Jangan Salah, Ini Cara Bersepeda yang Benar Untuk Kesehatan

Jangan Salah, Ini Cara Bersepeda yang Benar Untuk Kesehatan

Jika kamu suka olahraga yang ringan tentu akan sangat menikmati olahraga bersepeda. Mungkin terlihat sederhana saja, namun, dengan menjalankan aktifitas ini maka kamu bisa mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh bahkan baik untuk kesehatan mental kamu, lho!

Bisa dikatakan dengan bersepeda, kamu bisa dengan mudah melepaskan stres dan depresi. Apalagi aktivitas fisik yang rutin juga bagus untuk menunjang kesehatan tubuh atau fisik kamu. 

Tidak jarang yang gemar bersepeda dan menjadikan sepeda adalah ajang kompetisi tertentu yang sering diadakan dalam momentum besar. Sepeda juga bagus untuk menjaga otot tubuh dan jantung tetap sehat dan terjaga dengan baik.

Mungkin terasa sederhana saja, namun ternyata ada cara bersepeda yang benar untuk kesehatan sendiri lho!

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Tips Bersepeda Untuk Menjaga Kesehatan

Jika sudah meluangkan waktu untuk berolahraga seperti bersepeda, usahakan kamu harus melakukannya secara optimal. Apalagi olahraga sepeda atau bersepeda sendiri dinilai olahraga yang mudah, minim budget, serta mudah dilakukan.

Bahkan hanya dengan berkeliling komplek rumah saja kamu sudah bisa mendapatkan manfaat yang bagus untuk kesehatan itu sudah cukup. Belum lagi menikmati pemandangan yang indah dan udara yang kamu hirup sangatlah segar itu bisa menambah nilai plus dalam urusan “healing” yang satu ini. 

Tidak jarang juga pegawai kantoran yang pergi bekerja menggunakan sepeda daripada kendaraan pribadi dan transportasi umum. Akan ada pengalaman yang menyenangkan dan juga sekaligus membuat tubuh lebih bugar.

Agar bisa terlaksana, maka kamu bisa menjalankan tips-tips berikut ini.

1. Memeriksa Sepeda 

Wajib bagi kamu yang hendak bersepeda untuk memeriksa kondisi sepeda kamu terlebih dahulu. Usahakan kamu sudah memastikan semuanya aman. Lakukan pemeriksaan in setiap hari agar tidak ada masalah saat sedang bersepeda.

Periksa pada bagian rem, roda, mata rantai, pelumas, dan tekanan angin yang ada pada ban sepeda juga harus dalam tekanan angin yang pas. Periksa apakah performa semua aspek tersebut sudah cukup dan masih berfungsi dengan baik dan benar.

Jika ada kendala seperti ban goyang, rem blong, pelumas tidak bisa berfungsi baik atau kurang dan ban bocor, maka sebaiknya segera dibenahi.

2. Memakai Pelindung 

Dalam hal ini, kamu akan bersepeda ke luar rumah dan tidak akan ada yang tahu akan bagaimana. Maka dari itu, sebaiknya kamu mencegah hal buruk dengan cara menggunakan perlengkapan atribut pelindung tubuh.

Gunakan pelindung tersebut pada kepala, siku dan lutut. Semua atribut akan menyesuaikan dengan fungsinya satu sama lain. Kamu hanya tinggal menggunakannya saja dengan benar.

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

3. Memakai Pakaian yang Aman dan Nyaman Untuk Menyerap Keringat

Saat sedang olahraga, tubuh kerap kali mengeluarkan keringat yang sangat banyak. Apalagi jika kamu harus menggunakan sepeda untuk sampai ke kantor kamu tidak akan menggunakan kemeja dan rok bukan? 

Maka dari itu, sangat dianjurkan saat bersepeda kamu harus menggunakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Jika kamu hanya ingin bersepeda saja, kamu hanya tinggal mengenakan pakaian nyaman dan mudah menyerap keringat saja.

Sedangkan jika kamu ingin datang ke kantor, dan biar bisa menghemat waktu, kamu harus mengenakan pakaian nyaman terlebih dahulu. Kemudian gunakan celana yang nyaman dan tidak mengganggu gerakan kaki saat mengayuh sepeda.

4. Menaati Aturan Lalu Lintas dan Pastikan Bahwa  Kamu Terlihat

Bersepeda juga sangat dianjurkan untuk tetap waspada di jalan. Apalagi jika kamu bersepeda di malam hari. Terkadang masalah lalu lintas pada kecelakaan bukan pada pengendara motor atau mobil namun ada pada pengguna sepeda yang tidak waspada.

Sebagai pengendara sepeda, sudah sewajarnya kamu lebih waspada di jalan raya. Bisa dengan cara mengenakan pakaian yang warna terang, atau sepeda harus sudah lengkap dengan pencahayaan atau lampu yang bisa memantulkan cahaya.

Selain itu, kamu juga harus ikut menaati peraturan lalu lintas yang ada. Biasanya memang pengguna sepeda memiliki tempat khusus saat dalam lampu rambu lalu lintas dan bahkan sudah disediakan di jalan raya.

Maka dari itu, agar tetap bersepeda dengan aman, usahakan kamu bersepeda pada jalur sepeda yang sudah disediakan. Selain itu, kamu juga tidak boleh menggunakan bel sepeda apabila ingin memberikan peringatan kepada pengguna mobil dan motor lain.

Baca Juga: Jenis Olahraga Menurunkan Kolesterol yang Sangat Direkomendasikan

Demikian ulasan singkat tentang cara bersepeda yang benar untuk kesehatan yang harus kamu ketahui. Jaga kesehatan kamu dengan olahraga sepeda rutin dan konsumsi makanan sehat dan bergizi. Kalau kamu mau belanja makanan sehat, Astro bisa kamu andalkan. Astro selalu siap selama 24 jam penuh mengantar pesanan kamu dengan cepat sampai rumah. Yuk, pesan kebutuhan makanan sehat kamu di aplikasi Astro sekarang! Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store!

Arie Wahyu
Arie Wahyu