Ini Sarapan Tinggi Protein Untuk Diet, Biar Tubuh Tetap Ideal 

Ini Sarapan Tinggi Protein Untuk Diet, Biar Tubuh Tetap Ideal 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu proses penurunan berat badan. Salah satunya dengan menjadikan sarapan tinggi protein sebagai rutinitas. Jika selama ini proses penurunan berat badan selalu dikaitkan dengan mengurangi porsi makan yang berlebihan, bahkan melewatkan sarapan, kini kamu tetap bisa enjoy sarapan tanpa khawatir berat badan berlebih.

Berkaitan dengan hal ini, pemilihan menu sarapan tinggi protein yang tepat penting untuk kamu ketahui. Untuk kamu yang saat ini sedang mencari referensi menu tinggi protein, berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa kamu jadikan pilihan.

Rekomendasi Menu Sarapan Berprotein Tinggi, Bantu Turunkan Berat Badan

Protein memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh kita. Cukupnya asupan protein membantu memperbaiki otot serta menjadikan tulang menjadi sehat. Bukan hanya itu saja, tubuh kita membutuhkan asupan protein dalam penambahan energi sehari-hari. Tidak berhenti sampai disitu saja, protein juga memiliki peran penting dalam proses penurunan berat badan. Menu sarapan tinggi protein berikut ini bisa kamu jadikan sebagai pilihan saat sedang menjadi proses penurunan berat badan. 

1. Kopi 

Kopi yang dikenal akan kandungan kafeinnya ternyata bisa digunakan sebagai pilihan menu sarapan ketika sedang proses penurunan berat badan. Kamu bisa menjadikan kopi tanpa gula dan juga sepotong roti gandum murni sebagai menu sarapan. Kopi tanpa kandungan gula di dalamnya merupakan salah satu menu yang pas untuk sarapan, selain itu kandungannya membantu proses metabolisme tubuh. Hal itulah yang nantinya membuat berat badan tetap ideal.

2. Teh Hijau 

Jika kamu bukan orang yang senang mengkonsumsi kopi, teh hijau bisa menjadi alternatif menu lain yang membantu proses penurunan berat badan. Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan kandungan terbaik dari teh hijau ini, salah satunya membantu proses pembakaran lemak menjadi lebih cepat. 

Kamu bisa menjadikan teh hijau sebagai menu rutin saat proses penurunan berat badan. Supaya tidak merasa bosan, kamu bisa menambahkan lemon maupun madu dalam teh hijau

3. Chia Seeds

Kamu bisa menambahkan chia seeds dalam teh maupun smoothies. Bahan satu ini memiliki banyak manfaat, salah satunya membantu proses penurunan berat badan. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, chia seeds membantu mengurangi produksi hormon ghrelin dalam tubuh. 

Hormon satu ini dikenal sebagai pemicu rasa lapar, alhasil apabila tidak dikendalikan membuat tubuh terus merasa lapar. Semakin menarik karena jenis makanan satu ini juga tidak akan merubah rasa makanan. 

4. Salad Buah 

Menu selanjutnya ini direkomendasikan untuk kamu yang senang dengan jenis makanan manis. Tidak hanya itu saja, proses pembuatan salad buah juga sangat mudah. Kamu hanya perlu memotong buah dan menambahkan protein lain seperti susu kedelai misalnya.

Selain rendah lemak, perpaduan antara kedua bahan makanan tersebut bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Alhasil kamu tidak akan mudah merasa lapar nantinya.

5. Tahu Tempe 

Kedua bahan makanan tersebut dikenal kaya akan kandungan protein. Kamu bisa menjadikan tahu dan tempe sebagai alternatif menu sarapan saat sedang diet tinggi protein. Tahu dan tempe bisa kamu olah dalam berbagai jenis masakan, salah satunya dengan dimasak orak arik. 

Kamu bisa menumis kedua bahan makanan tersebut dengan minyak zaitun kemudian ditambahkan sayuran. Selain asupan protein yang tercukupi, asupan vitamin juga tercukupi dari sayuran. 

6. Oatmeal Biji Chia 

Menu sarapan tinggi protein untuk diet yang keenam ini selain kaya kandungan protein juga kaya akan kandungan omega tiga. Perpaduan antara oatmeal dan biji chia dengan tambahan mangga atau pisang bisa menjadi menu sarapan tinggi protein. Dalam satu porsi menu sarapan ini terdapat kandungan protein 28 gram. 

7. Smoothies

Selain menjadi pelepas dahaga, kandungan dalam satu gelas smoothies mampu mencukupi asupan protein serta lemak sehat untuk tubuh. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis buah-buahan untuk dibuat smoothies. 

Untuk kamu yang sedang diet tinggi protein, kamu bisa menambahkan kacang-kacangan maupun biji chia dalam smoothies. Perpaduan bahan makanan tersebut mampu memberikan asupan protein lebih banyak. 

Cukup banyak alternatif bahan makanan yang bisa kamu jadikan sebagai menu sarapan tinggi protein untuk diet. Tetapi, pastikan dalam pemilihan bahan makanan kamu benar-benar memilih bahan makanan yang segar serta tidak jauh dari bahan pengawet. 

Kamu bisa memilih bahan makanan dengan kualitas terbaik dari Astro. Saatnya mencukupi asupan sarapan dengan bahan terbaik dari Astro. Download aplikasi Astro di Google Play Store atau App Store sekarang!

Referensi:

6 Menu Sarapan Vegan yang Sehat dan Tinggi Protein

9 Pilihan Menu Sarapan Sehat untuk Diet, yang Mana Favorit Anda?

Pentingnya Sarapan dan Makan Malam Saat Diet

Menu Sarapan Terbaik untuk Orang yang Sedang Diet

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu