Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin D, Bikin Badan Sehat

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin D, Bikin Badan Sehat

Vitamin D dikenal dengan nutrisi yang penting dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang, termasuk mampu memberikan kekuatan pada tulang. Bahkan dengan vitamin D yang tercukupi dalam tubuh maka mampu mencegah yang namanya penyakit pada tulang yaitu osteoporosis dan beberapa penyakit tulang lainnya.

Perlu kamu ketahui bahwa saat tubuh menerima kandungan vitamin D dalam tubuh, maka tubuh langsung bisa meresap suatu kalsium, dan beberapa komponen paling penting yang terdapat pada tulang. Ahli juga menjelaskan bahwa, vitamin D mampu mengatur berbagai macam manfaat sel yang terdapat pada tubuh.

Sifat anti-inflamasi, kemudian antioksidan, dan ada juga yang namanya neuroprotektif yang ada pada vitamin D yang mampu memberikan dukungan untuk meningkatkan kesehatan dan agar tubuh jadi lebih kebal terhadap penyakit. Setelah itu ada manfaat otot, dan yang terakhir bisa membantu beberapa sel-sel otak agar selalu aktif.

Selain itu pun, mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin D di dalamnya juga bisa meminimalisir risiko macam-macam penyakit. Diantaranya adalah mampu mengurangi adanya resiko penyakit tekanan darah tinggi, kemudian mampu mencegah adanya risiko penyakit kanker, mampu mencegah adanya risiko penyakit jantung dan bahkan mampu membantu dalam pencegahan adanya risiko depresi.

Vitamin D sangatlah penting bagi tubuh, maka jangan sampai meremehkannya, sebab apabila tubuh sampai mengalami kekurangan kandungan vitamin D, tulang akan mengalami pelunakan. Lunaknya tulang tersebut yang memicu adanya penyakit tulang yaitu osteoporosis.

Mendapatkan vitamin D yang mudah dan gratis yakni terdapat pada sinar matahari secara langsung. Cara kerjanya adalah dengan dilakukannya perubahan bahan kimia yang terdapat dalam kulit kamu dan jadilah bentuk vitamin yang aktif atau bisa disebut juga dengan kalsiferol. Kamu juga bisa menemukan kandungan vitamin D yang ada pada suatu makanan yang bisa dikonsumsi.

Meningkatkan vitamin D dalam tubuh bisa dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi. Namun, semuanya juga tetap harus seimbang, salah satunya tentu saja dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin D di dalamnya supaya dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh tercukupi.

Apabila kamu sudah berupaya meningkatkan kebutuhan vitamin D dalam tubuh masih kurang, maka tidak masalah jika menambahkan dengan cara konsumsi suplemen atau vitamin tambahan. Selain itu, mengkonsumsi vitamin tambahan juga bisa membuat kesehatan jantung lebih baik.

Kebutuhan vitamin D yang harus terpenuhi adalah kurang lebih 400 unit internasional atau IU terutama khusus pada anak-anak (usia 12 bulan). Kemudian pada orang mulai dari usia 1 hingga di usia 70 tahun maka, kurang lebih harus memenuhi kebutuhan vitamin D yakni di 600 IU. Selanjutnya untuk para lansia yang berumur 70 tahun ke atas maka harus memenuhi kebutuhan vitamin D mencapai 800 IU.

Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin D

Maka dari itu, supaya kamu bisa lebih jelas, berikut ini adalah ulasan singkat mengenai berbagai makanan yang memiliki kandungan vitamin D yang bisa kamu konsumsi sehari-hari dan mudah kamu temukan, agar kamu tetap menjalankan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi dan vitamin. Ada apa saja, simak yuk!

1. Telur

Selain mengandung protein yang tinggi, telur juga memiliki kandungan vitamin D di dalamnya. Sangat disarankan mengkonsumsi telur bagian kuning telurnya. Alasannya adalah kandungan vitamin D yang terdapat dalam kuning telur adalah 40 IU. 

Namun, jika kamu memang ingin meningkatkan vitamin D dalam tubuh, sebaiknya tidak mengkonsumsi telur secara berlebihan atau harus pandai kontrol pola makan dan menu. Hal ini, karena sebuah telur memiliki kandungan kurang lebih 200 miligram kolesterol. Tentu saja jika berlebihan akan mengancam kesehatan jantung.

2. Ikan Laut : Salmon

Ikan salmon dikenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi, tetapi perlu kamu ketahui juga, ikan salmon pun juga memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, ikan salmon memiliki kandungan yang kaya akan Omega 3. 

Kandungan tersebut sangatlah dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin D yang ada pada ikan salmon adalah jika terdapat 100 gram ikan salmon yang sudah diolah menjadi masakan maka artinya memiliki kurang lebih 447 IU. 

Namun, tidak hanya ikan salmon saja, ikan tenggiri, ikan sarden dan ikan makarel pun juga mempunyai kandungan vitamin D yang kaya di dalamnya. Maka sangat bagus untuk rutin dikonsumsi.

3. Jamur

Jamur yang dikenal memiliki kandungan vitamin D adalah jamur jenis portobello. Jamur tersebut jika dalam berat 100 gram maka kurang lebih memiliki kandungan vitamin D sebesar 400 IU.

Perlu kamu ketahui fakta mengenai jamur, jamur pun juga mengalami yang namanya produksi vitamin D yang dari sinar matahari langsung, sama halnya seperti manusia.

Demikian hal-hal yang bisa diulas secara singkat mengenai makanan yang mengandung vitamin D serta bagaimana manfaat dan kandungan yang ada pada makanan yang memiliki kandungan vitamin D di dalamnya. 

Tentu saja, dalam proses mengupayakan supaya menjalani kehidupan dan pola yang sehat kamu harus memenuhi segala nutrisi dan gizi yang ada pada tubuh. Salah satunya dengan meningkatkan vitamin D yang memang sangat diperlukan dalam tubuh. Selain berjemur di bawah terik sinar matahari secara langsung, kamu juga jangan sampai melewatkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin D seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Kamu yang sedang membutuhkan bahan makanan seperti susu, jamur, ikan salmon, ikan tenggiri, ikan sarden dan bahan makanan lainnya seperti telur bahkan jika kamu sedang membutuhkan bahan makanan lainnya, kamu bisa juga belanja di Astro. Astro selalu siap melayani kamu selama 24 jam tanpa henti. Pesan sekarang melalui aplikasi Astro yang bisa kamu download di Google Play Store dan App Store!

Referensi:

Vitamin D

Nutrition and healthy eating

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu