Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Mudah dan Cepat

Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Mudah dan Cepat

Mempunyai perut buncit pastinya mengganggu kenyamanan mu saat berpakaian. Tetapi, hanya ada sebagian cara mengecilkan perut buncit yang mudah dan cepat. Menumpuknya lemak di dalam perut termasuk menjadi penyebab perutmu buncit. Keadaan ini bisa dialami oleh siapa saja, bahkan untuk orang yang kurus sekalipun. 

Karena terdapat berbagai hal yang menjadi penyebab membuncitnya perut, seperti gaya hidup dan genetik. Ternyata pola makan dengan gizi yang cukup belum cukup untuk mencegah perut membuncit. Kamu perlu mengimbanginya dengan rajin berolahraga demi membakar lemak di dalam perut. 

Lalu, apa saja cara mengecilkan perut buncit yang cepat dan mudah dilakukan? Yuk, simak beberapa cara nya di bawah ini. 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Ikuti Cara Ini untuk Kecilkan Perut Buncit

Kamu dapat menerapkan beberapa berikut yang sudah kami rangkum untuk kecilkan perut yang buncit. 

1. Rajin berolahraga 

Rutin berolahraga adalah cara mengecilkan perut buncit yang mungkin sering terdengar oleh kamu. Pada umumnya lemak visceral akan tertimbun pada orang-orang yang tidak pernah berolahraga, mengakibatkan perut membesar hingga bergelambir. 

Usahakanlah untuk berolahraga setiap hari selama 30 menit, kamu dapat mencoba olahraga dengan intensitas sedang, seperti senam, jogging, berenang, bersepeda dan berjalan. Jika kamu melakukannya secara rutin, maka cara menghilangkan perut buncit ini bisa meningkatkan denyut jantung, membakar lemak tubuh dan membantu menjaga berat badanmu. 

2. Perbanyak asupan serat dan protein 

Selain melakukan olahraga yang rutin, kamu dapat mulai memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein dan serat untuk menghilangkan perut buncitmu. Pada sistem pencernaan, serat diproses membutuhkan waktu yang lama sehingga membantu mu merasa kenyang lebih lama. 

Hasilnya, kamu pun dapat mengurangi asupan kalori. Selain itu, serat bisa menjaga fungsi dari sistem pencernaan yang bisa mengurangi perut terlihat kecil dan perut kembung. 

Sebuah penelitian yang ada pada jurnal Nutrition and Metabolism (2012) mengungkapkan jika protein bisa membantu tubuh untuk memperbaiki jaringan otot dan menjadikan tubuh merasa kenyang dalam waktu yang lama. Penelitian ini pun menemukan jika orang yang mengkonsumsi protein seperti daging, telur dan susu mempunyai kadar lemak perut sangat rendah. 

3. Kurangi mengkonsumsi karbohidrat olahan 

Tidak hanya meningkatkan asupan serat dan protein, Anda pun harus mengurangi mengkonsumsi makanan olahan yang tinggi akan karbohidrat seperti gula. Kamu pastinya tahu jika karbohidrat adalah sumber energi tubuh, namun tidak semua jenisnya baik untuk kamu konsumsi. 

Contohnya, mengkonsumsi terlalu banyak gula bisa meningkatkan kadar lemak pada darah bahkan dapat mengakibatkan diabetes. Rupa-rupanya karbohidrat olahan, kamu dapat mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang sehat untuk tubuh, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. 

Lalu, tidak kalah penting juga untuk mengecilkan perut dengan mengurangi karbohidrat pun harus dibarengi dengan mencukupi AKG (Angka Kecukupan Gizi) harian. 

Baca Juga: 8 Manfaat Olahraga Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

4. Lakukan latihan ketahanan 

Latihan ketahanan atau biasa dikenal dengan resistance training adalah sebuah cara untuk mengecilkan perut yang sangat populer di kalangan masyarakat. Olahraga ini diyakini tepat untuk kamu yang ingin mengurangi kalori, namun tetap ingin memiliki massa otot. 

Selain itu, meningkatkan massa otot pun bisa membantu tubuh untuk membakar kalori yang sangat banyak walaupun kamu sedang beristirahat. Kamu dapat melakukan latihan ketahan seperti, lunges, squat dan angkat beban. 

5. Penuhi asupan cairan 

Jika terbangun dan ukuran perutmu terlihat lebih besar, bisa jadi kamu mengkonsumsi makanan terlalu banyak di malam hari. Namun, tidak perlu cemas sebab terdapat cara supaya perut tidak buncit, yakni dengan memenuhi asupan cairan per harinya. 

Mengkonsumsi cairan bukan hanya dari air putih saja. Sumber cairan yang tubuh butuhkan bisa kamu dapatkan lewat makanan yang mempunyai kandungan air seperti smoothies, jus buah, dan sup. 

Mengkonsumsi smoothies dan buah-buahan ketika sarapan bukan hanya bisa menghilangkan perut buncit, namun juga membantu melancarkan sistem pencernaan supaya tidak sembelit. 

6. Jam tidur yang cukup 

Selain mempunyai manfaat untuk kesehatan, menjaga kebutuhan tidur agar selalu tercukupi pun menjadi cara untuk mengecilkan perut. Sebuah studi dari jurnal Metabolism mengatakan jika kurang tidur bisa mempengaruhi hormon pengatur nafsu makan. 

Hal tersebutlah yang membuat kamu merasa mudah lapar, khususnya pada malam hari ketika seharusnya tubuhmu beristirahat. Selain itu, para peneliti pun mencatat jika meningkatkan kualitas durasi tidur bisa membantu turunkan berat badan. 

Hal tersebut juga berlaku saat kamu ingin menghempaskan lemak viseral dalam perut, sehingga kamu harus mengatur kegiatan harian dan mengurangi begadang. 

7. Meningkatkan kebutuhan asupan lemak sehat 

Lemak mempunyai dua jenis yang berbeda, yakni lemak tak jenuh dan lemak jenuh. lemak tak jenuh biasa dikenal dengan lemak sehat sebab lemak ini sangat bagus untuk tubuh. Mengutamakan lemak sehat pada menu makananmu sehari-hari adalah cara kecilkan perut yang sangat mudah dilakukan. 

Sumber lemak sehat yang bagus untuk mengatasi perut yang buncit, seperti selai kacang bebas gula tambahan, minyak wijen, kacang-kacangan, buah alpukat, dan minyak zaitun. 

8. Kunyah makanan perlahan-lahan 

Apakah kamu tahu jika makan terlalu cepat dapat mengakibatkan tubuh memperoleh asupan kalori yang berlebihan? Pasalnya, mengunyah makanan terlalu cepat bisa membuat otakmu tidak memperoleh waktu untuk mengirimkan sinyal perasaan kenyang ke dalam tubuh. 

Selain itu, mengunyah makanan pelan-pelan dapat membantu mencegah rasa kembung dalam perut. Jika makanan tidak kamu kunyah dengan baik, tubuh juga akan kesusahan untuk mencernanya dan beresiko kamu mengalami sembelit. Untuk itu, coba untuk kunyah makanan pelan-pelan supaya nantinya perutmu tidak semakin buncit. 

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Demikianlah, beberapa cara mengecilkan perut yang bisa kamu coba mulai sekarang. Lakukan semua cara di atas secara konsisten supaya kamu mendapatkan hasil yang maksimal, ya. Jangan lupa, selalu andalkan Astro untuk memenuhi asupan makanan sehat kamu. Belanja di aplikasi Astro, cepat sampai dan siap antar selama 24 jam penuh!

Arie Wahyu
Arie Wahyu