Cara Merebus Daun Pepaya Agar Tidak Pahit Saat Dikonsumsi

Cara Merebus Daun Pepaya Agar Tidak Pahit Saat Dikonsumsi

Buah pepaya tentunya memiliki manfaat yang penting untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Dengan pencernaan yang lancar maka membuat kamu terhindar dari sembelit atau sakit perut. Bukan hanya buahnya saja yang memberikan manfaat tetapi juga daun pepaya bisa diolah menjadi menu makanan sehari-hari. Namun rasanya pahit di lidah sehingga harus diolah terlebih dahulu dengan cara yang benar sebelum dimasak menjadi berbagai menu makanan. Jika kamu belum tahu caranya, berikut ini akan dibahas cara merebus daun pepaya agar tidak pahit saat dikonsumsi:

  1. Diawali dengan mencuci bersih daun pepaya sampai getahnya hilang kemudian masak air sampai mendidih.
  2. Kemudian tambahkan 1 sendok makan garam dan juga asam Jawa untuk 5 lembar daun pepaya ke dalam air yang sudah mendidih.
  3. Selanjutnya masukkan semua daun pepaya ke dalam panci untuk direbus.
  4. Lalu rebus daun pepaya dengan rentang waktu dari 3 hingga 5 menit, jika menginginkan tekstur yang tidak terlalu lembek maka bisa rebus 3 menit saja sedangkan jika ingin lembek maka bisa rebus hingga 5 menit.
  5. Siapkan wadah yang diisi air dan juga es batu kemudian masukkan daun pepaya yang sudah direbus kedalam wadah tersebut. Hal ini dilakukan agar warna hijau pada daun tetap terlihat cerah dan juga segar.
  6. Tiriskan sampai kering dan bisa diolah menjadi menu makanan apa saja sesuai keinginan.

Manfaat Daun Pepaya

Setelah mengetahui cara merebus daun pepaya agar tidak pahit maka selanjutnya bisa tahu manfaat yang ditawarkan untuk tubuh kamu. Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai manfaat dari daun pepaya yang wajib kamu tahu:

Mengobati Demam Berdarah

Salah satu manfaat penting yang berasal dari daun pepaya adalah mampu mengobati penyakit demam berdarah. Penyakit yang disebarkan oleh nyamuk ini bisa menimbulkan beberapa gejala seperti demam, pusing, muntah, ruam di kulit, dan beberapa gejala lainnya. Jika sudah terlihat berbagai gejala demam berdarah maka bisa langsung memanfaatkan beberapa lembar daun pepaya untuk diberikan agar bisa meringankan gejala hingga mengobati demam berdarah.

Mengendalikan Kadar Gula Dalam Darah

Bagi penderita diabetes tentunya harus sering mengkonsumsi daun pepaya karena salah satu manfaat yang diberikan yaitu mengendalikan kadar gula dalam darah. Daun yang satu ini mampu melindungi sel-sel dalam tubuh yang menghasilkan insulin di organ pankreas dari kerusakan yang mungkin terjadi.

Pencernaan Menjadi Lancar

Ekstrak dari daun pepaya juga bisa menjadi terapi untuk meringankan berbagai masalah pencernaan misalkan perut kembung. Ini disebabkan karena ada kandungan papain di dalam daun pepaya yang kaya serat. Papain ini berperan memecahkan protein berukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga mudah dicerna tubuh kamu.

Membuat Kulit Lebih Sehat

Manfaat lainnya adalah bisa membuat kulit kamu jadi lebih sehat dengan cara mengkonsumsi daun pepaya secara rutin. Selain dikonsumsi, biasanya daun pepaya juga bisa dioleskan di kulit agar kulit selalu lembut, awet muda, dan juga bersih. Adanya kandungan papain juga bisa mengurangi pori-pori yang tersumbat dan juga jerawat sehingga banyak orang yang memanfaatkan daun ini untuk kesehatan kulit.

Beragam manfaat di atas bisa diperoleh kamu jika memang rutin mengkonsumsi daun pepaya. Sekarang tidak sulit untuk menemukan daun pepaya karena sekarang sudah bisa dibeli di aplikasi Astro. Aplikasi ini menyediakan berbagai kebutuhan yang sulit ditemukan di luar seperti daun pepaya dan juga buah pepaya yang masih segar. Dapatkan semua produk yang dibutuhkan dengan membelinya sekarang juga melalui aplikasi Astro.

Hakim Habibie
Hakim Habibie