Ini Dia Perbedaan Hiit Cardio dan Workout, Kamu Harus Tahu

Ini Dia Perbedaan Hiit Cardio dan Workout, Kamu Harus Tahu

Apakah kamu masih bingung dengan perbedaan hiit cardio dan workout? Lalu, olahraga mana yang paling cocok untuk membakar kalori demi menurunkan berat badan mu? 

Ya, olahraga high intensity interval training (HIIT) dan workout adalah salah satu metode olahraga yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Biasanya olahraga ini bisa kamu bedakan menurut tipe latihan dan intensitasnya. 

Nah, dari olahraga Hiit dan workout ini, apa saja perbedaan dan mana yang bagus untuk kamu lakukan? Kamu bisa temukan jawabannya di bawah ini. 

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Apa itu olahraga HIIT dan Workout? 

Perbedaan latihan cardio dan workout bisa kamu lihat dari beberapa aspek seperti berikut ini. 

1. Terbukti bisa membakar kalori dan lemak 

Lemak dan karbohidrat merupakan sumber energi untuk tubuh. Tetapi, lemak merupakan sumber energi yang sangat besar dan bisa dipakai oleh tubuh dengan mudah. Supaya dapat membakar lemak dengan optimal, maka tubuh kamu memerlukan oksigen yang cukup. 

Olahraga cardio bisa memberikan tubuhmu banyak pasokan oksigen guna membakar tubuh demi mengurangi berat badan. Semakin sering kamu melakukan olahraga cardio, maka tubuhmu semakin terlatih untuk membakar lemak memakai oksigen. 

Sementara olahraga workout juga sebenarnya bisa membakar lemak. Namun, olahraga ini tidak perlu memakai oksigen, seperti hanya olahraga kardio. Oleh sebab itu, banyaknya jumlah lemak yang dibakar dalam olahraga kardio dan workout pastinya berbeda. 

2. Manfaat selama berolahraga 

Olahraga kardio sendiri fokus pada sistem peredaran darah dan pernapasan. Sedangkan, latihan workout berfokus pada tulang, fungsi otot, sendi dan tubuh secara menyeluruh. Kedua olahraga ini mempunyai manfaat yang berbeda. 

  • Manfaat olahraga kardio 

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga kardio ini seperti: 

  • Menjaga fungsi kecerdasan 
  • Menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer 
  • Menjaga berat badan tubuh 
  • Mencegah terserang osteoporosis 
  • Menurunkan risiko gagal jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung 
  • Memelihara peredaran darah dan gagal jantung 
  • Manfaat olahraga workout 

Sedangkan, olahraga workout juga mempunyai manfaatnya sendiri diantaranya yaitu: 

  • Meningkatkan performa aktivitas setiap hari 
  • Menjaga fungsi sendi 
  • Meningkatkan kepadatan dan stamina tulang 
  • Mengurangi resiko obesitas, sakit pinggang, sakit punggung, radang sendi dan cedera 
  • Menjaga keseimbangan tubuh, kelincahan, dan postur tubuh 
  • Meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

3. Anaerobik dan aerobik 

Istilah “aerobik” berarti berhubungan dengan oksigen, sementara “anaerobik” mempunyai arti sebaliknya. Seluruh latihan yang termasuk dalam olahraga aerobik ini berfungsi mengoptimalkan kemampuan tubuh mu guna menyerap dan menyalurkan oksigen. 

Olahraga kardio adalah salah satu jenis olahraga aerobik sebab olahraga ini bisa meningkatkan denyut jantung dan juga sistem pernapasan. Adanya peningkatan denyut jantung dan sistem pernapasan, maka tubuh bisa memperoleh cukup oksigen supaya dapat terus beraktivitas. 

Tidak sama seperti kardio, olahraga workout merupakan olahraga anaerobik dan tidak menekankan pada peningkatan sumber oksigen dalam jaringan tubuh. Olahraga ini memanfaatkan beban guna meningkatkan ketahanan otot sehingga semakin kuat. 

4. Jenis latihan  

Perbedaan selanjutnya dari olahraga kardio dan workout yaitu jenis latihan yang akan dilakukan. Olahraga kardio bisa dilakukan mulai dari intensitas ringan misalnya jogging dan berjalan kaki, sampai yang berat seperti mendayung dan panjat tebing. 

Ada beberapa contoh latihan kardio seperti bermain voli, tenis, sepak bola, menaiki tangga, bersepeda, berdansa dan berenang. Berbeda dengan olahraga kardio yang dapat kamu lakukan dalam waktu yang lama, olahraga workout ini dilakukan dalam waktu yang singkat dengan intensitas yang berat. 

Contoh dari latihan olahraga workout seperti flat bench press, angkat beban, chin-up, squat, sit-up, push-up, side plank, plank atau dengan latihan dumbbell. Bisa juga kamu latihan seluruh olahraga tersebut. 

Tentukan Olahraga yang Cocok untuk Kamu 

Sebelum kamu menentukan olahraga mana yang akan dipilih, maka kamu perlu menentukan terlebih dulu hasil seperti apa yang kamu inginkan. Jika tujuanmu untuk membakar kalori, maka kamu bisa mencoba olahraga workout. Karena, olahraga ini fokus untuk mengurangi lemak tubuh. 

Semakin lama waktu latihan, maka semakin banyak lemak yang bisa kamu bakar. Namun, sayangnya ada sebuah penelitian yang mengungkapkan jika melakukan workout lebih dari 45 menit dapat mengakibatkan hilangnya massa otot. Tidak lagi lemak yang diubah menjadi pasokan energi, tetapi massa otot sebab tubuh menggunakan jaringan otot untuk sumber energinya. 

Sedangkan manfaat utama dari olahraga HIIT yaitu membakar karbohidrat untuk kamu pakai menjadi energi selama proses latihan. Sementara lemak hanya menjadi sumber alternatifnya. Jika kamu mencari olahraga kardio yang dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes dan penyakit jantung, maka olahraga HIIT jawabannya. Karena olahraga ini baik guna menurunkan berat badan dan meningkatkan kekuatan jantung. 

Jenis olahraga HIIT memang bisa membakar karbohidrat dengan jumlah yang sangat banyak, namun intensitas olahraga ini memerlukan beberapa pertimbangan. Apabila kamu termasuk jarang berolahraga atau pemula, maka resiko terjadi cedera akan sangat besar. 

Tetapi, pada intinya pilihan yang paling cocok tergantung pada kamu dengan tetap memperhatikan frekuensi dan tujuan kamu berolahraga. Jangan sampai manfaat bagus dari olahraga tidak dapat kamu peroleh sebab tidak tepat dalam memilih jenis olahraga. Ada baiknya konsultasikan dengan instruktur olahraga atau dokter guna menentukan olahraga mana yang cocok dan sesuai untuk kondisi tubuh mu. 

Baca Juga: Jenis Olahraga Menurunkan Kolesterol yang Sangat Direkomendasikan

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang perbedaan HIIT cardio dan workout, bukan? Semoga sudah tidak bingung lagi dan bisa memilih olahraga mana yang cocok dan dibutuhkan oleh tubuhmu.

Selain rutin berolahraga, pastikan juga kamu menjaga asupan makanan kamu dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Nggak perlu repot untuk penuhi asupan makanan sehat, kamu bisa lakukan pemesanan makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, hingga snack sehat di rumah aja dengan aplikasi Astro. Astro menyediakan ribuan pilihan produk berkualitas untuk dukung gaya hidup sehat kamu. Pesan makanan sehat di aplikasi Astro, cepat nggak pakai ribet!

Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu