Baik Untuk Kecantikan, Ini Manfaat Tomat Untuk Wajah

Baik Untuk Kecantikan, Ini Manfaat Tomat Untuk Wajah

Bukan hanya dipakai menjadi bahan masakan saja, manfaat tomat untuk wajah pun jangan sampai kamu lewatkan. Berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya ternyata bisa menjaga kelembaban kulit sampai mencegah munculnya penuaan dini. 

Tidak sedikit orang yang tahu jika buah tomat menjadi sumber vitamin A yang bagus untuk menyehatkan mata. Tetapi, masih banyak orang juga yang tidak mengetahui jika buah tomat pun bagus untuk kesehatan wajah. 

Selain vitamin A, buah tomat pun mengandung berbagai nutrisi lainnya, seperti protein, vitamin C dan vitamin E. Lalu, tomat kaya akan antioksidan seperti likopen dan flavonoid yang bisa melindungi kulit dan tubuh dari berbagai serangan radikal bebas. 

Baca Juga: Kulitmu Berminyak: Tips Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah ini Wajib Dicoba!

Berbagai Manfaat Tomat untuk Wajah 

Manfaat tomat bagi wajah mu bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsinya langsung maupun membuat tomat menjadi masker wajah. Tidak hanya itu, tomat pun selalu dipakai menjadi bahan dasar pada berbagai produk perawatan untuk kulit wajah. Nah, di bawah ini ada sejumlah manfaat dari tomat yang bisa kamu dapatkan. 

1. Melembabkan wajah 

Kandungan vitamin E pada tomat diyakini bisa menjaga kelembaban kulit area wajah. Lalu, tomat pun mengandung kalium atau mineral yang diperlukan oleh kulit supaya selalu terhidrasi. Tetapi, manfaat tomat untuk melembabkan wajah juga harus diteliti lagi guna memastikan efektivitasnya. 

2. Mencegah penuaan dini 

Tomat juga mempunyai manfaat lainnya seperti mencegah penuaan dini. Manfaat ini bisa didapatkan karena kandungan vitamin B yang ada di dalam tomat. Vitamin B diketahui mempunyai peran penting untuk memperbaiki sel kulit sehingga dapat mencegah terjadinya bintik-bintik penuaan, kerutan dan garis halus. 

Demi memperoleh manfaat ini, kamu disarankan untuk secara langsung mengkonsumsi tomat. Karena, sampai saat ini, belum ada bukti jika penggunaan tomat menjadi masker wajah bisa memberikan manfaat yang sama saat kamu mengkonsumsinya secara langsung. 

3. Menghilangkan sel kulit mati 

Untuk menghilangkan sel kulit mati, kamu harus melakukan eksfoliasi secara berkala. Nah, tomat dapat kamu manfaatkan untuk mengeksfoliasi wajah sebab mengandung flavonoid dan pektin. 

Dikarenakan khasiat dari tomat tersebut, kamu dapat menjadikan tomat untuk bahan perawatan wajah yang alami guna mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya sangat mudah, kamu hanya harus mencampurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan gula. Lalu, oleskan ke wajah dan pijat perlahan-lahan. Sesudah itu, bilas sampai bersih. 

4. Membantu produksi kolagen 

Kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat bisa membantu memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein yang diperlukan kulit guna menjaga elastisitas sehingga kulit bisa awet muda dan kencang. Lalu, asupan kolagen yang cukup juga bisa menjaga kelembaban kulit wajah. 

5. Melindungi kulit dari sinar UV 

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukan jika kandungan likopen yang ada di tomat sangat bermanfaat guna melindungi kulit dari sinar matahari, terutama sinar ultraviolet. Walaupun begitu, kamu tetap harus memakai tabir surya dengan SPF min 30 saat akan beraktivitas di luar ruangan supaya kulit bisa terlindungi dengan maksimal. 

6. Mengurangi produksi minyak yang berlebihan 

Adanya minyak pada wajah yang berlebihan bukan hanya bisa menurunkan rasa percaya diri, namun juga berpeluang mengganggu kegiatan sehari-hari. Tetapi, kamu tidak harus khawatir sebab tomat dapat menjadi solusi yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. 

Manfaat tomat untuk wajah ini diyakini dapat mengurangi produksi minyak secara berlebihan dan membuat kulit wajah menjadi lebih segar. Untuk bisa merasakan khasiatnya, kamu dapat membuat toner wajah dari tomat. 

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan jus mentimun dan tomat segar. Lalu, oleskan ke seluruh wajah memakai kapas seperti sedang memakai toner ke wajah. 

7. Mempersingkat penyembuhan luka 

Dalam secangkir tomat terkandung sebanyak 30 gram vitamin C. Vitamin ini merupakan salah satu zat yang banyak ditemukan pada produk kecantikan kulit. Vitamin C dianggap bisa merangsang pertumbuhan jaringan ikat baru, yang turut berkontribusi untuk proses memperbaiki lukas dan mempersingkat proses penyembuhan luka.  

Namun, apakah dengan mengoleskan secara langsung tomat bisa menghasilkan efek yang sama? Tentu saja tidak. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut guna memperkuat klaim dari manfaat tomat guna kesehatan dan kecantikan yang satu ini. 

8. Mengurangi resiko kanker kulit 

Menurut sebuah studi yang ada pada International Journal of Nutrition, Pharmacology Neurological Diseases, beberapa pakar meyakini jika likopen yang ada di dalam tomat mempunyai efek anti kanker yang cukup kuat. 

Tetapi sayangnya, masih dibutuhkan lebih banyak lagi penelitian guna memahami apakah efek anti kanker tersebut tetap ada bila likopen dioleskan langsung ke kulit. 

Cara Memakai Tomat di Wajah 

1. Mengoleskan pada kulit secara langsung 

Buatlah jus tomat murni dan oleskan pada kapas, lalu gosokan ke wajah. Bila telah mengering, kamu bisa bilas masker tomat tersebut hingga bersih memakai air hangat. Kamu juga dapat membuat tomat menjadi pasta, lalu oleskan ke kulit. Sesudah 20 menit bersihkan dengan air. 

2. Oleskan pada jerawat 

Kamu dapat mencoba mengoleskan masker tomat pada bekas jerawat. Pakailah kapas yang sudah dibasahi dengan sari tomat. Lalu, tempatkan di titik kulit wajah seperti noda jerawat. 

3. Membuat masker tomat 

Tomat pun kerap dipakai di wajah dengan cara dibuat masker. Cara untuk membuat masker tomat yaitu dengan menghaluskan tomat memakai sendok dan tambahkan 1 sendok teh gula ke dalam tomat yang telah dihaluskan. 

Baca Juga: Ingin Kulit Lebih Cerah? Coba Konsumsi Buah- Buahan Ini Setiap Hari

Demikianlah, beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan kulit dari tomat. Semoga ulasan di atas bisa membantu kamu yang ingin merawat kulit secara alami. Untuk mendapatkan tomat yang berkualitas, kamu bisa mendapatkan nya hanya di Astro! Belanja di Astro sekarang! Dapatkan berbagai pilihan kebutuhan harian yang kesegarannya terjamin! Yuk, download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu