8 Buah yang Baik Untuk Otak 

Otak merupakan organ tubuh penting yang berperan menjadi pusat kendali tubuh. Ada beberapa buah yang baik untuk otak. Untuk beberapa orang, kesehatan otak mungkin dianggap kurang penting. Padahal otak sangat penting untuk membantu aktivitas sehari-hari. 

Otak juga berisiko mengalami kerusakan layaknya organ tubuh lainnya. Dengan merawat kesehatan otak, dapat mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan otak di kemudian hari. Lalu, buah-buahan apa saja yang bagus untuk kesehatan otak? Yuk, intip daftarnya berikut ini. 

Baca Juga: Kenali 10 Buah Tropis Indonesia yang Penuh Nutrisi dan Kesehatan

Rekomendasi Buah untuk Kesehatan Otak 

Kamu bisa mengkonsumsi beberapa rekomendasi buah berikut untuk menjaga kesehatan otak. Buah tersebut diantaranya, yaitu: 

1. Beri 

Dikutip dari Health Line, buah-buahan beri mempunyai kandungan flavonoid dan antioksidan. Sedangkan, penelitian menunjukkan bila zat tersebut bisa menjadikan buah beri sebagai makanan yang bagus untuk otak. 

Antioksidan sendiri berguna untuk menurunkan stres oksidatif dan peradangan. Tidak hanya itu, senyawa antioksidan pada buah beri mempunyai berbagai efek positif untuk otak, seperti: 

  • Membangun komunikasi antara sel-sel dalam otak 
  • Menurunkan peradangan di semua tubuh 
  • Menaikan platistas, yang membantu sel dalam otak membuat koneksi baru 
  • Meningkatkan memori dan pembelajaran 
  • Mengurangi atau mencegah penyakit neurodegeneratif terkait umur dan penurunan kognitif 

Buah beri tinggi akan antioksidan yang bisa menunjang kesehatan otak, jenis buah beri tersebut, seperti mulberry, blackcurrant, blueberry, blackberry dan strawberry. 

2. Jeruk 

Mengkonsumsi jeruk yang tinggi akan vitamin C sangat penting guna mendukung kesehatan otak. Hal tersebut sebab, vitamin C merupakan faktor kunci untuk mencegah penurunan mental. 

Mengkonsumsi makanan tinggi vitamin C dengan jumlah yang sesuai bisa melindungi diri dari penyakit Alzheimer dan penurunan mental yang berhubungan dengan umur. 

Vitamin C juga menjadi antioksidan kuat yang bisa membantu menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel otak. Tidak hanya itu, vitamin C pun mendukung kesehatan otak seiring dengan bertambahnya umur. 

3. Jambu biji 

Sama seperti jeruk, kandungan vitamin C pada buah jambu biji pun sangat tinggi yang bermanfaat guna menjaga fungsi otak dan kesehatan tubuh. Vitamin C masuk dalam golongan antioksidan yang dapat dimanfaatkan untuk membantu menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel di dalam otak. 

Bukan hanya jambu biji dan jeruk, kamu pun dapat memperoleh vitamin C dengan jumlah yang banyak pada tomat dan kiwi. 

4. Apel 

Dikutip dari Medical News Today, buah apel merupakan buah yang tinggi akan mineral, vitamin dan serat, yang semua nya berguna untuk kesehatan. Apel pun menawarkan beragam zat yang termasuk antioksidan guna membantu menetralkan radikal bebas. 

Beragam zat antioksidan tersebut, seperti asam klorogenik, katekin phloridzin dan quercetin. Untuk itu, kamu bisa mengkonsumsi buah apel untuk merawat kesehatan otak agar tidak terjadi penurunan fungsi. 

Baca Juga: Rekomendasi Buah-Buahan yang Mengandung Protein: Kamu Harus Tahu!

5. Alpukat 

Alpukat sama baiknya seperti buah beri untuk meningkatkan kesehatan otak. Memang benar jika alpukat merupakan buah berlemak, namun lemak tersebut merupakan lemak tak jenuh tunggal, yang memiliki kontribusi untuk aliran darah yang sehat. 

Alpukat juga mempunyai manfaat guna menurunkan tekanan darah. Namun, kamu perlu tahu jika alpukat mempunyai kandungan kalori yang tinggi, sehingga sangat disarankan hanya dikonsumsi sebanyak ¼ sampai ½ saja dalam sehari. 

6. Anggur 

Anggur pun dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Caranya yaitu dengan melancarkan aliran darah ke otak, yang membuat oksigen pun bisa masuk ke dalam otak tanpa hambatan. Dengan rajin mengkonsumsi anggur, kamu bisa membuat otak lebih sehat dan juga menjaga fungsinya. 

7. Delima 

Delima atau biasa dikenal dengan pomegranate pun menjadi buah yang bagus untuk kesehatan otak. Delima mempunyai kandungan glukosa yang bisa memberikan energi untuk otak supaya bisa berfungsi dengan sempurna. 

Buah delima pun sangat bagus dikonsumsi oleh para ibu hamil supaya bisa menunjang kesehatan otak bayi ketika lahir nantinya. Jika kamu sedang hamil, maka kamu perlu rajin mengkonsumsi buah delima. 

8. Pisang 

Pisang tinggi akan magnesium dan potasium yang dapat menambah energi dan menajamkan fokus otak. Sehingga bagus sekali dikonsumsi guna menunjang kemampuan belajar. Pisang juga dapat mempengaruhi suasana hati supaya menjadi lebih baik, sehingga dapat menjadikan otakmu bisa berpikir lebih jernih dan tenang. 

Tidak hanya itu, buah ceri pun sangat bagus untuk otak karena dapat melawan radikal bebas yang dapat berbahaya untuk otak. Ceri bisa mengurangi dan mencegah peradangan yang terjadi di area otak. Ceri juga bisa mencegah penuaan dalam otak. 

Baca Juga: Daftar Buah yang Baik Untuk Lambung, Aman Untuk Penderita Asam Lambung

Itulah rekomendasi buah yang baik untuk otak yang bisa kamu konsumsi guna membantu otak menjaga seluruh fungsinya. Kamu bisa dapatkan semua buah di atas dengan kualitas terbaik dan tentunya masih segar hanya di aplikasi Astro! Cukup pesan melalui aplikasi, maka belanjaan buah mu akan sampai dalam hitungan menit saja. Yuk, belanja sekarang!

Referensi:

5 Buah segar yang baik untuk kesehatan otak

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu