Bunda, Ketahui Manfaat Memasak Bersama Anak

Bunda, Ketahui Manfaat Memasak Bersama Anak

Memasak adalah aktivitas yang sangat menyenangkan untuk dilakukan bersama-sama, apalagi jika dibarengi bersama sang buah hati. Saat masak dengan anak, maka suasana akan menjadi lebih ramai, suasananya yang semakin seru. Bahkan sedikit permainan kecil untuk anak tentang permainan tebak-tebakan nama bahan dan makanan, dan masih masih banyak lainnya.

Meskipun memang terkadang kamu akan berpikir bahwa masak dengan anak hanya akan merepotkan dan butuh pengawasan ekstra. Karena terkadang anak melakukan hal-hal yang membuat kamu khawatir dan tidak akan pernah terduga. Tidak sedikit orang tua yang memilih untuk tidak mengajak anak ikut memasak bersama. 

Namun, perlu kamu ketahui, ternyata masak dengan anak-anak selain bisa saling menambah keseruan, masak dengan anak-anak pun juga memiliki manfaatnya tersendiri yang bahkan mungkin saja tidak kamu sadari sejak awal.

Terdapat manfaat memasak bersama anak yang harus kamu ketahui.

Baca Juga: Apa itu Tantrum Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Manfaat dari memasak Bersama dengan Si Kecil

Waktu yang kamu berikan untuk memasak dengan anak adalah salah satu bentuk upaya supaya anak bisa lebih kreatif dan karakternya menjadi positif. Tidak hanya itu saja, tetapi kamu bisa menemukan manfaat yang lain saat memasak dengan anak. Simak yuk!

1. Bantu Anak Lebih Percaya Diri

Anak yang masih kecil tentu harus kamu perhatikan bagaimana pembentukan karakternya dengan baik. salah satunya yakni dengan mengajaknya memasak bersama. Apabila kamu mengajak anak memasak bersama maka rasa kepercayaan diri anak akan jadi lebih besar.

Usahakan untuk mengapresiasi kepada anak atas kerja kerasnya saat membantu kamu memasak. kamu bisa memberikannya dalam bentuk tindakan berupa tepuk tangan, atau melalui verbal “kamu hebat! dan lakukan saat anak kamu berhasil melakukan apa yang seharusnya dikerjakan saat memasak.

Biasanya anak akan lebih baik hanya membantu dalam hal memotong sayur, jika berhasil maka kamu apresiasi. 

Namun, apabila anak melakukan kesalahan, tunjukkan dan berikan arahan serta pengertian dengan cara yang benar. Usahakan kamu jangan membentak anak, itu hanya akan membuat anak tidak percaya diri.

Dengan begitu, anak merasa senang dan percaya diri karena sudah mencoba pengalaman baru. Tidak lupa, sembari memasak, kamu juga harus selalu mengawasi buah hati supaya tetap aman dalam dapur.

2. Bantu Melatih Anak Lebih Mandiri

Selain bisa bantu rasa kepercayaan diri anak lebih meningkat. Memasak bersama anak juga bisa membantu anak jadi lebih memiliki kepribadian yang mandiri.

Dalam memasak, kamu bisa minta tolong kepada anak untuk mencuci sayur dan segala bahan lainnya sendiri., atau minta tolong kepada anak untuk mengambilkan air, mengambilkan bumbu dan mengumpulkan bahan makanan dalam lemari es, dll.

Dalam hal ini kamu juga harus cermat dalam memberikan tugas kepada anak, cukup tugas yang ringan saja. Selanjutnya, kamu harus pelan-pelan mengajarkan tentang rasa tanggung jawab serta pengertian. 

Pada poin ini, kamu akan kesulitan jika mengajak anak yang usianya masih kecil. Kalau anak sudah berusia cukup besar dan mudah diajak diskusi maka kamu akan mudah mengajarkannya.

Baca Juga: Resep Camilan Apel Untuk Anak yang Pasti Enak

3. Panca Indera Anak Lebih Terangsang

Selanjutnya, pada bagian panca indera anak jadi akan merangsang atau menstimulasi panca indera. Sebagai contoh nyatanya, saat anak membersihkan sayur dengan air mengalir (peraba), mencium aroma masakan (penciuman), mendengarkan alat untuk mengaduk adonan (pendengaran), mencicipi hasil masakan (indera perasa atau ragam rasa pada lidah).

4. Cocok Sebagai Media Belajar: Berhitung dan Membaca

Manfaat memasak bersama anak juga bantu sebagai media belajar yang bagus dan cocok, khususnya untuk membaca dan berhitung. Jika kamu menggunakan resep, maka anak akan membaca resep. Itu artinya akan membantu anak dalam menambah kosakata yang baru.

Kemudian, anak juga bisa sekaligus belajar menghitung. Contohnya, menuangkan takaran tepung ke dalam wadah, saat memecahkan telur, memasukkan potongan sayur, dan lain-lain. Hal ini tentu saja sangat membantu anak dalam mengasah kecerdasannya.

5. Bantu Pola Makan Anak Lebih Baik dan Sehat

Kalau memasak bersama anak, kamu dapat memperkenalkan sayur sembari mengajarkan kepada anak tentang pentingnya sayur dan alasan kenapa anak harus makan sayur secara pelan-pelan saja. 

Tidak hanya itu saja, apabila anak sudah terbiasa dengan pola makan yang sehat, nanti semakin lama maka anak akan merasa lebih semangat. Khususnya saat momen memasak bersama lalu ingin makan. Karena kamu sudah menjamin kesehatan anak dengan memasak makanan yang sehat, tentu itu akan menjamin kesehatan anak meningkat dan lebih baik.

6. Bantu Hubungan Anak dan Orang Tua Semakin Erat

Memasak bersama dengan anak tentu saja adalah hal yang sangat menyenangkan. Dengan begitu, interaksi yang ada saat momen tersebut terasa lebih hangat dan lebih dekat. Maka dari itu, anak dan orang tua tidak akan ada batas. 

Anak akan jadi merasa lebih nyaman dengan orang tuanya, sehingga akan tercipta sikap yang lebih terbuka.

Baca Juga: Pilihan Buku Aktivitas untuk Bantu Melatih Kecerdasan Pada Anak

Itulah ulasan mengenai manfaat memasak bersama anak. Jangan lupa selalu dampingi anak dalam prosesnya ya! Kalau kamu punya ide untuk memasak bersama anak di akhir pekan, kamu bisa andalkan Astro untuk belanja bahan-bahan masak dari rumah! Pesan lewat aplikasi Astro, 15 menit pesanan sampai di rumah kamu. Yuk, belanja kebutuhan masakmu di Astro!

Referensi :

Arie Wahyu
Arie Wahyu