Cara Menghilangkan Cegukan yang Paling Efektif

Cegukan bisa terjadi sebab kejang di area diafragma, yakni otot yang berguna menjadi pemisah antara perut dan anggota perut. Keadaan ini menyebabkan udara secara tiba-tiba masuk ke dalam paru-paru, sehingga katup yang terdapat di dalam kerongkongan ini menutup dengan lebih cepat. 

Hal tersebutlah yang membuat keluarnya suara “ngik” saat kamu sedang cegukan. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan cegukan yang sangat efektif dilakukan. Namun, sebelum mengetahui cara menyembuhkannya, kamu harus mengetahui lebih dulu penyebab cegukan bisa terjadi agar dapat menghindarinya. 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Penyebab Terjadinya Cegukan 

Tidak terdapat alasan yang pasti mengapa kita bisa mengalami cegukan. Tetapi, kondisi atau kegiatan sehari-hari di bawah ini dianggap bisa memicu terjadinya cegukan: 

  • Mengkonsumsi sejumlah obat tertentu 
  • Terlalu banyak menelan udara 
  • Makan terlalu cepat dan banyak 
  • Mengkonsumsi minuman bersoda atau beralkohol 
  • Terjadi perubahan suhu yang mendadak 
  • Merasakan emosi yang sangat kuat seperti stres, terlalu gembira, dan gugup 
  • Mengidap keadaan medis tertentu, seperti masalah sistem pada saraf pusat, iritasi di bagian saraf yang mengelola otot diafragma, gangguan jantung atau penyakit saluran cerna 

Tips Menghilangkan Cegukan 

Untuk kamu yang masih kebingungan dalam menghentikan cegukan,ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan cegukan yang sangat mudah dilakukan, seperti berikut: 

1. Menahan napas 

Tahan napas menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan cegukan dan sudah dilakukan oleh banyak orang sejak dahulu. Caranya yaitu tarik nafas mu sedalam-dalamnya, tahan selama 10 detik dan keluarkan secara perlahan-lahan. 

Tidak hanya itu, kamu pun bisa mencoba untuk melakukan cara pernapasan khusus, seperti mencoba untuk menarik napas sekitar 5 detik, lalu keluarkan selama 5 detik juga. Kamu dapat terus mengulanginya sampai cegukan mu hilang. 

2. Menekan area diafragma 

Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu memberikan tekanan di area diafragma. Area tubuh yang satu ini terletak di antara dada dan perut. Cara ini dianggap bisa membantu diafragma menjadi cukup rileks dan juga tenang. 

Walaupun begitu, hindari menekan area tersebut terlalu keras, karena hal ini justru dapat menyebabkan hal yang fatal bagi tubuh mu. Cukup tekan sedikit saja sampai cegukanmu hilang, jika saat menekan diafragma ini kamu merasakan sakit, maka lebih baik jangan melakukannya dan coba cara lain yang aman untuk kamu lakukan guna menghilangkan cegukan ini. 

3. Menutup hidung 

Menutup hidung pun dapat menjadi cara untuk menghilangkan cegukan yang selalu dilakukan selain cara menahan napas. Kamu dapat melakukanya dengan cara menutup kedua lubang hidung dengan cara dijepit menggunakan kedua tangan. Saat menutup hidung, kamu dapat minum secangkir air putih atau hingga cegukan mu berhenti secara total. 

Baca Juga: Ini Manfaat Olahraga Lari Untuk Kesehatan

4. Bernapas memakai kantong kertas 

Kamu bisa menyiapkan satu kantong kertas yang ukurannya kecil. Tempelkan mulut mu pada bagian mulut dan hidungmu hingga tertutup seluruhnya. Lalu, kamu bisa mulai bernapas lewat kantong tersebut. Dengan tidak sadar, sebetulnya kamu akan menghirup karbondioksida lewat kantong kertas. 

Seluruh otot diafragma akan berkontraksi secara perlahan-lahan dan kembali rileks dan lemas. Walaupun demikian, jangan memakai kantong plastik saat kamu ingin melakukan cara yang satu ini. Karena kantong plastik mudah menempel di bagian mulut dan hidung ketika kamu mencoba bernapas memakai benda yang satu ini. 

5. Duduk dengan memeluk lutut

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan cegukan yaitu duduk dengan memeluk lutut. Posisinya diawali dengan duduk dan menekuk kedua kakimu. Berikutnya, peluk kedua lutut dengan mencondongkan tubuh ke depan, layaknya seperti meringkuk. 

Tahan posisi ini sampai selama 2 menit. Posisi ini bisa memberikan tekanan ke area diafragma membuat udara yang terperangkap di dalamnya dapat terdorong keluar sehingga cegukan mu berhenti. 

6. Mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu 

Siapa yang menyangka jika jenis makanan atau minuman tertentu dapat membantu menghilangkan cegukan. Di bawah ini diantaranya: 

  • Berkumur memakai air dingin 
  • Minum air putih sambil membungkuk 
  • Menelan sesendok gula pasir 
  • Menelan setetes cuka langsung ke mulut 
  • Minum secangkir air dingin secara perlahan-lahan 
  • Meletakkan irisan lemon di lidah dan hisap layaknya makan permen 

7. Peroleh penangan dari dokter 

Apabila cegukan ini berlangsung selama 2 hari atau lebih sehingga mengganggu aktivitas harian mu, seperti tidur, bernapas dan makan, maka kamu dianjurkan untuk datang langsung ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Cegukan dengan durasi yang lama bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit tertentu. Cegukan ini bisa kamu hilangkan dengan menyembuhkan penyakit yang kamu derita. Tidak hanya itu, mungkin dokter pun akan meresepkan obat guna menenangkan diafragma seperti klorpromazin, baclofen, dan gabapentin

Operasi saraf frenikus atau saraf yang memiliki peran untuk mengontrol diafragma bisa menjadi cara menyembuhkan cegukan. Cara ini hanya akan dilakukan bila berbagai cara untuk menyembuhkan cegukan tidak berhasil dilakukan. 

Walaupun biasanya tidak berbahaya, tetapi cegukan pun bisa menjadi sebuah tanya penyakit yang serius. Tidak perlu ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter bila cegukan yang kamu alami berlangsung dengan durasi yang lama beserta munculnya gejala lain, seperti mati rasa, kehilangan keseimbangan dan sakit kepala. 
Nah, itu tadi sejumlah cara menghilangkan cegukan secara alami yang bisa kamu coba saat sedang cegukan. Semoga cara di atas bisa membantu kamu yang bisa kebingungan untuk menghilangkan cegukan yang tak kunjung menghilang.

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Dapatkan segala produk kebutuhan harian hanya di Astro. Pesan online dengan praktis di aplikasi Astro, pesanan kamu akan sampai dalam hitungan menit saja! Yuk, download aplikasi Astro dan belanja sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu