Jangan Khawatir, Ini Olahraga yang Cocok Untuk Diet Pemula

Jangan Khawatir, Ini Olahraga yang Cocok Untuk Diet Pemula

Apabila kamu sedang menjalani program diet, maka olahraga yang cocok untuk diet pemula menjadi hal yang sangat penting untuk turunkan berat badan agar lebih efektif. Kamu harus melakukan olahraga secara teratur supaya diet mu bisa lebih maksimal. 

Tidak hanya melakukan olahraga secara rutin, supaya berat badanmu turun, kamu juga perlu mengatur asupan makan setiap hari. Perbanyaklah mengkonsumsi minuman dan makanan sehat yang kaya akan protein, sehingga proses menurunkan berat badan dan kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan maksimal. 

Dikutip dari situs Hello Sehat Kemenkes, ada beberapa jenis olahraga yang dapat kamu lakukan guna turunkan berat badan seperti berikut. 

Baca Juga: Harus Tahu, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Bantu Turunkan Berat Badan dengan Lakukan Olahraga Berikut 

Kamu bisa melakukan beberapa olahraga berikut ini saat waktu luang untuk membantu menurunkan berat badan secara efektif. 

1. Jalan kaki 

Jalan kaki adalah jenis olahraga yang sangat mudah untuk kamu lakukan ketika menjalani program diet. Pasalnya, kamu tidak memerlukan alat olahraga apapun dan dapat dilakukan di mana saja. 

Misalnya, kamu dapat berjalan kaki mengelilingi komplek selama 30 menit secara rutin. Apabila kamu lakukan setiap hari dengan konsisten, maka proses dalam menurunkan berat badan menjadi lebih efektif.

2. Lari 

Apabila jalan kaki dianggap tidak cukup, kamu bisa berlari. Olahraga yang satu ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Terlebih lagi bila kamu melakukannya secara rutin dengan konsisten. Kamu bisa mendapatkan berat tubuh ideal hanya dengan rutin berlari. 

3. Lompat tali 

Jenis olahraga berikutnya yang bisa kamu lakukan di rumah yaitu lompat tali yang merupakan olahraga yang dapat membantu menurunkan berat badan. Kamu hanya perlu menyiapkan alat skipping bila ingin mencoba olahraga ini. Selain itu, kamu harus tahu jika lompat tali diyakini memiliki efektivitas pembakaran kalori seperti ketika kamu sedang jogging. 

4. Bersepeda 

Bersepeda juga dapat menjadi olahraga yang dapat menurunkan berat badan. Tidak hanya berolahraga, kamu pun bisa berjalan-jalan memakai sepeda ke banyak tempat yang ingin dikunjungi. Bersepeda juga menjadi jenis olahraga yang sedang hits di masa pandemi ini. 

Namun, jika kamu tidak ingin berolahraga di luar ruangan, maka kamu bisa pergi ke gym dan memanfaatkan sepeda statis. Alat tersebut sama seperti sepeda dan bisa membakar kalori dalam tubuhmu dengan mudah. 

5. Berenang 

Olahraga yang bisa kamu coba untuk menurunkan berat badan selanjutnya adalah berenang sebab bisa membakar lemak dalam tubuh secara perlahan. Bukan hanya bisa menurunkan berat badan, olahraga berenang juga bagus guna memelihara kekuatan tulang dan otot, meredakan stres, memperbaiki kualitas tidur dan menjaga kesehatan tulang. 

Supaya diet kamu sukses dan ukuran perut menjadi ideal, kamu dianjurkan untuk berenang selama 20-30 menit saja sebanyak 3 kali dalam seminggu. Sebelum melakukannya, jangan lupa kamu harus melakukan pemanasan sekitar 10 menit. 

6. Zumba dan aerobik 

Sebagian jenis senam, seperti zumba dan aerobik yang ada banyak pada pusat kebugaran atau kelas senam juga menjadi jenis olahraga yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Bukan hanya itu saja, senam aerobik pun bagus untuk memperkuat tulang dan sendi, meredakan stres dan memperbaiki mood. 

Baca Juga: Penjelasan Apa Benar Makan 2 Kali Sehari Bisa Menurunkan Berat Badan

7. Yoga 

Yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa menurunkan berat badan bila dilakukan dengan rutin. Olahraga ini pun dapat kamu lakukan di rumah dan sudah ada banyak tutorial yoga yang dapat kamu cari di internet. Kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukannya agar bisa mendapatkan tubuh ideal. 

8. Pilates 

Hampir sama seperti yoga, kamu juga dapat melakukan pilates saat menjalani program diet. Kamu dapat melakukan olahraga yang satu ini selama 30 menit secara rutin untuk dapatkan berat badan yang ideal. Jangan lupa saat mencoba olahraga ini, kamu harus melakukannya dengan benar, ya! 

9. Interval training 

High intensity training atau biasa dikenal dengan interval training adalah sejenis olahraga kardio intens yang bisa membakar kalori secara sangat singkat. Tentunya olahraga ini sangat membantu kamu untuk menurunkan berat badan secara signifikan. Tidak hanya itu, olahraga ini pun dapat membantumu untuk mengecilkan perut. 

10. Naik turun tangga 

Apabila kamu kesulitan dalam mencari fasilitas olahraga, kamu dapat memanfaatkan tangga untuk dijadikan tempat berolahraga. Karena, naik turun tangga pun dapat membantu proses menurunkan berat badan ketika program diet. 

11. Bela diri 

Bela diri menjadi olahraga alternatif yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Selain itu, bela diri juga bermanfaat bila terjadi hal buruk yang tidak diinginkan, seperti ketika kamu terpaksa harus berkelahi karena ingin membela diri.

Kamu dapat mencoba berbagai jenis olahraga ini seperti boxing, muay thai, taekwondo, karate, silat dan masih banyak lagi jenis bela diri yang lainnya. 

12. Sit up 

Latihan sit up bisa mengencangkan dan memperkuat otot perut. Caranya dengan berbaring di lantai pada keadaan telentang dan menekuk lutut, lalu angkat badan mu sampai ke lutut sampai mengeluarkan nafas dan pelan-pelan turunkan kembali ke lantai. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dalam 1 set dan ulangi sampai 2-3 set setiap harinya. 

13. Plank 

Plank bukan hanya membantu membentuk dan mengencangkan otot perut, namun juga bisa melatih kekuatan paha bagian depan, lengan dan bahu. Latihan ini bisa kamu lakukan dengan posisi badan lurus menghadap ke lantai, taruh lengan di samping badan dan tekuk siku.

Sesudah itu, kencangkan otot perut dan angkat tubuh dengan bertumpu ke jari kaki dan lengan bawah. Pastikan, punggung, kepala sampai tumit ada di satu garis lurus. Tahan posisi tersebut 20-30 detik. 

Baca Juga: Resep Makanan Diet Mayo Terbukti Aman dan Berhasil Turunkan Berat Badan

Demikianlah, ulasan mengenai olahraga yang cocok untuk diet pemula. Semoga ulasan di atas membantu kamu yang masih bingung dalam menentukan olahraga yang cocok untuk menurunkan berat badan. Jangan lupa untuk selalu lengkapi gaya hidup sehatmu dengan konsumsi makanan-makanan sehat. Kamu bisa andalkan Astro untuk belanja kebutuhan makanan sehat yang cepat sampai! Coba pesan di aplikasi Astro sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu