Jenis Makanan yang Mengandung Protein Nabati Tinggi, Sudah Pasti Sehat

Jenis Makanan yang Mengandung Protein Nabati Tinggi, Sudah Pasti Sehat

Jika ingin tubuh selalu dalam keadaan sehat, sudah pasti harus memenuhi nutrisi yang sudah dibutuhkan. Salah satunya adalah protein yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti bisa meningkatkan imun, membentuk energi dan lain sebagainya. Protein masuk dalam 3 nutrisi yang sangat dibutuhkan selain lemak dan karbohidrat. 

Sumber protein sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu hewani dan nabati. Jika protein hewani berasal dari hewan ternak seperti ayam, sapi, ikan dan lain sebagainya, maka protein nabati berasal dari tumbuhan. Adapun beberapa jenis makanan yang mengandung protein nabati tinggi yang jelas akan membuat tubuh menjadi sehat. Apa saja makanan yang mengandung protein nabati tinggi? Simak ulasannya di bawah ini. 

7 Jenis Makanan yang Tinggi Kandungan Protein Nabati

Makanan yang mengandung protein nabati tinggi memang sangat dibutuhkan, terlebih untuk vegetarian yang sudah jelas akan menghindari protein hewani. Ada beberapa jenis makanan yang memang dikenal memiliki protein nabati cukup tinggi. Dimana daftarnya adalah sebagai berikut: 

1. Tahu dan Tempe 

Kedua jenis makanan ini jelas telah terbukti mengandung protein nabati yang terbilang sangat tinggi. Kedua jenis makanan ini terbuat dari kacang kedelai yang dikenal sebagai sumber protein nabati utuh. Dalam tempe, terdapat protein nabati sebanyak 20,8 gram per 100 gram. Sedangkan dalam tahu terdapat 8 gram protein per 100 gram. 

Tidak hanya mengandung protein yang tinggi, tempe dan tahu juga mempunyai kandungan nutrisi lain yang jelas sangat baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya pada tempe terdapat serat, vitamin B, kalsium dan lain sebagainya. Kemudian dalam tahu terdapat mangan, fosfor, selenium dan lain-lain. Sehingga kamu pun sudah pasti akan sehat jika mengkonsumsi kedua makanan ini dengan cukup. 

2. Almond 

Tidak dapat dipungkiri bahwa jenis biji-bijian pun mengandung protein nabati yang tinggi. Sebut saja almond yang dikenal memiliki kandungan nutrisi baik untuk kesehatan. Dalam 100 gram almond panggang yang tidak menggunakan garam terdapat kandungan protein hingga 6,5 gram.

Tidak hanya itu saja, dalam almond juga ada kandungan nutrisi lain, seperti serat, kalsium dan zat besi. Kemudian almond juga mempunyai kandungan vitamin E yang sangat baik sekali untuk rambut dan kulit. Mengkonsumsi almond sangat disarankan karena telah memenuhi 60% kebutuhan magnesium dalam tubuh. 

3. Bayam 

Meski tidak memiliki kandungan protein yang tinggi seperti jenis kacang-kacangan dan biji-bijian, tapi sayur bayam nyatanya termasuk sumber protein nabati yang sangat tinggi. Dalam 100 gram bayam, terdapat kandungan 3 gram protein. Sehingga sudah dapat dipastikan bahwa bayam sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Tidak hanya itu saja, sayuran hijau ini pun memiliki kandungan lain seperti serta, vitamin A, vitamin C, zat besi dan kalsium. Untuk menikmati sayur bayam juga sangat mudah dan dikenal memiliki rasa yang lezat. 

4. Quinoa 

Sumber protein nabati yang selanjutnya adalah Quinoa yang merupakan biji-bijian. Makanan yang satu ini sendiri dipercaya oleh para ahli sebagai superfood. Dalam 100 gram Quinoa yang sudah dimasak, terdapat 18 gram protein. Sehingga sudah dapat dipastikan bahwa biji ini sangat baik sekali untuk kesehatan. Apalagi banyak kandungan lain seperti zat besi, serat, magnesium dan asam amino. Dengan mengkonsumsi Quinoa, maka dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes. 

5. Edamame 

Masih dari kacang-kacangan, dimana edamame adalah salah satu jenis makanan yang mengandung protein nabati tinggi. Dalam 100 gram edamame terdapat sekitar 18 gram protein dengan kondisi sudah masak. Edamame sangat cocok dijadikan cemilan karena memang rasanya terbilang lezat. Tidak hanya itu saja, Edamame juga mempunyai nutrisi lain, misalnya serat, kalsium, fosfor dan lain sebagainya. 

6. Asparagus 

Jenis sayur yang satu ini dikenal sangat lezat dan memiliki rasa yang terbilang unik. Asparagus sendiri kerap disajikan bersamaan dengan sup atau steak. Dalam Asparagus terdapat kandungan protein yang terbilang tinggi, dimana satu gelasnya terdapat sekitar 4,32 gram protein. Tidak hanya itu saja, dalam asparagus sendiri terdapat kandungan mineral dan nutrisi lain yang sangat baik, seperti vitamin C, kalsium, zat besi dan magnesium. 

7. Chia Seeds 

Seperti Quinoa, Chia Seeds juga dikenal sebagai superfood. Hal ini tidak mengherankan, mengingat bahwa dalam 2 sendok makan biji-bijian ini telah mengandung 2 gram protein. Tidak hanya itu saja, Chia Seeds juga dikenal memiliki serat tinggi hingga mencapai 11 gram. Dalam Chia Seeds juga terdapat zat besi, antioksidan, zinc dan kalsium. Sehingga akan sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. 

Demikianlah beberapa jenis makanan yang mengandung protein nabati tinggi. Dimana jika kamu sedang menjalani diet, maka mengkonsumsi jenis makanan di atas sangatlah tepat. Hal yang paling penting adalah kamu tetap mengkonsumsi bahan makanan di atas dalam porsi yang tidak terlalu berlebihan. 

Apabila kamu membutuhkan jenis makanan di atas dan sudah dipastikan kesegarannya, maka dapat membeli di Astro yang akan mengantarkan secara cepat bahan makanan berkualitas langsung ke rumah kamu. Kamu bisa langsung pesan lewat aplikasi Astro yang sudah tersedia di Google PlayStore dan AppStore.

Referensi: 

15 Foods Rich in Vegetable Proteins

Inilah Makanan yang Mengandung Protein Nabati

Vegetables High in Protein: 19 Veggies and How to Eat More

Sumber Gambar: Shutterstock

Arie Wahyu
Arie Wahyu