Cari Tahu Perbedaan Muesli Oatmeal dan Granola

Cari Tahu Perbedaan Muesli Oatmeal dan Granola

Apakah kamu merupakan orang yang gemar mengonsumsi makanan sereal dan biji-bijian? Namun apakah kamu sudah tahu jenis biji-bijian yang bisa dikonsumsi? Mungkin kamu kerap mendengar muesli oatmeal dan granola, apakah kamu pernah mengonsumsinya?

Dua jenis makanan yang mungkin pernah kamu konsumsi itu (Muesli Oatmeal dan Granola) memiliki perbedaan satu sama lain. Lalu apa perbedaan antara ketiga biji-bijian tersebut? Berikut ini penjelasan yang harus kamu simak tentang perbedaan antara kedua jenis makanan itu.

Baca Juga: Manfaat Oatmeal Untuk Asam Lambung yang Perlu Diketahui

Perbedaan Muesli Oatmeal dan Granola

Muesli adalah makanan dari biji-bijian yang pertama kali ditemukan di Swiss, atau berasal dari negara Swiss, tepatnya sekitar akhir tahun 1800-an. Muesli merupakan makanan yang terkenal di Eropa dan Amerika Utara, bahkan sampai saat ini makanan itu masih populer.

Granola juga merupakan makanan yang sebenarnya berasal dari bahan yang sama seperti muesli, yaitu dari rolled oat, biji-bijian, kacang-kacangan dan buah kering. Meski sama keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Kedua jenis makanan yang enak untuk dikonsumsi ini tentunya memiliki manfaat yang akan kamu dapatkan apabila kamu mengonsumsinya. Namun keduanya memiliki keunikan sendiri yang membedakan antara satu dengan yang lainnya, berikut ini perbedaan muesli, oatmeal dan granola dikutip dari hellosehat.com.

1. Perbedaan Rasa

Salah satu perbedaan mendasar antara muesli oatmeal dengan granola adalah soal rasa. Muesli rasanya hambar, karena ketika diolah di pabrik muesli tidak diberikan pemanis, sehingga rasanya hambar. Sedangkan granola diberikan pemanis, sehingga rasanya manis.

Bahkan seiring perkembangan zaman, granola dimodifikasi rasa manisnya di berbagai negara, tentunya menyesuaikan dengan selera konsumen. Sedangkan sampai saat ini muesli masih sama seperti semula, tidak diberi pemanis, rasanya hambar.

Biasanya muesli disantap dicampur dengan susu atau cairan lainnya seperti jus buah dan lain-lain, sehingga ada rasa yang enak ketika dimakan. Sedangkan granola dapat dimakan tanpa susu dan cairan manis, karena rasanya manis. Namun tidak salah juga apabila kamu ingin mencampurnya dengan susu.

2. Cara Pengolahan

Granola di pabriknya diolah dengan cara dipanggang kemudian diberikan pemanis, sedangkan muesli tidak dipanggang. Biasanya kamu harus memasak terlebih dahulu muesli di atas kompor, yaitu di dalam air yang mendidih, karena muesli harus diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan bahan-bahan untuk membuat Oatmeal dan Granola kamu di ASTRO!

Cari Tahu Perbedaan Muesli Oatmeal dan Granola

3. Cara Penyajian

Muesli dapat disajikan setelah kamu memasaknya terlebih dahulu, kamu bisa memasaknya di atas kompor dengan air yang mendidih. Selain dimasak, muesli juga dapat disajikan dengan cara direndam terlebih dahulu oleh susu dingin selama satu malam.

Sedangkan granola dapat kamu konsumsi langsung, hal tersebut dikarenakan granola sudah dipanggang di pabrik dan memiliki rasa yang manis. Meski begitu, bukan hal yang salah apabila kamu ingin memakan granola dengan susu, granola bisa dimakan langsung atau disajikan sesuai selera.

Baca Juga: Ini Manfaat Oatmeal Untuk Bayi yang Penuh Nutrisi

4. Tekstur Muesli dan Granola

Proses pengolahan yang berbeda akan menghasilkan tekstur yang berbeda. Muesli memiliki tekstur seperti bubuk, sehingga makanan itu harus dimasak terlebih dulu untuk disajikan dalam bentuk bubur, sedangkan granola memiliki tekstur kering dan bisa langsung dikonsumsi tanpa dimasak.

Hal tersebut dikarenakan granola diproses dengan cara dipanggang, sehingga teksturnya kering dan renyah. Apabila diolah dengan cara dimasak di atas kompor, tekstur granola akan sedikit lengket atau menempel, berbeda dengan tekstur muesli.

Manfaat mengonsumsi muesli dan granola

Muesli dan granola memiliki beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan apabila mengonsumsinya, makanan ini juga bisa menjadi makanan pokok menggantikan nasi, cocok untuk kamu yang mungkin sedang diet. Berikut ini manfaat mengonsumsi muesli dan granola.

1. Kenyang Lebih Lama

Orang yang mengonsumsi muesli dan granola akan merasakan kenyang yang lebih lama, hal tersebut dikarenakan keduanya merupakan makanan yang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga membuat perutmu terasa kenyang lebih lama.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Muesli dan granola mengandung banyak serat, sehingga kamu dapat makan sekaligus menjaga kesehatan sistem pencernaan, kedua makanan itu apabila dikonsumsi maka akan memelihara bakteri baik dalam usus, selain itu juga dapat melancarkan buang air besar.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung merupakan hal penting bagi setiap orang. Muesli dan granola juga ternyata mampu membantu menjaga kesehatan jantung apabila dikonsumsi secara intensif oleh setiap orang. Selain itu juga mengonsumsi keduanya dapat menurunkan kadar kolestrerol darah sampai 10 persen.

Baca Juga: Kenali Cara Konsumsi Chia Seed Untuk Diet

Demikian penjelasan tentang perbedaan muesli dan granola, keduanya memang memiliki perbedaan yang cukup spesifik, namun karena diolah dari bahan yang sama, keduanya memiliki manfaat yang sama jika dikonsumsi secara intensif oleh seseorang.

Kamu bisa membeli muesli dan granola untuk dikonsumsi setiap hari, jika kamu bingung dimana mendapatkan keduanya, tenang aja, Astro siap sedia membantu penuhi kebutuhan makanan-makanan sehat seperti muesli dan granola buat kamu. Belanja praktis dan nggak pakai lama cuma di aplikasi Astro. Kamu bisa download aplikasinya di Google Play Store atau App Store sekarang!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu