5 Jenis Buah Untuk Membentuk Otot

Jenis Buah Untuk Membentuk Otot

Tidak sedikit orang yang sedang membentuk otot, hanya fokus mengkonsumsi menu makanan yang tinggi akan protein. Mereka hanya akan mengkonsumsi lebih banyak telur dan ayam. Memang tidak ada salahnya, namun untuk membentuk otot pun masih harus diseimbangi dengan buah untuk membentuk otot di dalam menu makanan mu. 

Hanya ada beberapa buah yang bisa membentuk otot, sebagian buah bisa meningkatkan stamina dan buah yang lainnya bisa membantu membakar lemak dengan cukup cepat. Di bawah ini ada beberapa jenis buah yang dapat membantu membentuk otot. 

Baca Juga: 6 Jenis Sayuran Untuk Membentuk Otot

Ragam Jenis Buah Pembentuk Otot 

Kamu bisa mengkonsumsi buah berikut agar pembentukan otot bisa berjalan dengan cepat dan mendapatkan hasil yang maksimal. 

1. Kurma 

Buah pertama yang bisa membantu membentuk otot mu adalah buah kurma. Buah kurma mengandung protein yang sangat tinggi. Seperti kamu tahu jika ingin membentuk otot, kamu harus mengkonsumsi protein yang cukup banyak. Untuk itu, kamu bisa mengkonsumsi buah kurma ini sebagai camilan. 

2. Kiwi 

Para ahli olahraga mengungkapkan jika kiwi penting untuk kamu konsumsi saat masa pembentukan otot sebab kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan buah kiwi juga bisa membantu membakar lemak dengan lebih cepat.

3. Prunes 

Buah ini bisa meningkatkan stamina mu. Prunes pun bisa menjaga tingkat gula darah di dalam tubuh. Yang juga tidak kalah penting adalah prunes kaya akan serat yang bagus untuk tubuh. 

4. Alpukat 

Apabila makanan yang kamu konsumsi rendah akan serat dan kamu sedang dalam masa pembentukan otot, kamu tidak perlu ragu untuk memasukan alpukat pada menu makanan mu. Buah berwarna hijau pekat ini bisa membantu kamu untuk membentuk otot dengan lebih mudah. 

Dapatkan Bahan Masaknya di Astro!

Temukan semua kebutuhan sehari-hari kamu seperti buah-buahan segar di Aplikasi ASTRO!

10 Buah Tropis Indonesia yang Penuh Nutrisi

5. Apel

Buah apel mempunyai berbagai kandungan yang bisa membantu tubuh untuk membakar lemak. Sehingga tidak heran jika apel menjadi buah yang sangat disenangi oleh mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan melalui cara yang sehat. 

Baca Juga: Begini Cara Menambah Massa Otot dan Mengurangi Lemak Pada Tubuh

Jenis Makanan Pembentuk Otot yang Bagus Dikonsumsi 

Bukan hanya buah-buahan di atas saja yang bisa membantu kamu untuk mempunyai otot, kamu juga harus mengimbanginya dengan berbagai jenis makanan lainnya agar hasilnya bisa cepat dan maksimal. Jenis makanan pembentuk otot yang bisa kamu konsumsi, diantaranya: 

1. Telur 

Telur menjadi makanan yang mempunyai segudang protein, lemak dan juga zat gizi mikro seperti kolin dan vitamin B kompleks. Yang sangat istimewa dari telur yaitu kualitas protein yang tinggi. Hal ini sebab protein telur terdiri dari berbagai asam amino, khususnya yaitu leusin. 

Leusin adalah asam amino yang bagus untuk membentuk otot. Asam amino ini mempunyai peran langsung untuk membentuk protein, metabolisme dan pembelahan sel yang berlangsung di dalam otot mu. 

2. Dada ayam 

Makanan favorit dari banyak orang ini ternyata bisa membantu membentuk otot. Dalam 100 gram dada ayam tanpa lemak mengandung sekitar 30 gram protein. Jumlah tersebut hampir bisa mencukupi 50% asupan harian orang dewasa. 

Tidak hanya tinggi akan protein dengan kualitas tinggi, daging ayam pun mengandung vitamin B3 dan vitamin B6. Keduanya adalah vitamin yang bagus untuk kamu yang sering olahraga karena tubuh memerlukannya guna mengubah zat gizi menjadi sebuah energi. 

3. Daging merah tanpa lemak 

Berbagai penelitian sudah menunjukkan jika mengkonsumsi daging merah dapat menambah massa otot. Hal ini sebab daging merah mempunyai kandungan zat gizi yang diperlukan otot, seperti protein dengan kualitas tinggi, kreatinin, mineral dan vitamin B kompleks. 

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu harus memiliki daging tanpa lemak. Potongan daging tersebut lebih kaya akan protein namun sedikit lemak dan kalori, sehingga sangat cocok menjadi makanan yang membantu terbentuknya otot dalam tubuh. 

4. Kacang kedelai 

Kacang kedelai adalah pilihan yang tepat jika kamu sedang membentuk otot. Dalam 100 gram kacang kedelai matang terdapat 15 gram protein atau sama seperti 25% asupan harian untuk orang dewasa. Tidak hanya itu, terdapat juga kandungan fosfor, vitamin K dan zat besi. 

Sumber protein nabati umumnya tidak memiliki kandungan asam amino yang cukup lengkap. Tetapi, tidak sama dengan kacang kedelai. Jenis makanan yang satu ini mengandung seluruh jenis asam amino, terutama leusin yang sangat diperlukan menjadi pembentuk massa otot. 

5. Ikan berlemak 

Jenis makanan untuk membentuk otot bukan hanya harus mengandung protein, namun juga lemak yang bisa menyehatkan tubuh. Kedua zat gizi tersebut bisa kamu temukan ketika kamu mengkonsumsi ikan dengan lemak seperti tenggiri, salmon dan tuna. 

Ikan berlemak adalah sumber lemak omega-3. Penelitian menunjukkan jika asupan omega-3 bisa menjaga kesehatan otot. Bahkan, lemak jenuh pun berpeluang menambah massa otot saat kamu menjalani program olahraga. 

6. Kacang-kacangan 

Kacang merah, kacang pinto dan kacang hitam adalah sumber protein yang sama bagusnya dengan kacang kedelai. Dalam 172 gram dari ketiga kacang matang  tersebut mengandung 15 gram protein atau sebanyak 25% asupan menurut AKG. 

Kacang-kacangan tersebut juga tinggi akan mineral dan vitamin yang sangat bagus untuk otot, seperti fosfor, zat besi, mineral magnesium dan vitamin B. Dengan hadirnya zat gizi tersebut, tak heran jika kacang-kacangan diandalkan menjadi makanan untuk membentuk otot. 

Baca Juga: Minum Whey Protein Tanpa Olahraga Apakah Efektif

Nah, itulah beberapa jenis buah untuk membentuk otot dan juga jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk membantu pembentukan otot lebih maksimal.  Semoga ulasan ini berguna untuk kamu yang ingin membentuk otot.

Dapatkan buah-buahan pembentuk otot di atas hanya di Astro. Belanja online dengan aplikasi Astro praktis, nggak perlu nunggu lama karena semua pesanan kamu akan diantar dalam waktu hitungan menit. Yuk, download aplikasi Astro di App Store atau Google Play Store!

Referensi:

Arie Wahyu
Arie Wahyu