Ini Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat

Seperti yang kita tahu jika jerawat yang tiba-tiba datang di area wajah tentunya sangat mengganggu. Kamu menjadi badmood dan juga semakin tidak percaya diri karena adanya jerawat ini. Namun, sekarang ada banyak cara menghilangkan bruntusan di jidat secara alami ini bisa kamu coba dirumah.

Pastinya kamu semakin penasaran dengan semua cara untuk menghilangkan bruntusan ini, bukan? Untuk itu, langsung saja kamu intip berbagai cara nya di bawah ini. 

Tips Usir Bruntusan di Jidat 

Penyebab bruntusan pada jidat yaitu karena adanya penyumbatan kelenjar di permukaan wajah. Tetapi, kamu tidak perlu merasa gelisah sebab ada sejumlah cara untuk menghilangkan bruntusan di jidat yang dapat kamu coba. 

1. Lidah buaya 

Cara alami dalam menghilangkan bruntusan di wajah yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mengoleskan gel dari lidah buaya. Khasiat dari lidah buaya dianggap bisa menjaga kesehatan rambut dan kulit. Kamu dapat mengoleskan lidah buaya yang langsung dari tanaman nya atau memakai gel lidah buaya yang banyak dijual online. 

Oleskan di bagian jidat yang ada bruntusnya secara rutin. Anti bakteri yang terkandung dan anti radang dengan vitamin E di lidang buaya dianggap cocok menjadi cara untuk menghilangkan bruntusan pada wajah. 

2. Lemon 

Lemon juga bisa membantu kamu untuk menghilangkan bruntusan pada jidat. Karena di dalam lemon terkandung antibakteri dan senyawa astringent yang bisa mengelupaskan semua sel kulit mati dan menghindari terjadinya penyumbatan pada pori-pori wajah. 

Tetapi, jangan memakai lemon untuk waktu yang lama sebab berpotensi menyebabkan iritasi. Kamu bisa memakai lemon dengan meremasnya dan mengoleskannya di jidat yang telah dibersihkan menggunakan kapas. 

3. Teh hijau 

Biasanya bruntusan muncul di area jidat, maka kamu dapat memakai teh hijau untuk menghilangkannya. Teh hijau mempunyai kandungan polifenol yang bisa mengangkat bruntusan pada jidat dan mencegah kulit berminyak. 

Kamu bisa membuat masker wajah menggunakan teh hijau untuk mengatasi bruntusan. Cara nya sangat mudah, seduhlah sekantung teh hijau memakai air hangat. Gabungkan air seduhan teh tersebut dengan gel lidah buaya atau madu dan oleskan campurannya di jidat yang telah dibersihkan. 

Diamkan sekitar 10 hingga 20 menit. Pakai masker teh ini sebanyak dua kali dalam seminggu. Namun, dibutuhkan penelitian lebih dalam guna memastikan keefektifan khasiat teh hijau menjadi cara alami guna hilangkan bruntusan. 

4. Tea tree oil 

Mirip seperti lidah buaya, manfaat dari tea tree oil pun bisa dipakai menjadi cara untuk menghilangkan bruntusan pada jidat secara alami. Bahan yang satu ini mengandung senyawa anti radang dan anti mikroba. Kamu hanya perlu meneteskan sedikit tea tree oil yang sudah dicampur air. Lalu, oleskan di area jidat yang telah dibersihkan memakai kapas.

5. Konsumsi makanan tinggi zinc 

Mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan zinc yang tinggi pun dianggap menjadi salah satu cara untuk menyembuhkan bruntusan pada jidat. Alasannya, zinc memiliki peran penting untuk kesehatan kulit. Sehingga, tidak ada salahnya kamu mencukupi nutrisi zinc lewat makanan, seperti telur, kacang-kacangan dan lainnya. 

Jika perlu, kamu dapat mengkonsumsi zinc berbentuk suplemen. Tetapi, pastikan untuk melakukan konsultasi lebih dulu pada dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

6. Es batu 

Cara untuk menghilangkan bruntusan pada jidat ternyata dapat memanfaatkan es batu. Walaupun tidak bisa menyembuhkan bruntusan seluruhnya, pemakaian es batu bisa mengeluarkan sensasi dingin yang bisa menenangkan kulit. 

Tidak hanya itu, cara ini dapat mengurangi kemerahan dan rasa gatal yang muncul di kulit wajah sehingga adanya bruntusan di jidat dan area lainnya bisa tersamarkan. 

7. Putih telur 

Masker putih telur bisa dimanfaatkan menjadi cara untuk menghilangkan bruntusan pada jidat dengan alami. Manfaat dari masker yang satu ini dianggap bisa membersihkan kulit dengan cara mengangkat kotoran pada wajah dan menyerap minyak berlebih yang menjadi faktor timbulnya bruntusan. 

Tetapi, cara untuk mengatasi bruntusan ini masih belum bisa dibuktikan pada penelitian secara ilmiah. 

8. Minyak cengkeh 

Tidak hanya di dahi, bruntusan bisa muncul di hidung. Cara untuk menghilangkannya dengan cepat dapat memakai bahan alami, seperti minyak cengkeh. Minyak ini bisa mengatasi rasa gatal dan juga memberikan sensasi rileks pada kulit karena terdapat bahan eugenol di dalam kandungannya. 

Kamu dapat memakai minyak cengkeh yang telah dicampurkan beberapa tetes air, maupun berbagai jenis minyak esensial lainnya, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun guna memperoleh hasil terbaik. 

9. Minyak zaitun 

Minyak zaitun digadang-gadang dapat dijadikan cara untuk menghilangkan bruntusan pada wajah dengan alami. Kamu dapat memakai minyak zaitun dengan cara mengaplikasikannya di jidat atau mencampurkannya ke dalam produk perawatan yang lainnya. 
Demikianlah, berbagai cara menghilangkan bruntusan di jidat yang bisa kamu coba. Kamu bisa mendapatkan semua bahan-bahan diatas dengan memesannya lewat aplikasi Astro sekarang juga!

Referensi:

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah secara Alami dan Medis

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu