Cara Membakar Lemak Perut dengan Cepat, Selamat Tinggal Buncit

Cara Membakar Lemak Perut dengan Cepat, Selamat Tinggal Buncit

Olahraga dan diet merupakan cara yang bisa menghilangkan lemak dalam perut. Tetapi, pada umumnya ini bukanlah cara membakar lemak perut dengan cepat. Lalu, apa ada cara cepat untuk menghilangkan lemak perut? 

Apabila kamu mau, hanya perlu waktu 30 hari saja untuk menghilangkan lemak di dalam perut. Dikutip dari Popsugar, berdasarkan pakar gizi dan pelatih kebugaran, Jim White mengungkapkan bahwa dalam kurun waktu sebulan seseorang dapat menurunkan berat badannya sekitar 0,5-1 kg selama seminggu. Sehingga jika sebulan, maka dapat menurunkan berat badan sampai 1,8 kg-3,6 kg. 

Jim White juga mengatakan, sebab 0,5 kg sama seperti 3.500 kalori, makan untuk turunkan berat badan dalam waktu seminggu. Kamu perlu membakar sebesar 500 kalori setiap harinya. Supaya bisa mencapai target itu, kamu harus melakukan beberapa cara, mulai dari melakukan defisit kalori, olahraga dan mengubah gaya hidup seperti tidur cukup dan menghindari stres. 

Dalam waktu 30 hari, kamu juga dapat mengurangi beberapa inci dari ukuran tubuhmu. Tetapi, kamu harus tahu jika 5-10 inci tersebut tidak hanya dari perut saja, tetapi ukuran semua area tubuh, seperti leher, bahu, kaki, lengan, dada, pinggul dan pinggang. Apabila kamu mempunyai target menghilangkan lemak, kamu dapat terlebih dahulu mengukurnya memakai meteran. 

Berdasarkan Healthline, lingkar pinggang lebih dari 102 cm untuk lelaki dan 88 cm untuk perempuan sudah masuk dalam kategori obesitas perut. Walaupun masing-masing orang berbeda dan sebagian orang mungkin membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh hasil, mengurangi lemak perut bisa jadi akan terjadi bila melakukan semua pendekatan secara terukur dan disiplin. 

Nah, di bawah ini ada beberapa cara membakar lemak perut yang dapat kamu lakukan seperti berikut. 

Baca Juga: Ini Jenis Olahraga Mengecilkan Perut yang Mudah Diikuti

Tips Menghilangkan Lemak Perut 

Ada sejumlah tips yang bisa kamu coba untuk membantu menghilangkan lemak dalam perut dengan mudah dan cepat, diantaranya: 

1. Hindari Minuman dan Makanan Manis 

Cara pertama untuk menghilangkan lemak dalam perut yang bisa kamu coba yaitu dengan jangan mengkonsumsi minuman dan makanan manis. Sebab dengan mengkonsumsi gula secara berlebihan bisa menjadi faktor utama kelebihan lemak pada perut dan juga hati. 

Cobalah untuk mengontrol asupan gula, termasuk minuman yang menggunakan gula tambahan, seperti minuman olahraga, jus buah, teh manis, kopi susu dan soda. Hindari semua minuman tersebut demi membakar lemak perut dengan cepat. 

2. Mengkonsumsi Banyak Protein 

Cara selanjutnya yang bisa membantu kamu untuk membakar lemak perut yaitu dengan cara mengkonsumsi lebih banyak protein. Dengan mengkonsumsi banyak protein bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan mengurangi rasa kelaparan. 

Menjadikan pola makan ini sebagai cara yang sangat efektif guna turunkan berat badan. Sejumlah penelitian memperlihatkan bila protein sangat efektif untuk menghilangkan lemak perut. Sebagian sumber makanan yang kaya akan protein ini bisa kamu konsumsi seperti produk susu, daging, kacang-kacangan, legume, ikan dan telur

3. Kurangi Karbohidrat 

Mengkonsumsi lebih sedikit karbohidrat pun menjadi cara membakar lemak perut. Beberapa penelitian memperlihatkan jika mengurangi karbohidrat sangat efektif membantu membuang lemak pada area perut, hati dan organ lainnya. 

Tetapi, upayakan karbohidrat yang dibatasi merupakan karbohidrat olahan seperti roti, permen dan gula. Ini diyakini sudah sangat cukup guna membantu kurangi lemak perut, khususnya bila kamu menjaga asupan protein dengan benar. 

Baca Juga: Apa Saja Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

4. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi 

Beberapa bukti memperlihatkan jika makanan tinggi serat larut bisa menjadi cara yang cepat untuk menghilangkan lemak dalam perut. Menerapkan pola makan yang satu ini idealnya bisa memberikan perbaikan yang cukup besar untuk kesehatan metabolisme dan meminimalisir terserang penyakit tertentu. 

Cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh serat lebih banyak yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan nabati, termasuk buah dan kacang. Kacang polong dan berbagai jenis sereal, contohnya gandum utuh pun merupakan sumber serat yang bagus. 

5. Rajin Berolahraga 

Lakukan olahraga secara rutin guna membantu kurangi lemak perut dan memperoleh manfaat kesehatan yang lainnya. Jim juga menganjurkan untuk kamu melakukan kardio selama 30 sampai 60 menit untuk 3 sampai 5 hari dalam seminggu. 

Membakar sebanyak 500 kalori sehari bisa kamu capai lewat latihan kardio, mengkonsumsi sedikit kalori dan lebih banyak berjalan. Ia pun menganjurkan latihan kekuatan 2-4 kali dalam seminggu. Latihan ini bukan hanya bisa membakar kalori saja, namun juga membantu membuat otot bebas lemak yang bisa membakar kalori lebih banyak ketika beristirahat. 

Sydney Eaton sebagai pelatih pribadi dan kepala kebugaran juga mengungkapkan jika latihan interval sangat efektif menghempaskan lemak dengan sangat cepat. Jika setiap hari melakukan kardio, maka kamu bisa memilih latihan tersebut dalam bentuk sprint selama 20 menit. 

6. Mencatat Kalori yang Masuk 

Untuk menerapkan defisit kalori, Jim menyarankan mengkonsumsi 500 kalori dari jumlah pengeluaran energi harian. TDEE merupakan total kalori yang kamu bakar dalam satu hari yang didasari pada beberapa faktor seperti tingkat aktivitas, jenis kelamin, tinggi badan dan usia. 

Untuk memperoleh angkanya, sekarang ada kalkulator TDEE online yang dapat kamu gunakan. Tetapi, pastikan kalori yang kamu makan tidak lebih dari 1.200 per harinya untuk perempuan. Mengkonsumsi kalori yang sangat sedikit dapat memperlambat metabolisme tubuh dan memberikan efek negatif seperti rambut rontok, kurang energi, kelaparan sampai siklus menstruasi terganggu. 

Baca Juga: Jenis Olahraga Menurunkan Kolesterol yang Sangat Direkomendasikan

Itulah cara membakar lemak perut dengan cepat yang bisa kamu lakukan hanya dalam waktu sebulan saja. Tetap perhatikan kesehatan tubuh saat ingin melakukan diet ini agar kamu tidak sakit. Selamat mencoba! 

Oiya, buat kamu yang mau coba membakar lemak perut dengan gaya hidup sehat seperti di atas, jangan lupa selalu andalkan Astro. Astro menyediakan berbagai makanan sehat yang bisa dukung proses diet kamu. Langsung pesan makanan sehat di aplikasi Astro yang cepat sampai dan beroperasi selama 24 jam penuh.

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu