Ketahui Berapa Persen Kebutuhan Gula Per Hari dan Cara Memenuhinya

Ketahui Berapa Persen Kebutuhan Gula Per Hari dan Cara Memenuhinya

Gula darah akan meningkat dalam tubuh jika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Namun, kamu pasti sudah tahu bahwa jika mengkonsumsinya dengan banyak, kamu juga bisa mengalami adanya gangguan penyakit yang dikenal dengan diabetes tipe 2. Bahkan bisa jadi timbul penyakit seperti obesitas dan juga resiko jantung.

Namun, bukan berarti kamu tidak boleh mengkonsumsi makanan manis. Sebab, tubuh kamu akan sangat membutuhkan kandungan gula dalam tubuh, dengan cara memenuhi kebutuhan gula per hari. Maka dari itu, sebaiknya kamu mengkonsumsi sayur dan buah yang memiliki kandungan gula yang alami.

Namun, sebaiknya berapa persen kebutuhan gula per hari dan cara memenuhinya? Sebelum lanjut pada pembahasannya, sebaiknya simak dan perhatikan ulasan ini.

Baca Juga: Fakta Terkait Nasi Dingin Lebih Rendah Gula

Cara Memenuhi Kebutuhan Gula Per Hari

Perlu kamu ingat dengan baik, bahwa gula yang alami memiliki kandungan berupa air, serat dan mikronutrien. Kemudian, gula tambahan biasanya ada pada permen, dan juga berbagai jenis olahan makanan manis lainnya seperti roti dan minuman manis (ringan).

Nah, kira-kira berapa persen kebutuhan gula per hari yang baik dan tidak berlebihan. 

Pria : 9 Sendok Teh (Gula) & Wanita : 6 Sendok Teh

Jika berdasarkan keterangan dari AHA (American Heart Association, untuk takaran maksimal konsumsi gula per harinya yakni :

  1. Pria 

Untuk pria, setidaknya dianjurkan mengkonsumsi gula sebanyak 150 kalori per harinya atau setara dengan 37,5 gram yang sama dengan 9 sendok teh;

  1. Wanita

Sedangkan untuk wanita, takaran gula per hari yang dianjurkan adalah sebanyak 100 kalori atau setara dengan 25 gram atau lebih tepatnya adalah 6 sendok teh.

Agar kamu bisa lebih mudah memahaminya dengan menggunakan perbandingan, untuk satu kaleng minuman yang ada kandungan soda sebanyak 12 ons, maka itu sama dengan 140 kalori dari gula itu. Sedangkan dalam makanan ringan dengan ukuran biasa ada sekitar 120 kalori sendiri dari gula.

Lalu jika kamu mengkonsumsi 2.000 kalori per harinya, maka sama saja 50 gram gula. Bisa dikatakan juga sama dengan 12,5 sendok teh.

Coba Membaca Label Makanan

Pada makanan yang sudah siap saji, tentu saja akan ada label yang tertera pada kemasannya. Agar kamu bisa lebih waspada dan menjaga kadar gula setiap harinya, bisa dengan coba membaca label dengan benar. 

Baca label pada makanan merupakan cara paling bagus jika kamu hendak dalam pemantauan jumlah gula tambahan. Berikut ini adalah daftar yang pada umumnya ditemukan gula tambahan pada jenis makanan. Namun, kamu juga bisa mengurangi jumlah konsumsinya atau pelan-pelan menghindarinya.

  1. Gula merah
  2. Sirup jagung
  3. Pemanis jagung
  4. Madu
  5. Gula tetes
  6. Gula malt
  7. Sirup jagung fruktosa yang tinggi
  8. Konsentrat jus buah
  9. Molekul gula sirup (sebagai contoh : dekstrosa, fruktosa, glukosa, laktosa, sukrosa dan juga maltosa).

Namun, perlu kamu ingat juga bahwa untuk terlalu fokus menghindari konsumsi gula atau tambahan gula juga bisa saja jadi senjata makan tuan bagi kamu sendiri. Sebab kamu bisa saja menggunakan alternatif makanan lain sebagai penggantinya. 

Contohnya mengkonsumsi roti, nasi putih, dan masih banyak yang lainnya dengan makanan yang memiliki kandungan glukosa lain. Perlu diwaspadai sebab itu hanya akan menyebabkan adanya resiko penyakit jantung di masa depan. 

Anjuran lain ketika kamu sedang dalam berpuasa, memang identik dengan berbuka puasa menggunakan makanan yang manis-manis. Namun, bagi yang sedang berpuasa juga ada anjuran mengkonsumsi gula per harinya.

Meskipun sedang berpuasa, kamu juga bisa mengkonsumsi gula demi memenuhi kebutuhan asupan gula dalam tubuh di saat sahur dan berbuka puasa. Setidaknya 5 sendok saja untuk per harinya. Bisa kamu mulai atur dari 1 sampai dengan 2 sendok ketika waktu sahur dan juga 2 sampai 3 sendok saat sedang waktu berbuka puasa. 

Usahakan kamu menggunakan prinsip paling utama dan yang paling sangat mendasar yakni memenuhi kebutuhan gula per hari. Hal itu berupa tidak mengkonsumsi gula ketika sedang waktu sahur yang banyak. Justru usahakan mengkonsumsi gula yang lebih banyak ketika sedang waktu berbuka puasa. 

Alasannya, jika kamu mengkonsumsi gula terlalu banyak ketika sedang waktu sahur. Maka hanya akan membuat kamu mudah lapar, apalagi kamu sedang berpuasa harus fokus menjalani aktivitas. JIka sampai kelaparan dan mudah lapar, maka hanya akan mengganggu kegiatan puasa dan rutinitas sehari-hari saja. 

Baca Juga: Apa Itu Gula Stevia Beserta Dengan Manfaatnya

Demikian ulasan singkat tentang berapa persen kebutuhan gula per hari dan cara untuk memenuhinya. Jika kamu membutuhkan segala keperluan makanan dan minuman atau gula, serta bahan makanan lainnya kamu bisa pesan secar aonline dengan aplikasi Astro. Pesan bahan makanan di aplikasi Astro, cepat sampai dalam hitungan menit pesanan sampai! Download aplikasi Astro di Google Play Store & App Store sekarang!

Arie Wahyu
Arie Wahyu