Ikuti Cara Kurus Dalam 1 Minggu yang Ampuh dan Aman

Ikuti Cara Kurus Dalam 1 Minggu yang Ampuh dan Aman

Cara kurus dalam 1 minggu tanpa operasi atau obat ada berbagai macam. Cara yang satu ini mungkin bermanfaat untuk kamu yang sedang dalam keadaan “genting”, seperti ingin menikah dan harus turunkan berat badan supaya baju muat saat kamu gunakan karena pernikahannya minggu depan. 

Lalu, ada juga diet yang diyakini bisa menurunkan berat badan hanya dalam 2 minggu saja, yakni diet GM. Diet lainnya seperti diet sayur dan jus buah pun selalu diyakini dapat turunkan berat badan secara cepat. Padahal, hal tersebut belum bisa dibuktikan efektif dan aman. 

Baca Juga: Harus Tahu, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

8 Cara Diet Cepat Kurus Dalam 1 Minggu 

Terdapat sejumlah cara alami yang dapat kamu lakukan saat ingin menurunkan berat badan hanya dalam 1 minggu saja, seperti: 

1. Mengurangi asupan kalori 

Mengurangi porsi makan atau asupan kalori terbukti efektif untuk menurunkan berat badan secara singkat. Total kalori yang harus kamu makan per hari demi menurunkan berat badan tergantung dengan kebutuhan kalori setiap harinya. Sehingga, hitung terlebih dahulu kebutuhanmu, lalu tentukan untuk mengurangi asupan kalorimu. 

Supaya memudahkan kamu untuk mengurangi asupan kalori dan juga memaksimalkan dampak diet. Untuk itu, kamu perlu menghindari mengkonsumsi cemilan dan menambahkan bumbu penyedap, serta coba untuk memperbanyak makan protein tanpa lemak dan sayur-sayuran. 

2. Batasi asupan karbohidrat

Mengurangi konsumsi karbohidrat atau menjalani diet karbo, seperti roti, pasta, dan nasi, dianggap efektif untuk menurunkan berat badan secara cepat dan bisa meningkatkan kesehatan. 

Untuk pengganti karbo, kamu dapat memperbanyak konsumsi sayuran yang rendah akan karbohidrat, seperti pakcoy dan bayam, mengkonsumsi ikan, daging bebas lemak, serta putih telur. Protein juga dapat membantu kamu untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh mu. 

3. Kurangi mengkonsumsi makanan siap saji 

Tidak hanya mengurangi asupan kalori saja, mengurangi makanan siap saji pun bisa membantu kamu untuk turunkan berat badan, khususnya bila sebelumnya kamu termasuk sering mengkonsumsi makanan ini. 

Kamu bisa mengganti makanan siap saji dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein tinggi seperti, ayam dan ikan, serta sayur-sayuran yang rendah karbohidrat. Dengan demikian, kamu tetap selalu merasa kenyang tanpa mengkonsumsi banyak kalori. 

4. Perbanyak aktivitas fisik dan olahraga 

Dengan memperbanyak aktivitas fisik dan olahraga yang bisa membakar kalori juga menjadi cara untuk menurunkan berat badan hanya dalam waktu 1 minggu saja. Teorinya, semakin banyak kamu membakar kalori, maka semakin cepat berat badanmu berkurang. 

Oleh karena itu, mulailah untuk memperbanyak aktivitas fisik dan olahraga, seperti senam aerobik dan mengangkat beban, guna meningkatkan metabolisme dan massa otot tubuh serta mengurangi tumpukan karbohidrat. 

Jika hal tersebut berat untuk kamu lakukan, maka kamu bisa mengubah gaya hidup sederhana dengan bersepeda ke kantor, berjalan kaki selama 30 menit, lebih banyak berdiri, naik tangga atau membersihkan rumah bisa membantumu untuk membakar banyak kalori. 

Baca Juga: Jenis Olahraga yang Efektif Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

5. Berpuasa 

Diet puasa yang bisa kamu lakukan secara rutin pun dapat membantumu untuk diet. Secara tidak langsung, waktumu untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang berkalori menjadi berkurang karena puasa. Alhasil, kalori yang masuk dalam tubuh mu menjadi lebih sedikit. 

Kamu bisa melakukan puasa intermiten yang merupakan cara efektif dan terbukti bisa menghilangkan lemak dalam tubuh. Terdapat beberapa cara puasa intermiten yang berbeda-beda, seperti cara 16/8 dengan tidak melakukan sarapan setiap hari dan hanya boleh makan dalam periode 8 jam, seperti jam 12 siang sampai 8 malam. 

6. Kurangi begadang dan cukupkan waktu tidur 

Sebuah penelitian mengungkapkan jika orang yang sering begadang atau kurang tidur cenderung lebih banyak mengkonsumsi makanan pada malam hari. Tentunya hal tersebut memicu meningkatnya berat badan. Lalu, dengan mencukupi waktu tidur pun dapat lebih mengefektifkan pembakaran lemak. 

7. Konsumsi makanan utuh 

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk turunkan berat badan hanya dalam 1 minggu yaitu dengan mengkonsumsi makanan utuh. Makanan ini merupakan makanan yang berbahan dasar bahan pangan alami yang mengandung seluruh bagian yang bisa dimakan dan tidak akan mengalami pembuangan. 

Kacang merah, kacang hijau, kacang tanah dan kacang lainnya yang berkulit ari merupakan contoh dari makanan utuh. Makanan yang satu ini bisa mengenyangkan dan menjadi lebih mudah untuk mengkonsumsi lebih sedikit kalori. 

Semalam 1 minggu, kamu wajib menargetkan mengkonsumsi banyak makanan utuh berbahan tunggal. Jangan lupa untuk menghindari semua jenis makanan yang diproses. 

8. Pakai tips demi kurangi retensi air 

Cara mengurangi berat badan dengan cepat yaitu dengan memakai retensi air, seperti: 

  • Ekstrak dandelion: Suplemen yang dikenal ekstrak dandelion dilaporkan bisa membantu kurangi retensi air. 
  • Mengkonsumsi kopi: Kopi merupakan sumber kafein yang cukup sehat. Studi menunjukkan jika kafein bisa membantumu menghilangkan kelebihan air dan membakar banyak lemak. 
  • Perhatikan intoleransi mu: Mengkonsumsi makanan atau minuman yang kamu tidak toleran, seperti laktosa dan gluten, bisa mengakibatkan retensi air secara berlebihan dan kembung. Sehingga, hindari makanan tersebut sebisa mungkin. 

Makanan Apa Yang Membantu Berat Badan Cepat Turun?

  1. Biji Chia: Biji chia kaya serat, membantu mengurangi nafsu makan dan berfungsi sebagai penekan nafsu makan secara alami. Jika dimakan tanpa direndam, biji chia akan membesar di perut sehingga menambah rasa kenyang.
  2. Oat: Oat mentah membantu merasa kenyang lebih lama dan membantu merangsang sel-sel tubuh untuk lebih responsif terhadap insulin yang akan membantu mengurangi kadar lemak di sekitar perut.
  3. Pisang Masih Hijau: Pisang yang belum matang mengandung prebiotic-resistant starch yang membuat sel-sel lebih responsif terhadap insulin dan mencegah penimbunan lemak di sekitar pinggang.
  4. Udang: Udang meningkatkan perasaan kenyang dengan merangsang produksi hormon CCK. Selain itu, mengandung zinc dan selenium untuk kesehatan kekebalan tubuh dan energi.
  5. Salmon: Salmon tinggi protein dan omega-3 dan membantu merasa kenyang. Omega-3 juga berperan dalam penurunan berat badan pada individu dengan kelebihan berat badan atau obesitas.
  6. Apel: Apel tinggi serat dan antioksidan, dengan sifat anti-inflamasi dan kandungan vitamin C.
  7. Alpukat: Alpukat tinggi serat dan mengandung lemak sehat. Namun alpukat memiliki kandungan kalori tinggi, jadi pastikan kamu perhatikan ukuran porsinya.
  8. Sayuran: Sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan sayuran hijau tua membantu penurunan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi. Sedangkan sayuran renyah seperti seledri dan lainnya baik sebagai camilan rendah kalori karena mengandung vitamin, mineral, dan serat.
  9. Telur: Telur mengandung banyak vitamin penting serta mineral penting seperti potasium dan kalcium. Telur juga merupakan sumber protein yang sangat baik dan mudah dimasak sesuai dengan selera.
  10. Protein Tanpa Lemak: Ayam, ikan, dan daging sapi tanpa lemak membantu merasa kenyang lebih lama, dan menstabilkan gula darah.

Untuk memperoleh hasil terbaik, usahakan untuk selalu mengutamakan kesehatanmu selama menjalani cara-cara di atas. Jangan sampai berat badanmu turun drastis, namun kesehatanmu terganggu. Harus kamu ketahui juga jika cara menurunkan berat badan hanya dalam waktu 1 minggu biasanya sangat efektif untuk waktu yang sebentar saja. 

Baca Juga: Mengenal Cara Diet Debm yang Baik dan Benar

Nah, itu tadi beberapa cara kurus dalam 1 minggu yang bisa kamu coba sekarang. Untuk melakukan diet ketat ini, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan dan asupan makanan yang bergizi, ya! Kalau kamu mau belanja makanan bergizi, kamu bisa andalkan Astro yang siap mengantar pesanan selama 24 jam penuh. Download aplikasi Astro di Google Play Store atau App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu