Contoh Makanan yang Mengandung Vitamin E dan Manfaatnya

Contoh Makanan yang Mengandung Vitamin E dan Manfaatnya

Vitamin E merupakan sumber nutrisi yang sangat baik serta sangat penting terutama pada bagian penglihatan, reproduksi, serta darah, otak, dan juga kulit. Bahkan vitamin E juga kaya akan antioksidan yang dapat memberikan perlindungan terhadap sel-sel dari adanya potensi radikal bebas.

Radikal bebas tersebut akan berpotensi risiko penyakit jantung, dan juga memiliki resiko penyakit kanker atau penyakit yang lainnya. 

Perlu kamu ingat kembali, bahwa dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin E sebab sifat antioksidan, maka dapat dibilang tidak memberikan manfaat yang serupa dengan adanya kandungan antioksidan alami.

Selain mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin E alami, tidak ada salahnya juga dengan mengkonsumsi suplemen makanan tambahan dalam bentuk kapsul atau tetes. Sedangkan apabila kamu mengalami kekurangan vitamin E dalam tubuh, maka akan berisiko penyakit nyeri saraf atau yang dikenal dengan neuropati.

Untuk rekomendasi takaran vitamin E untuk orang dewasa yang harus dikonsumsi dalam jumlah harian, kurang lebih kamu harus memenuhi kebutuhan vitamin E dalam jumlah 15 miligram. Zat gizi vitamin E akan mudah dijumpai dalam makanan-makanan yang kamu konsumsi setiap hari, tentunya harus selalu seimbang.

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin E

Apabila kebutuhan vitamin E dalam tubuh sudah tercukupi maka, kamu akan terhindari dari adanya risiko penyakit jantung, penyakit kanker serta terhindar dari potensi penyakit stroke. Maka dari itu, berikut ini adalah ulasan singkat mengenai apa saja makanan yang mengandung vitamin E yang wajib kamu konsumsi dalam memelihara kesehatan hidup dan menjaga pola hidup sehat. Ada apa saja, simak yuk!

1. Brokoli

Sayur brokoli memang sangat kaya akan gizi dan berbagai macam nutrisi di dalamnya, maka sayur yang satu ini sangatlah bermanfaat untuk memenuhi kesehatan kamu. Bahkan kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin E per harinya hanya dengan mengkonsumsi ½ gelas dari  rebusan sayur brokoli yakni kandungan vitamin E yang ada pada sayur brokoli yang kamu rebus setara dengan 4%.

2. Almond

Almond memiliki kandungan vitamin E yang cukup besar. Dari 20 butir almond saja, kamu sudah berhasil memenuhi kebutuhan vitamin E dalam tubuh sebesar 37%. Makanan yang terbuat dari almond seperti susu almond, kacang almond, dan juga minyak almond pun memiliki manfaat yang sama saja.

Kendati demikian, perlu diingat bahwa pada bagian kulitnya jangan dibuang karena, bagian tersebut memiliki manfaat yang baik. Alasannya adalah kulit almond mempunyai kandungan senyawa polifenol yang cukup tinggi, itulah yang akan memberikan kesehatan pada tubuh.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal dengan 1000 manfaat. Terdapat kurang lebih 1,9 miligram kandungan vitamin E dalam takaran 1 sendok makan (15 mili liter). Bahkan minyak zaitun juga memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin K, natrium, kalsium, kalium bahkan terdapat 13,5 sampai dengan 14 gram lemak di dalamnya.

Meskipun ada kandungan lemaknya, jangan khawatir karena lemak dalam minyak zaitun adalah jenis lemak yang sehat.

4. Kacang Tanah

Jika kamu hobi mengkonsumsi kacang tanah maka kamu beruntung. Karena kacang tanah merupakan salah satu sumber nutrisi vitamin E dengan 8,3 gram. Kandungan tersebut setara dengan kacang tanah dengan berat 100 gram. Dengan mengkonsumsi 100 gram kacang tanah, maka kamu sama saja telah memenuhi kebutuhan vitamin E harian kamu kurang lebih dalam jumlah 56%.

Manfaat mengkonsumsi kacang tanah adalah mendapatkan antioksidan yang bisa bantu menjaga kesehatan jantung, kesehatan gula darah, serta menjaga kesehatan empedu. Bahkan, kandungan vitamin E dalam kacang tanah bisa bantu kamu dalam memelihara seluler atau sel rusak yang disebabkan oleh adanya radikal bebas.

5. Alpukat

Kandungan vitamin E pada potongan dari setengah alpukat saja sama dengan 2 miligram. Artinya jika kamu mengkonsumsi buah alpukat setengahnya saja, kamu sudah memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin E sebanyak 14% untuk satu hari.

Perlu kamu ketahui juga bahwa selain bagian buahnya, kamu pun dapat mengkonsumsi minyak alpukat. Minyak alpukat sangat bermanfaat, sebab akan membantu menyerah antioksidan serta bantu memberi asupan vitamin pada tubuh.

Demikian ulasan mengenai informasi vitamin E serta makanan-makanan yang mengandung vitamin E yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Selain makanan yang sudah disebutkan diatas, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin E dengan mengkonsumsi daging, susu, sereal, serta bisa juga ditemukan pada kandungan minyak canola, margarin, dan sayuran daun hijau.  Mulai dengan menjaga pola makan merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan dalam menjaga pola hidup yang sehat. Selain itu juga harus selalu seimbang dengan cara rutin berolahraga.

Menjaga pola makan yang sehat tentu saja tidak boleh sembarangan, apalagi menyangkut kesehatan kamu di masa depan. Oleh karena itu, kamu harus selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang seimbang, serta belanja segala kebutuhan pangan di toko yang bisa dipercaya.

Bagi kamu yang sedang membutuhkan bahan makanan sehat dan masih fresh seperti sayur mayur, serta buah-buahan, bisa langsung belanja di Astro. Astro selalu siap melayani pesanan kamu selama 24 jam penuh. Selain itu, bisa juga unduh di aplikasi Astro agar lebih mudah dalam mengaksesnya. Astro akan membantu segala kebutuhan pangan yang masih segar dan terjamin kualitasnya, harganya juga terjangkau. Siap antar pesanan dalam waktu singkat sampai tujuan.

Referensi:

Vitamin E

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu