Daftar Minuman yang Tidak Boleh Diminum Saat Diet

Daftar Minuman yang Tidak Boleh Diminum Saat Diet

Kamu telah menjalani diet ketat, tetapi masih gagal juga? Cobalah lihat kembali apa saja minuman yang dikonsumsi selama ini. Ada beberapa minuman yang tidak boleh diminum saat diet sebab jumlah gula dan kalorinya sangat tinggi sehingga bisa menggagalkan diet yang sedang kamu jalani. 

Alih-alih mencegah kamu makan lebih banyak dan memberikan rasa kenyang lebih lama, minuman tersebut justru diam-diam dapat menambah simpanan lemak dalam tubuh. Lalu, apa saja minuman yang harus kamu hindari? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Berbagai Minuman yang Tidak Bersahabat untuk Diet 

Kalori dan gula bukan hanya ada di dalam makanan saja. Minuman ringan seperti es teh sampai yang kental contohnya smoothie pun mengandung banyak gula dan kalori. Tetapi, jumlah kandungan dan dampaknya akan keberhasilan diet pastinya berbeda-beda. Supaya kamu berhasil turunkan berat badan, di bawah ini ada jenis minuman yang harus dihindari ketika diet: 

1. Smoothie dan jus buah dengan gula 

Buah-buahan bisa bantu turunkan berat badan, namun smoothie dan jus buah yang mengandung gula bisa menyebabkan efek sebaliknya. Bahkan, smoothie dan jus buah dalam kemasan biasanya menggunakan pemanis tambahan yang lebih banyak. 

Boleh saja kamu mengkonsumsi smoothie dan jus buah saat diet. Namun, pastikan untuk selalu memakai buah segar asli tanpa menambahkan gula. Jangan lupa juga untuk membatasi porsi dan jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. 

2. Minuman dengan krim dan sirup 

Minuman selanjutnya yang harus dihindari ketika diet yaitu yang mengandung krim dan sirup tambahan. Misalnya kopi yang selalu disajikan dengan krim dan sirup sehingga rasanya lebih nikmat. Sebenarnya kopi adalah minuman rendah kalori. Di dalamnya terdapat kafein yang dapat mengurangi nafsu makan membuat asupan makan kamu sedikit ketika diet. 

Tetapi, kopi dengan tambahan berbagai topping ini lah yang tidak sesuai untuk kamu yang sedang menjalani diet sebab mengandung banyak kalori dan gula. Sebagai contoh, 459 ml caramel frappuccino mengandung 8 sendok makan gula dan 420 kalori. 

3. Minuman bersoda 

Pada setiap satu kaleng minuman bersoda dapat mengandung 5 sampai 6 sendok makan gula. Padahal, anjuran asupan gula dalam satu hari hanya 4 sendok makan saja. Gula yang berlebih akan berubah menjadi lemak dan hal tersebutlah yang menyebabkan berat badan kamu sulit turun. 

Ini sebabnya minuman bersoda menjadi minuman yang harus dihindari ketika kamu sedang diet. Hal yang sama pun berlaku untuk soda diet. Walaupun tidak mempunyai kalori, penelitian kepada hewan justri menemukan jika minuman ini bisa meningkatkan nafsu makan kamu. 

4. Minuman berenergi 

Selanjutnya ada minuman berenergi yang memiliki kandungan gula dan kafein yang bisa menyebabkan ledakan energi sementara. Sayang sekali, jumlah gula pada minuman berenergi ini sangat tinggi sehingga kamu tidak bisa mengkonsumsinya saat diet. 

Selain itu, minuman ini juga tidak padat akan nutrisi. Minuman berenergi hanya bisa memberikan tambahan kalori, namun kamu tetap akan merasa kelaparan sesudah mengkonsumsinya. Dampaknya, mungkin kamu akan makan lebih banyak, akhirnya berat badan semakin bertambah dan gagal diet. 

5. Alkohol 

Minuman lain yang wajib kamu hindari ketika diet yaitu alkohol. Mengkonsumsi alkohol bisa menambah nafsu makan, mengganggu proses pencernaan, dan membuat kamu semakin ingin memakan makanan yang berlemak dan padat. 

Beberapa jenis alkohol juga banyak mengandung kalori. Kalori tersebut bisa berasal dari alkohol sendiri maupun berbagai campuran bahan lainnya seperti sirup, sari buah, soda dan lainnya. Minuman mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam keberhasilan kamu dalam turunkan berat badan. 

Minuman Sehat untuk Turunkan Berat Badan 

Supaya diet kamu berhasil, maka konsumsilah minuman yang sehat. Berikut ini ada beberapa minuman sehat yang bisa kamu konsumsi untuk turunkan berat badan. 

1. Air putih 

Tentunya air putih menjadi minuman sehat karena tidak mengandung kalori dan gula, sehingga tidak berisiko menambah bobot tubuh kamu. Sebuah penelitian mengungkapkan jika mengkonsumsi 1,5 liter air putih setiap hari selama 8 minggu diyakini bisa turunkan berat badan.

2. Teh hijau 

Teh hijau adalah minuman sehat yang akan akan antioksidan dan bebas kalori. Tidak hanya dapat turunkan berat badan saja, antioksidan didalamnya bisa mengurangi berbagai resiko penyakit seperti penyakit jantung, liver, dan diabetes tipe 2. Kamu dapat mengkonsumsi teh hijau sebanyak 2 kali sehari untuk membantu turunkan berat badan. 

3. Susu kedelai 

Susu kedelai juga menjadi minuman sehat untuk turunkan bobot tubuh kamu yang berlebih, karena tinggi akan nutrisi dan rendah kalori. Selain itu, susu kedelai bisa turunkan resiko terjadinya penyakit jantung, osteoporosis dan penyakit asam lambung. 

4. Jus sayuran 

Jus sayuran kaya akan gizi dengan kalori yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan jus buah-buahan. Dalam segelas jus tomat terdapat 40 kalori, sedangkan pada secangkir jus jeruk mempunyai 120 kalori. Lalu, jus sayuran pun banyak mengandung serat, sudah pasti dapat membantu kamu menekan rasa lapar. 

5. Susu rendah lemak 

Kelebihan susu yang satu ini yaitu kandungan lemaknya lebih sedikit dibandingkan susu murni. Oleh sebab itu, susu ini dapat kamu pilih menjadi minuman sehat guna turunkan berat badan berlebih. 


Nah, itu tadi ulasan mengenai apa saja minuman yang tidak boleh diminum saat diet dan yang boleh diminum. Semoga ulasan diatas bisa membantu kamu yang masih kebingungan dalam menemukan minuman sehat untuk membantu menurunkan berat badan. Kamu bisa mendapatkan minuman sehat untuk diet seperti teh hijau, buah-buahan segar dan lainnya hanya di Astro. Yuk, penuhi kebutuhan diet kamu dengan belanja di Astro!

Referensi:

Awas, 5 Minuman Ini Bisa Bikin Anda Gagal Turunkan Berat Badan

Jangan Lewatkan 8 Minuman Sehat Penurun Berat Badan Ini

Sumber Gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published.