Ini Manfaat Push Up Untuk Kesehatan dan Memperkuat Otot

Push-up adalah salah satu latihan sangat sederhana yang dapat dilakukan dirumah dan tidak membutuhkan alat olahraga yang mahal. Push up menjadi olahraga ketahanan isometrik, yakni melakukan gerakan dengan memakai benda yang tidak bergerak untuk mendorong kontraksi otot tubuh. 

Tidak hanya itu saja, ternyata manfaat push up juga sangat banyak dan bisa kamu dapatkan jika melakukannya secara rutin. Berikut ini ada beberapa manfaat dari push up yang harus kamu ketahui. 

Berbagai Khasiat Push Up 

Di bawah ini merupakan sederet manfaat push up yang dapat kamu peroleh bila latihan yang satu ini dilakukan dengan rajin: 

1. Menjaga kesehatan tulang dan otot 

Sesudah memasuki umur 30 tahun, jaringan pada otot tubuh semakin berkurang sebab proses penuaan. Hal ini dapat menurunkan kekuatan tulang dan otot sampai 5% per tahunnya.  

Oleh sebab itu, kamu harus rajin melakukan olahraga guna menjaga kesehatan tulang dan otot. Salah satunya yaitu dengan latihan yang berfokus pada kekuatan tulang dan otot pada area lengan dan dada, seperti push up. Latihan yang satu ini bahkan dianjurkan guna dilakukan mulai masa pubertas. 

2. Mengatasi dan mencegah sarcopenia 

Sarcopenia merupakan keadaan di mana massa otot berkurang sebab proses penuaan. Penyakit yang biasanya terjadi pada mereka yang sudah berusia lanjut ini dapat menjadikan tubuh lebih rentan dan lemah. Sarcopenia dapat sangat cepat terjadi pada individu yang tidak pernah melakukan olahraga. 

Demi mencegah dan menghambat proses dari penyakit tersebut, penting untuk kamu rajin melakukan olahraga yang bisa membangun kekuatan, seperti push up, untuk memicu pembentukkan massa otot. 

3. Membentuk otot tubuh area atas 

Biasanya gerakan push up ini sangat banyak memakai otot di area atas tubuh, yakni trisep atau otot bagian luar di lengan atas, bahu dan dada. Walaupun lebih fokus di tubuh area atas, latihan yang satu ini pun bisa menguatkan bagian tubuh yang lainnya, seperti tungkai, punggung, dada dan otot perut. 

4. Menguatkan anggota tubuh

Dengan kamu melakukan latihan push up ini sekitar 12-15 kali setiap harinya, bagian tubuh, misalnya tungkai, bokong, perut, lengan sampai payudara pun bisa tampak lebih kencang. Efek yang satu ini bisa kamu dapatkan lebih maksimal, bila kamu pun melakukan latihan lainnya seperti yoga, jogging, jalan kaki dan senam aerobik. 

5. Mengurangi berat badan 

Bukan hanya bisa meningkatkan kekuatan otot saja, latihan push up yang kamu lakukan secara rutin juga bisa membantu mengurangi berat badan yaitu dengan cara membakar seluruh kalori berlebihan yang ada di dalam tubuh. Kalori yang telah terbakar dari push up ini sebanyak 7 kalori per menitnya. 

6. Membangun keseimbangan tubuh 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, latihan push up berguna untuk melatih kekuatan otot yang ada di dalam tubuh. Dengan mempunyai kekuatan yang sangat baik, maka keseimbangan tubuh mu bisa lebih terjaga. Untuk lansia, efek ini dapat menekan risiko terjadinya cedera karena terjatuh.

7. Membangun kesehatan jantung 

Melakukan latihan push up sebanyak 3-4 kali dalam seminggu pun bisa membantu membangun kinerja dan kesehatan jantung, sehingga peredaran darah pada tubuh selalu lancar. Dengan demikian, risiko kamu untuk terserang penyakit kardiovaskular pun menjadi berkurang.

8. Menguatkan otot di area persendian 

Push up pun berkhasiat untuk menguatkan otot-otot yang ada di area persendian bahu. Selain itu, tendon dan otot pada area bahu ini mempunyai tugas yang sangat penting guna menjaga tulang lengan bagian atas pada soket bahu. 

Namun, jangan kamu memaksakan diri guna melakukan latihan push up ini dengan jumlah yang banyak, khususnya bila kamu belum terbiasa untuk melakukannya. Bukan menjadi sehat, kamu malah semakin mudah mengalami cedera tendon dan otot. 

9. Meregangkan bisep 

Manfaat push up selanjutnya yang bisa kamu peroleh jika melakukannya secara rutin yaitu bisa meregangkan area bisep. Stretching atau peregangan merupakan hal yang penting sekali bagi kesehatan mu secara menyeluruh, terutama setelah dan sebelum berolahraga. 

Ketika melakukan push up ini, bisep bisa meregangkan seluruhnya karena gerakan menurunkan tubuh pada permukaan sedekat mungkin. Keadaan ini bisa memicu otot bisep berkontraksi. Sesudah itu, saat kamu menaikkan tubuh lagi pada posisi semula, maka otot bisep bisa kamu rentangkan seluruhnya. 

10. Memicu produksi hormon pertumbuhan 

Khasiat dari latihan push up setiap hari bukan hanya mempunyai dampak positif untuk tubuh terluar saja. Karena, push up pun bisa memicu hormon pertumbuhan yang sangat penting bagi kesehatan. 

Hormon pertumbuhan ini berperan untuk mendukung tubuh yang sehat dan tumbuhnya sel dalam tubuh. Hal ini pun sangat penting untuk membangun massa otot dengan lebih sehat. 

Tidak hanya itu, semakin sedikit jumlah hormon pertumbuhan dalam tubuh, maka semakin sulit untuk kamu meningkatkan massa otot bebas lemak. Dengan terawatnya tingkat hormon pertumbuhan pada tubuh, massa otot yang sudah kamu idam-idamkan bisa terbentuk. 

11. Membangun produksi hormon testosteron 

Tidak hanya hormon pertumbuhan, khasiat yang didapatkan dari latihan push up pun dianggap bisa memperbanyak produksi hormon testosteron yang merupakan hormon alami pada tubuh wanita atau pria. Namun, fungsi hormon yang satu ini lebih penting bagi pria. 

Hormon testosteron mempunyai peran untuk performa fisik, produksi berbagai hormon, massa otot, libido, sampai pertumbuhan rambut. 
Nah, itu dia beberapa manfaat push up yang bisa kamu peroleh untuk menyehatkan tubuh bagian luar dan dalam. Semoga sesudah membaca ulasan di atas ini, kamu menjadi semakin sering melakukan push up, ya!

Referensi:

Beragam Manfaat Push up untuk Kesehatan Tubuh Anda

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *