu jika diet DEBM atau Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan ini pertama kali dibuat oleh Robert Hendrik Liembono lewat buku pedoman diet pada tahun 2018. Mirip seperti diet ketogenik dan diet atkins, diet DEBM pun menurunkan asupan karbohidrat dan gula, serta lebih banyak mengkonsumsi lemak dan protein. 

Walaupun efektivitas cara diet DEB, ini belum didukung oleh penelitian yang kuat, cara diet rendah kalori ini memang sudah terbukti efektif guna mengurangi berat badan. Bahkan, sejumlah penelitian menunjukkan jika diet rendah kalori sangat efektif dibandingkan diet rendah lemak. 

Baca Juga: Mengenal Cara Diet Debm yang Baik dan Benar

Pendoman umum Diet DEBM 

Tubuhmu memakai karbohidrat dari makanan menjadi sumber energi pokok. Tetapi, keunggulan karbohidrat bisa disimpan menjadi lemak, baik berbentuk lemak di bagian bawah kulit atau yang menempel di organ dalam. 

Dengan menjalani diet rendah karbohidrat dan rendah kalori ini, tubuhmu akan dipaksa untuk menghancurkan lemak menjadi cadangan energi. Seiring dengan berkurangnya timbunan lemak pada tubuh, berat badan juga akan turun perlahan-lahan. 

Sesuai dengan namanya, diet yang satu ini tidak memberatkan dan sangat menyenangkan, sebab kamu diizinkan untuk mengkonsumsi semua makanan enak tanpa harus menahan lapar. Diet DEBM pun tidak memaksa kamu untuk melakukan olahraga, terlebih mengkonsumsi obat tertentu.  

Walaupun begitu, terdapat aturan jenis makanan yang perlu kamu ikuti dalam menerapkan diet DEBM ini, yakni makanan harus rendah karbohidrat, rendah gula, tinggi lemak dan tinggi protein. Di bawah ini merupakan panduan umum diet DEBM yang harus dijalani: 

  • Wajib sarapan di pagi hari dengan makanan yang kaya akan protein 
  • Makan siang dan makan malam harus memiliki protein hewani yang tinggi 
  • Wajib minum 3 gelas air putih di jam 9 pagi dan 3 sore. Diluar jam tersebut, tentunya kamu tetap diperbolehkan untuk minum
  • Mengkonsumsi sparkling water, kopi atau teh tawar bebas gula dan krimer 
  • Apabila lapar sesudah jam 6 sore, kamu hanya boleh mengkonsumsi makanan dengan protein hewani tinggi tanpa karbohidrat 
  • Boleh memakai garam dan minyak untuk memasak makanan, namun bebas tepung dan gula 
  • Selalu mengkonsumsi makanan sumber protein hewani seperti daging, keju, ikan, dan telur setiap kali makan

Tidak hanya panduan umum tersebut, diet DEBM pun mempunyai aturan makan yang wajib kamu ikuti, seperti makanan tidak yang boleh kamu konsumsi dan tidak boleh serta cara mengkonsumsinya. 

Menu Makanan Diet DEBM 

Di bawah ini merupakan aturan pada setiap makanan yang bersumber dari buku diet DEBM. 

1. Sarapan pagi 

Pada diet DEBM, kamu wajib menghindari sarapan yang memiliki kandungan karbohidrat, seperti roti, mie, nasi dan minuman dengan gula maupun bubur ayam. Ketika sarapan, kamu dianjurkan untuk mengubah karbohidrat menjadi protein, sehingga jumlah asupan mu lebih banyak berbentuk protein. 

Tidak hanya itu, kamu juga dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi serat dan lemak sehat. Dengan proporsi makanan tersebut, nafsu makan mu bisa lebih terkontrol. Energi yang kamu hasilkan juga lebih banyak dan tidak akan berbentuk lemak. 

Sejumlah pilihan menu sarapan yang dapat kamu coba seperti: 

2. Makan siang 

Di bawah ini merupakan aturan makan siang ketika kamu menjalani diet DEBM: 

  • Mengganti nasi dengan sayur-sayuran seperti brokoli, wortel, buncis dan lainnya. 
  • Awali makan siangmu dengan mengkonsumsi protein hewani seperti susu protein, keju atau 1 telur rebus, supaya nafsu makan mu dapat terkontrol dan tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan. 
  • Minum air putih yang cukup. 
  • Mengkonsumsi makanan sumber protein hewani, seperti ikan, ayam, dan daging sapi, bila kamu tidak senang sayuran. 

Baca Juga: Panduan Makanan 2000 Kalori untuk Mendukung Program Dietmu

3. Makan malam 

Tidak sama dari kebanyakan metode diet yang melarang kamu makan malam. Pada diet DEBM, kamu justru diwajibkan makan malam. Apabila tidak lapar, kamu tetap wajib makan dengan mengikuti aturan seperti: 

  • Mengkonsumsi protein hewani dengan makanan tinggi karbohidrat yang bisa dikonsumsi, seperti wortel, bayam dan brokoli
  • Makan bebas karbohidrat sama sekali bila kamu makan lebih dari jam 6 sore. Pilih makanan seperti sate kambing tanpa lontong dan kecap, keju, alpukat, telur dan ikan

4. Cemilan 

Cemilan pada diet DEBM pun menjadi bagian yang sangat penting. Tujuannya yaitu untuk membangun metabolisme sehingga tubuhmu bisa membakar lebih banyak kalori demi mengatur nafsu makan ketika makan malam dan makan siang. 

Tetapi, kami harus membatasi cemilan sebanyak 750 kalori setiap harinya yang dibagi ke dalam 3 kali makan dan masing-masingnya sebesar 250 kalori, seperti memakan cemilan diantara makan pagi dan siang, antara makan siang dan makan serta pada malam hari. 

Contoh camilan yang mempunyai kandungan kalori hanya 100-150, lemak, serat dan kaya akan protein seperti: 

Apabila kamu mengikuti menu diet DEBM untuk pemula ini, kamu juga harus perhatikan asupan protein dan lemak yang ingin dikonsumsi. Batasi mengkonsumsi makanan dengan lemak trans dan lemak jenuh yang tinggi agar diet mu bisa berhasil. 

Baca Juga: Beragam Resep Sup Untuk Diet yang Lezat dan Sehat

Sukseskan diet dengan konsumsi makanan-makanan sehat yang bisa kamu pesan secara online hanya di Astro. Pesan segala kebutuhan dietmu di Astro yang punya pengiriman cepat hanya dalam hitungan menit saja. Yuk, belanja sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store.

Arie Wahyu
Arie Wahyu