Ini Dia Manfaat Kacang Kacangan Untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata tidak hanya bisa dijadikan sebagai camilan atau bahan makanan saja, kacang-kacangan juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan beberapa jenis kacang juga mampu menekan terjadinya resiko penyakit berbahaya, namun tetap harus diimbangi dengan makan number nutrisi yang lainnya.

Sebenarnya hampir semua kacang mempunyai manfaat serupa bagi kesehatan. Manfaat kacang-kacangan bisa diperoleh karena terdapat kandungan nutrisi seperti asam lemak, serat, protein, magnesium, vitamin e, tembaga, fosfor, selenium, hingga omega 3.

Baca Juga: Rekomendasi Snack Kacang yang Enak Jadi Camilan Sehari-hari

Manfaat Mengkonsumsi Kacang-Kacangan Bagi Kesehatan

Sebelum kita membahas tentang manfaat dari kacang-kacangan ada baiknya kamu mengetahui bahwa kurang lebih 80% kandungan yang terdapat di dalam kacang adalah lemak tidak jenuh. Ini berarti mempunyai manfaat baik bagi kesehatan tubuh. 

Walau demikian kacang juga mempunyai kandungan kalori yang tinggi di mana dalam mengkonsumsinya haruslah sesuai dengan kebutuhan. Karena makan kacang-kacangan secara berlebihan jugalah tidak baik untuk kesehatan.

Beberapa ahli menyarankan apabila kamu ingin mengkonsumsi kacang-kacangan maka ada baiknya hanya sekitar 42,5 gram per hari atau hanya 4 porsi di setiap minggu. Pilihlah kacang yang dipanggang dan kandungan garamnya tidak terlalu banyak.

Bermanfaat untuk meningkatkan fungsi dari arteri

Manfaat yang kedua dari mengkonsumsi kacang bagi kesehatan tubuh manusia yaitu meningkatkan fungsi dari arteri, di mana ini berarti pembuluh darah yang terdapat di dalam tubuh akan mampu mengalirkan darah yang di dalamnya terdapat oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih maksimal.

Mengapa? Hal ini dikarenakan kacang memiliki kandungan zat yang bernama arginin, zat inilah yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi senyawa oksida nitrat di mana ketika senyawa ini ada dalam tubuh.

Maka akan mampu melebarkan atau memperbesar pembuluh darah sehingga nantinya dinding arteri menjadi lebih elastis dan akan dapat mengurangi terjadinya resiko sumbatan dalam pembuluh darah.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti Kacang-kacangan dan lainnya di Aplikasi ASTRO!

Bermanfaat bagi penderita jantung dan mencegah kolesterol

Manfaat yang selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar dari kolesterol dalam darah serta meningkatkan fungsi arteri bagi para penderita jantung. Ini berarti dengan kamu mengkonsumsi kacang dalam porsi yang cukup akan dapat menurunkan terjadinya resiko tekanan darah tinggi serta penyakit jantung.

Bermanfaat untuk mengurangi berat badan

Walaupun kacang dikenal mempunyai kandungan kalori tinggi tetapi sebenarnya ketika kamu sedang menjalankan diet dan memilih untuk mengkonsumsi kacang-kacangan ini sangat membantu untuk mengurangi berat badanmu.

Hanya perlu diingat bila jumlahnya tidak boleh berlebihan karena tubuh tidak akan dapat menyerap seluruh kalori yang terdapat di dalam kacang. Selain dikarenakan hal yang sudah disebutkan tadi kacang sendiri juga memiliki kandungan serat tinggi sehingga sangat cocok bagi kamu yang menjalankan diet.

Bermanfaat bagi penderita sindrom metabolik dan diabetes

Kacang-kacangan juga sangat bermanfaat bagi para penderita sindrom metabolik dan diabetes. Mengapa tanda tanya karena pada kacang terdapat karbohidrat yang cukup rendah serta tidak berpotensi meningkatkan kadar glukosa dalam darah.

Tidak hanya itu saja kacang juga memiliki kandungan zat anti radang yang bisa mengurangi peradangan di dalam tubuh yang mana sering dialami oleh para penderita diabetes melitus ataupun sindrom metabolik. Beberapa kacang yang mempunyai manfaat tersebut adalah kacang tanah, almond, mete dan kenari.

Bermanfaat untuk mencegah penuaan dini

Percayakah kamu bila kacang juga ternyata memiliki manfaat dalam hal pencegahan penuaan dini? Nyatanya mengkonsumsi kacang-kacangan yang berjenis kismis memiliki peran penting dalam memperlambat proses penuaan pada kulit.

Walaupun kismis memiliki rupa yang berkerut dan juga berwarna hitam tetapi kenyataannya kacang yang satu ini dapat menjaga tekstur kulit kamu tetap terlihat cerah merona. Karena kismis memiliki kandungan resveratrol tinggi, di mana zat inilah yang bisa membuat proses penuaan menjadi lebih lambat.

Bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit dan kolagen

Berikutnya kacang-kacangan juga bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit dan kolagen pada tubuh. Jadi sebenarnya adalah mitos ketika kamu mengalami jerawat setelah makan kacang karena sebenarnya kacang sama sekali tidak mengandung sesuatu yang dapat memicu munculnya jerawat di wajah.

Jadi, ketika kamu berjerawat hal tersebut dikarenakan faktor lain seperti terlalu lama terkena debu, kemudian kamu depresi atau stres, hingga penggunaan make up yang berlebihan dan tidak mencuci wajah setelah bepergian.

Bermanfaat untuk pencernaan

Manfaat berikutnya dari kacang-kacangan adalah melancarkan sistem pencernaan khususnya pada ibu hamil yang terkadang mengalami sembelit dikarenakan sulit buang air besar. Pada kacang terdapat serat yang cukup tinggi sehingga mampu membantu kamu.

Baca Juga: Resep Tumis Kacang Panjang Spesial: Sederhana dan Praktis

Bermanfaat untuk pertumbuhan otak pada bayi

Terakhir manfaat dari kacang-kacangan selain untuk kesehatan orang dewasa, tetapi juga baik untuk bayi. Khususnya bagi calon bayi yang masih berada di dalam kandungan ibunya. Dalam kacang-kacangan terdapat vitamin B9 atau asam folat yang sangat penting dalam pertumbuhan dan pembentukan otak serta sistem saraf.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat kacang-kacangan bagi kesehatan tubuh manusia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun, tentunya dalam mengkonsumsi kacang haruslah sesuai dengan kebutuhan, sebab tidak semua orang bisa menikmatinya apalagi jika mempunyai alergi.

Jika kamu sedang mencari produk kacang-kacangan untuk mendapatkan beragam manfaat kesehatannya, kamu bisa belanja produk olahan kacang terbaru dari Astro Goods! Astro Goods menghadirkan olahan kacang terbaru dengan varian Simply Roasted Almond Himalayan Salt, Simply Roasted Cashew Himalayan Salt, & Simply Trail Mix; yang merupakan olahan kacang almond, kacang mede, dan snack kombinasi buah-buahan dan kacang. Konsumsi kacang-kacangan dengan praktis dan rasakan manfaatnya! Dapatkan produknya sekarang di aplikasi Astro!

Klik banner di bawah ini untuk langsung belanja produk Simply Astro Goods di aplikasi Astro!

Arie Wahyu
Arie Wahyu