Apa Itu Gula Stevia Beserta Dengan Manfaatnya

Apa Itu Gula Stevia Beserta Dengan Manfaatnya

Apa itu gula stevia? Gula stevia merupakan pemanis yang berasal dari daun stevia yang diambil dari tanaman stevia rebaudiana. Daun stevia diekstrak kemudian dijadikan pemanis. Stevia juga merupakan pemanis yang kerap dijadikan pengganti gula, sehingga pemanis yang satu ini kerap disebut gula stevia.

Gula stevia mulai banyak dilirik orang-orang untuk dimanfaatkan sebagai pengganti gula, hal tersebut dikarenakan rasanya yang lebih manis daripada gula, namun tidak mengandung kalori. Pemanis yang satu ini juga banyak dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet.

Apakah kamu sedang diet? Kamu bisa mengganti gula dengan pemanis yang satu ini, yaitu gula stevia. Meminimalisir konsumsi gula biasa membantumu dalam upaya menjaga berat badan. Lalu, apa sajakah manfaat dari gula stevia? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Fakta Terkait Nasi Dingin Lebih Rendah Gula

Manfaat Gula Stevia

Setelah memahami pengertian dari gula stevia, kamu harus tahu bahwa gula stevia itu lebih manis dari gula biasa, hal tersebut dikarenakan stevia mengandung steviol glycosides yang ada di dalamnya, senyawa itu membuat gula stevia lebih manis dari gula biasa.

sekarang kamu harus mengetahui apa sajakah manfaat yang akan kamu dapatkan dengan mengganti gula biasa menjadi gula stevia untuk dikonsumsi?  Berikut ini beberapa manfaat dari mengonsumsi gula stevia, dilansir dari alodokter.com.

1. Lebih irit

Gula stevia 2 kali lebih manis daripada gula pada umumnya, sehingga berdampak pada takaran yang digunakan dalam mengkonsumsinya. Mengganti gula biasa dengan gula stevia membuatmu menjadi lebih hemat lagi, karena rasanya 2 kali lebih manis dari gula biasa.

Misalnya, kamu biasa menggunakan 2 sendok gula biasa untuk membuat teh kamu menjadi manis, maka kamu hanya memerlukan 1 sendok saja pemanis apabila kamu mengganti gula menjadi gula stevia. Dengan begitu kamu akan lebih irit dari biasanya.

2. Baik untuk penderita diabetes

Gula stevia tidak mengandung karbohidrat dan kalori, sehingga baik dan aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Gula stevia dipercaya dapat memperbaiki kinerja tubuhmu dalam mengolah gula darah atau glukosa, hal tersebut dikarenakan gula stevia meningkatkan produksi insulin.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi gula stevia dapat dibantu menjaga kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes tipe 2. Namun kamu harus memastikan bahwa gula stevia yang kamu gunakan terbuat dari stevia murni tanpa campuran pemanis lainnya.

3. Membantu menurunkan berat badan

Karena gula stevia adalah gula yang tidak mengandung kalori, maka asupan kalori harian kamu akan berkurang apabila kamu mengganti gula dengan gula stevia. Tentu saja cara seperti itu akan membantumu menjaga atau bahkan menurunkan berat badan, asalkan kamu tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Kalori merupakan faktor utama yang menyebabkan tubuh kamu menjadi gemuk, asupan kalori yang berlebihan akan membuat tubuhmu tidak terawat sehingga berat badanmu naik. Gula biasa dapat menambah asupan kalori ke tubuhmu, namun gula stevia tidak.

Baca Juga: Ketahui Berapa Persen Kebutuhan Gula Per Hari dan Cara Memenuhinya

4. Menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol

Gula stevia juga dikenal mampu menurunkan tekanan darah jika kamu konsumsi secara rutin, namun jangan sampai juga kamu mengkonsumsinya secara berlebihan dalam sehari. Pastikan takarannya cukup dan kamu mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

Selain menurunkan tekanan darah, gula stevia juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal tersebut dikarenakan mengonsumsi gula stevia dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL serta menurunkan kolesterol jahat LDL, dan trigliserida.

5. Mencegah penyakit ginjal

Bagi kamu yang terbiasa mengkonsumsi makanan terlalu manis, maka kamu berisiko terkena diabetes dan tekanan darah tinggi. Kedua penyakit tersebut dapat menyebabkan penyakit lainnya, yaitu penyakit ginjal. Gula stevia dipercaya efektif mengurangi resiko terkena penyakit ginjal.

Berkurangnya resiko itu dikarenakan gula stevia membantu mencegah penyakit diabetes dan darah tinggi, sehingga secara otomatis gula stevia juga membantu kamu mengurangi resiko terkena gagal ginjal. Maka dari itu sebaiknya kamu segera beralih ke gula stevia.

Sampai saat ini gula stevia sudah terbukti aman untuk dikonsumsi oleh siapapun. Namun, kamu juga harus tetap memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi setiap hari agar jumlah kalori yang masuk ke tubuhmu setiap hari dapat terkontrol dan tetap dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Seorang pria memiliki batasan asupan gula sekitar 37,5 gram sehari, atau sekitar 9 sendok teh per hari apabila ditakar. Adapun untuk wanita batasannya yaitu sebanyak 25 gram atau sekitar 6 sendok teh per hari. Pastikan kamu tidak mengkonsumsi gula melebihi batasan tersebut.

Baca Juga: Ini Perbedaan Gula Tebu dan Gula Stevia

Demikian penjelasan tentang gula stevia dan manfaatnya apabila kamu mengkonsumsinya setiap hari dengan mengganti gula biasa. Pastikan kamu menjaga pola hidup sehat dengan mengontrol asupan gula dan nutrisi lainnya dengan seimbang, ya!

Untuk bantu kamu menjalani hidup sehat, Astro siap bantu dengan ribuan pilihan produk sehat berkualitas yang bisa kamu pesan melalui aplikasi Astro. Pesan kebtuhan makanan sehat di Astro, nggak ribet dan cepat sampai! Yuk belanja di Astro sekarang!

Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Referensi:

5 Manfaat Stevia sebagai Pengganti Gula

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu