Ikuti Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami di Bawah Ini, Dijamin Cepat Hilang

Memiliki masalah ketombe tentunya sangat menyebalkan. Tak heran jika banyak orang yang mencari berbagai cara menghilangkan ketombe secara alami supaya masalah yang satu ini dapat lenyap dengan cepat. 

Tidak hanya gatal, banyak orang yang memiliki ketombe pun merasa tidak percaya diri karena malu, sehingga keadaan ini bisa mempengaruhi kegiatan sehari-hari. Pada umumnya, ada banyak hal yang bisa mengakibatkan munculnya ketombe seperti psoriasis, infeksi jamur di kulit kepala, kulit kepala terlalu kering dan juga kulit kepala terlalu berminyak. 

Dari banyaknya penyebab ketombe tersebut, masalah kulit kepala, seperti terlalu kering atau terlalu berminyak menjadi peluang untuk jamur Malassezia dapat berkembang secara besar-besaran. Keadaan ini juga dapat terjadi di seluruh kalangan, bahkan pada bayi. 

Untuk mengatasi hal tersebut, ada banyak cara untuk menghilangkan ketombe yang gatal dan membandel yang dapat kamu lakukan, tidak hanya memakai sampo antiketombe saja, kamu juga dapat memakai berbagai cara alami seperti berikut ini. 

Tips Alami Singkirkan Ketombe

Ada beberapa bahan alami yang dapat dipakai menjadi cara untuk menghilangkan ketombe yang gatal dan membandel. Walaupun begitu, harus kamu ketahui jika masih diperlukan penelitian lebih dalam guna membuktikan efektivitas bahan alami yang dipakai menjadi cara ampuh hilangkan ketombe.

Menthol adalah salah satu jenis bahan alami yang bisa mengatasi masalah ketombe di rambutmu. Jika kamu padukan bersama formula sampo yang lainnya, manfaat bahan alami yang satu ini sangat efektif guna mengatasi ketombe. 

Selain itu, ada beberapa bahan alami lain yang bisa menyingkirkan ketombe, berikut bahan-bahan alami yang dapat kamu gunakan. 

1. Tea tree oil 

Cara alami untuk menghilangkan ketombe yaitu memakai minyak pohon teh atau tea tree oil. Memang tea tree oil telah lama dikenal guna menangani berbagai masalah kulit, seperti jerawat hingga psoriasis. 

Salah satu studi yang ada di American Society for Microbiology sudah membuktikan jika khasiat tea tree oil ini bersumber dari kandungan anti peradangan dan antimikroba sehingga bisa menjadi cara untuk mengusir ketombe secara alami. 

Selain itu, minyak yang satu ini pun disebut pada studi yang dirilis pada American Journal of Clinical Dermatology, bisa menangkal jamur yang mengakibatkan ketombe dan dermatitis seboroik dengan efektif.  

Pada riset lainnya yang ada di Journal of the American Academy of Dermatology mengungkapkan jika pemakaian sampo yang mempunyai kandungan tea tree oil sekitar 5% ini bisa mengatasi ketombe sebanyak 41%. 

2. Minyak kelapa 

Keadaan kulit kepala yang sangat kering dapat memperburuk permasalahan ketombe yang kamu alami. Memakai minyak kelapa dapat menjadi cara alami guna menghilangkan ketombe sebab kemampuannya dalam menghidrasi kulit di kepala. 

Salah satu studi mendapati jika khasiat minyak kelapa pada rambut bisa mengobati masalah eksim, yaitu masalah kulit penyebab timbulnya ketombe. Minyak kelapa pun mempunyai sifat antimikroba yang bisa menyingkirkan jamur yang mengakibatkan infeksi. 

Walaupun begitu, masih diperlukan penelitian lebih banyak lagi tentang hal ini. Cara untuk mengusir ketombe menggunakan minyak kelapa yaitu dengan memakai 2 sendok minyak kelapa. Lalu, pijat kulit kepala perlahan-lahan. Biarkan sekitar 1 jam sebelum kamu membersihkannya dengan sampo. 

Pastikan kamu bersihkan kulit kepala supaya tidak ada minyak yang tersisa sebab bisa menyebabkan penyumbatan pada pori-pori. 

3. Lidah buaya 

Tahukah kamu bila lidah buaya dapat dipakai menjadi cara untuk mengusir ketombe yang alami?

Berdasarkan salah satu laporan ilmiah yang ada di Biomed Research International, khasiat lidah buaya ini asalnya karena terdapat kandungan antijamur dan antibakteri yang bisa menghalau ketombe. 

Tips mengusir ketombe menggunakan lidah buaya dapat memakai gel lidah buaya secara langsung atau bisa pula dengan produk lidah buaya yang banyak dijual dipasaran. 

Pakailah gel lidah buaya di kulit kepala dengan memijatnya hingga gel terserap sempurna di kulit kepala. Lalu, bilas sesudah membiarkannya selama 1 jam. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam seminggu. 

4. Cuka apel 

Tips untuk menghilangkan ketombe secara alami yang lainnya yaitu bisa memakai cuka apel. Sifat asam pada cuka apel diyakini bisa membantu melepaskan sel kulit mati yang ada di kulit kepala. 

Khasiat cuka apel bagi rambut pun bisa menyeimbangkan pH kulit untuk menekan tumbuhnya jamur penyebab ketombe. Walaupun begitu, harus kamu ketahui jika cara mengusir ketombe menggunakan cuka apel masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya. 

Apabila kamu berminat memakainya menjadi cara mengusir ketombe secara alami, kamu bisa campurkan 2-3 tetes cuka apel pada minyak esensial atau sampo. 

5. Minyak sereh 

Minyak sereh pun bisa dijadikan menjadi cara untuk mengusir ketombe dengan cara alami. Minyak sereh mempunyai zat anti radang dan antimikroba yang bisa menurunkan munculnya ketombe. 

Berdasarkan salah satu penelitian kecil yang ada di Complementary Medicine Research, kandungan minyak sereh sebanyak 10% pada hair tonic bisa menghilangkan ketombe hingga 81% sesudah pemakaian selama 2 minggu. 

Kamu dapat mencampurkan minyak sereh sebanyak 2-3 tetes pada kondisioner atau sampo yang biasa dipakai, lalu oleskan di kulit kepala sembari dipijat secara perlahan. Biarkan selama beberapa menit dan bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin sebanyak 2 kali dalam seminggu. 

Nah, itu dia cara menghilangkan ketombe secara alami yang bisa kamu lakukan. Ada beberapa cara lainnya yang bisa kamu lakukan seperti menggunakan soda kue, minyak zaitun, garam, jeruk nipis dan lainnya. Semoga beberapa cara di atas pun dapat membantumu untuk mengusir ketombe. 

Dapatkan berbagai kebutuhan harian berkualitas dengan proses pengantantaran yang cepat hanya dalam hitungan menit. Belanja sekarang di aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store & App Store!

Referensi:

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami yang Ampuh Dilakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *