Ini Waktu yang Tepat Untuk Jogging, Jangan Sampai Salah

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting dilakukan guna menjaga kesehatan tubuh. Salah satu jenis olahraga yang paling mudah, bisa dilakukan kapanpun dan tidak memerlukan peralatan yaitu lari. Ada yang suka berlari pada pagi hari atau sore hari. Tetapi, kapan waktu yang tepat untuk jogging?

Nah, berikut ini kamu sudah merangkum ulasan mengenai waktu yang bagus untuk melakukan jogging. Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Pilihan Waktu yang Bagus untuk Berjogging 

Pada jam berapa sebaiknya kita melakukan jogging? Nyatanya, waktu yang bagus untuk berlari adalah sore menjelang malam. Waktu tersebut dianggap ideal sebab suhu tubuh sedang mencapai pada puncaknya ketika sore hari. 

Hampir pada seluruh orang, puncak suhu tersebut terjadi pada rentang waktu pukul 4 hingga 5 sore. Fakta ini diperoleh dari sebuah penelitian dari Journal of Sports Science & Medicine (2011). 

Penelitian tersebut mengungkapkan jika ritme sirkadian atau jam biologis di sore hari menjadikan suhu inti dalam tubuh naik sehingga hasil jogging yang kamu lakukan bisa lebih maksimal. Ketika suhu inti sedang meningkat, maka pembakaran energi atau metabolisme serta kapasitas otot akan naik. 

Metabolisme sendiri memiliki fungsi maksimal yang bisa membantu tubuhmu untuk membakar kalori. Lalu, adaptasi otot yang bagus bisa menjadikan tubuh lebih siap untuk perubahan medan berlari dan juga menjadikan performa berlari bisa lebih maksimal. Hal tersebut juga dapat membantu mengurangi resiko cedera ketika berlari. 

Sebuah penelitian dari American Journal of Physiology Lung Cellular and Molecular Physiology (2015) mengungkapkan jika paru-paru akan bekerja lebih bagus saat rentang waktu sore hari. 

Yang berarti, penyerapan oksigen yang dilakukan paru-paru menjadi sangat maksimal. Hal tersebut bisa membantu kamu untuk berlari lebih mudah dan lebih fokus pada kondisi di sekeliling. 

Selain itu, lari di sore atau menjelang malam hari menjadikanmu lebih cepat untuk tidur. Pasarnya, lari saat sore hari dapat mendorong produksi hormon pemicu tidur atau hormon melatonin sehingga tidur bisa lebih cepat. 

Tidak hanya itu, jogging di waktu tersebut juga bisa memperbaiki ritme sirkadian jadi kamu dapat terlelap di malam hari. Lari yang kamu lakukan di sore hari pun dapat mendorong tubuh guna melepas hormon endorfin. Hormon tersebut bisa memperbaiki suasana hati dan menjadikan tubuh mu lebih rileks. 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Lari di Pagi atau Malam Hari 

Tidak hanya memilih waktu untuk jogging di sore hari, pada pagi hari juga bagus untuk jogging. Waktu tersebut juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh mu. Memang waktu jogging yang bagus berdasarkan ulasan di atas yaitu pada sore hari. Namun, lari pagi sesaat sesudah bangun tidur membantu tubuh supaya membakar kalori lebih banyak pada hari tersebut. 

Tidak hanya itu, lari di pagi hari juga membantu menjaga mood berolahraga. Dampaknya, jadwal berlari pun menjadi lebih konsisten. Meluangkan waktu untuk jogging di pagi hari bisa lebih mudah sebab tidak bisa berhalangan dengan aktivitas lainnya. 

Ketika bangun pagi untuk jogging, kamu lebih mudah mengelola kegiatan yang ingin dilakukan untuk hari tersebut. Sehingga, saat terdapat hambatan di salah satu aktivitas, kamu masih memiliki waktu yang lebih banyak untuk menyelesaikannya. 

Terkadang, waktu sore hari menjadi waktu yang sangat sibuk untuk sebagian orang sehingga tidak sempat untuk berlari. Tetapi, harus kamu ketahui jika suhu tubuh pada pagi hari berada di suhu paling rendah. Oleh sebab itu, mungkin kamu akan memerlukan waktu yang lebih lama ketika melakukan pemanasan guna menjadikan tubuhmu siap berolahraga. 

Lalu, bagaimana jika berolahraga di malam hari? Apabila kamu bisa bangun pagi, waktu tersebut justru mempunyai efek buruk untuk kamu. Lari di malam hari menjelang tidur dapat mengurangi proses tidur nyenyak dan menghambat pemulihan tidur. Sehingga, kamu juga mudah lelah ketika terbangun pada pagi hari. 

Olahraga bisa meningkatkan suhu tubuh, detak jantung dan kepekaan akan rangsangan. Reaksi tubuh tersebut dapat menjadikan kamu sulit tidur sesudah berolahraga. Apabila kamu ingin berolahraga di malam hari, pastikan kamu telah menyelesaikannya sekitar 90 menit sebelum waktu tidur. 

Terlepas dari semua waktu terbaik untuk jogging, olahraga kardio juga bisa memberikan manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuhmu. Harus diingat jika saran di atas tidaklah menjadi aturan wajib. Sesuaikan kegiatan ini dengan jadwal kesibukanmu dan keadaan tubuh tetap nomor satu. 

Durasi yang Tepat untuk Melakukan Jogging 

Memang, waktu jogging yang bagus untuk memperoleh manfaat lari secara maksimal telah diketahui sebelumnya. Walaupun begitu, tidak ada patokan durasi untuk jogging yang baik. Hal yang perlu kamu ingat yaitu jogging di waktu yang lebih lama pastinya bisa membakar lebih besar kalori. 

Setidaknya, kamu perlu jogging selama 30 menit dengan intensitas yang rendah supaya tubuh mulai membakar kalori. Kamu juga dapat menambahkan intensitas jogging sampai 70/80% dari maksimal detak jantung. Hal tersebut dapat menjadikan pembakaran lemak sangat optimal. 

Kamu dapat melakukan jogging dengan intensitas tinggi sekitar 30 menit. Pastikan olahraga tersebut dilakukan 5 kali dalam satu minggu. Apabila jogging secara rutin, kamu bisa memperoleh manfaat olahraga untuk jangka panjang dan meminimalisir resiko terserang penyakit kronis. Agar tidak menanggung jam tidur, ada baiknya jangan jogging mendekati waktu tidur. 

Baca Juga: 8 Manfaat Olahraga Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Nah, itu tadi ulasan tentang waktu yang tepat untuk jogging yang bisa kamu lakukan mulai sekarang sehingga dapat hasil pembakaran lemak yang maksimal. Namun, tetap kamu harus perhatikan kondisi tubuh sebelum jogging, ya! 

Jangan lupa, selalu andalkan Astro untuk memenuhi asupan makanan sehat kamu. Belanja di aplikasi Astro, cepat sampai dan siap antar selama 24 jam penuh!

Arie Wahyu
Arie Wahyu